Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 6 Kelemahan HP Xiaomi yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membelinya

Sabineblog,com - Memang popularitas HP Xiaomi di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Bisa dibilang, sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan HP Xiaomi. Tentu saja, popularitas Xiaomi di Indonesia bukan tanpa alasan, salah satu alasannya adalah harga smartphone ini sangat terjangkau.
kelemahan handphone xiaomi yang perlu Kamu ketahui

Nah, harga yang cukup terjangkau ini menjadi salah satu kelebihan HP Xiaomi. Ternyata, dibalik kelebihannya tersebut ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Apa saja kelemahannya? Berikut 6 kelemahan HP Xiaomi yang perlu diperhatikan sebelum membelinya.

Hardware dan Software HP Xiaomi sering Bermasalah

Kelemahan HP Xiaomi yang pertama adalah hardware dan software HP Xiaomi sering bermasalah. Adapun beberapa masalah yang sering muncul berkaitan dengan hardware dan software ini adalah sebagai berikut.

  • Beberapa seri Xiaomi sering panas (overheat). Tentu saja, masalah overheat  ini membuat pengguna Xiaomi menjadi tidak nyaman.
  • Memungkinkan terjadinya burn in di layar, bahkan terjadi crash.
  • Adanya masalah bug pada software Xiaomi.
  • Keterbatasan up date OS pada software Xiaomi 

Tidak Menyediakan Aksesoris Tambahan di Beberapa Unit Penjualannya

Berbeda dengan brand smartphone lainnya yang selalu memberikan aksesoris, seperti: earphone atau headset. Namun, HP Xiaomi tidak memberikan aksesoris tambahan di setiap penjualan smartphone-nya. Hal tersebut karena Xiaomi beranggapan konsumen memiliki standar aksesoris smartphone ini. Perlu diketahui, biasanya Xiaomi menjual aksesoris smartphone secara terpisah.

Desain HP Xiaomi yang Serupa atau Mirip di Beberapa Seri-nya

Memang salah satu yang menarik konsumen untuk membeli smartphone adalah desain HP. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada produk HP Xiaomi. Itu karena desain HP Xiaomi terlihat serupa di beberapa serinya.

Jadi, bagi kamu yang membeli smartphone atas dasar estetika, tentunya tidak sependapat dengan produk HP Xiaomi yang desainnya mirip. Oleh karena itu, pastikan sebelum membeli smartphone sesuaikan dengan kebutuhan dan seleramu.

Distributor Xiaomi Terlalu Banyak di Indonesia

Kelemahan HP Xiaomi lainnya adalah distributor smartphone yang satu ini terlalu banyak di Indonesia. Hal tersebut terjadi karena Xiaomi kurang mengontrol distributor produknya. Akibatnya ada beberapa distributor Xiaomi yang tidak resmi.

Oleh karena itu, bagi kamu yang berniat membeli HP Xiaomi disarankan untuk membeli produk Xiaomi pada distributor resminya saja. Pastikan, distributor tersebut menyediakan garansi TAM bukan garansi distributor.

Perlu diketahui, umumnya HP Xiaomi yang menggunakan garansi distributor memiliki ROM modifikasi. Artinya aplikasi yang tertanam di smartphone dipenuhi oleh bloodware, akibatnya akan kesulitan ketika proses up date ke MIUI terbaru.

Harga Jual HP Xiaomi Relatif Rendah

Bagi kamu yang suka menjual kembali smartphone kesayangan, tentunya tidak direkomendasikan untuk membeli brand handphone yang satu ini. Itu karena harga jual Hp Xiaomi relatif rendah. Kabarnya, harga jual Xiaomi yang relatif rendah ini karena Xiaomi selalu mengeluarkan produk terbarunya.

Umumnya, harga jual Xiaomi second dengan garansi resmi bisa mencapai 30% dari harga belinya. Penurunan harga jual tersebut memang terlalu rendah, apalagi jika kamu membeli Xiaomi di distributor tidak resmi. Jadi, disarankan untuk membeli produk Xiaomi di distributor resmi.

Service Center Xiaomi di Indonesia Kurang Memadai

Kelemahan HP Xiaomi yang terakhir adalah kurangnya service center Xiaomi di Indonesia. Berbeda dengan brand smartphone lainnya yang memiliki service center memadai bahkan tersebar di beberapa kota besar di Indonesia.

Service center Xiaomi ini kurang memadai di Indonesia. Akibatnya, pecinta HP Xiaomi kesulitan untuk melakukan perbaikan ketika smartphone-nya bermasalah. Jadi, tidak heran jika pengguna Xiaomi menjadi berkurang.

Itulah 6 kelemahan HP Xiaomi yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Pastikan, kamu memikirkannya secara bijaksana sebelum membelinya. Pilihlah smartphone yang sesuai dengan kebutuhanmu.