Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Langung Ganti Baru, Lakukan Cara Ini Jika Iphone Tidak Bisa Dicharger

Sabineblog.com - Untuk kamu pengguna iPhone pasti sering mengalami dimana tiba-tiba ponsel tidak bisa di-charge. Saat sudah seperti ini kamu pasti langsung panik dan ingin segera membawanya ke tukang service atau bahkan ganti ponsel baru.

tips apabila iPhone tidak bisa dicharge

Dalam keadaan seperti ini panik boleh saja ya, namun tidak harus buru-buru membawa iPhone ke service atau bahkan mengganti dengan yang baru. Karena kamu bisa memperbaiki iPhone yang tidak bisa dicharge dengan cara berikut ini:

Restart Ulang iPhone

Saat iPhone kamu mogok dan gak mau dicharge coiba restart ulang. Caranya cukup tekan tombol Power dan Home secara berbarengan. Silakan tunggu hingga layar mati dan sampai terlihat logo Apple.

Coba Factory reset iPhone

Ini adalah langkah lanjutan jika memang cara pertama tidak bekerja. Factory reset artinya adalah mengembalikan setelan iPhone kamu seperti semula, dimana kamu perlu melakukan backup agar file, gambar atau aplikasi kamu tidak hilang.

Cek Pada Kabel USB

Jika memang belum membuahkan hasil coba cara selanjutnya yaitu cek masalah poada kabel USB. Bisa jadi masalah ini terjadi akibat kabel USB terkelupas, atau hampir putus. Jika kamu mendapati kabel USB rusak atau putus maka jalan satu-satunya adalah membeli baru.

Periksa Adaptor Charger

iPhone yang tidak bisa dicharge bisa juga disebabkan karena adaptor charger rusak. Kamu bisa cek dengan memasang dengan kabel USB baru dan lihat apakah masih berfungsi atau tidak. Jika didapati adaptor pada iPhone kamu tidak berfungsi maka kamu harus beli baru. Usahakan beli yang original; ya!

Cek Charging Port Pada iPhone

Jika semua cara diatas nihil, coba cara terakhir yaitu dengan mengecek Charging Port Pada iPhone. Bisa jadi karena sering diafoil Charging Port Pada iPhone kamu kotor ataupun berdebu.

Jika memang demikian maka cara yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan Charging Port Pada iPhone secara berkala. Kamu bisa menggunakan blower kecil untuk mengeluarkan kotoran debu yang ada di dalam Charging Port Pada iPhone.

Baru setelah itu, coba isi kembali daya ponsel kamu. Jika masih belum bisa jalan terakhir adalah membawanya ke tukang service atau membeli iPhone baru.