Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alexa Bakal Ditutup Tahun 2022, Inilah 6 Situs Pemeringkat Web Pengganti Alexa

Sabineblog.com - Amazon mengumumkan sebuah kabar mengejutkan dimana situs optimasi website Alexa akan resmi tutup pada 1 Mei 2022 mendatang. Kabar ini disampaikan langsung oleh pihak Amazon selaku pemilik dari situs pemeringkat Alexa pada 8 Desember 2022. Kabarnya traffic Alexa terus mengalami penurunan yang menyebabkan Amazon menutup situs Alexa pada tahun depan.

Situs Pengganti Alexa Rank

Alexa sendiri merupakan sebuah situs pemeringkat untuk menciptakan daftar peringkat situs web populer. Selain untuk mengecek traffic, Alexa juga memiliki perangkat untuk mengoptimasi website atau SEO.

Pensiunnya Alexa sebagai salah satu situs optimasi website memang cukup membuat penggunanya kaget. Apalagi situs ini terbilang situs unggulan dengan banyak kegunaan untuk para penggiat website.

Namun Anda jangan khawatir, karena saat ini telah disediakan berbagai situs pemeringkat web pengganti Alexa yang bisa kamu coba. Ini dia rekomendasinya!

1. Ahrefs ( ahrefs.com )

Ahrefs adalah sebuah situs web untuk mengecek peringkat website hingga di 170 negara. Untuk kamu yang bergelut dengan SEO, Ahrefs juga punya fitur SEO yang paling lengkap. Informasi yang disediakan Ahrefs antara lain top pages, tautan situs web eksternal milik kompetitor. Kamu bisa mencari IP address dan link website yang ingin dicek trafficnya.

2. SEMrush ( semrush.com )

Selanjutnya, ada SEMRush yang memiiki fitur yang lengkap. SEMRush digunakan untuk mengecek peringkat sebuah situs web di Google dan Baidu. Untuk urusan riset keyword, SEMrush pun punya fitur link building dan keyword searching. SEMrush juga bisa diandalkan untuk optimasi laman situs web dengan SEO.

3. Comscore ( comscore.com )

Situs pemeringkat web pengganti Alexa berikutnya ada Comscore. Comsccore menyediakan data pemasaran dan analisis menggunakan metode Unified Digital Measurement (UDM) untuk menhitung kunjungan situs. Metode ini membantu bisnis memahami dan mengukur kualitas audiens. UDM membantu pengiklan dan agensi mengidentifikasi konten digital terbaik untuk meraih target audiens.

4. SimilarWeb ( similarweb.com )

SimilarWeb digadang sebagai pemeringkat situs web pengganti Alexa yang paling akurat. SimilarWeb memuat informasi jumlah pengunjung sebuah situs web dan ranking negara yang mengunjungi situs web tersebut.

Alat lainnya yang dapat digunakan di SimilarWeb adalah traffic sources. Dengan traffic sources, kamu dapat melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website melalui sumber lain, misalnya dari email marketing, media sosial atau dari mesin pencari.

Informasi seperti ini akan membantu kamu mengembangkan SEO dan teknik periklanan online untuk menarik lebih banyak pengunjung. Di versi premiumnya, SimilarWeb menyediakan tools untuk membandingkan situs kamu dengan situs web lainnya.

5. Quantcast ( quantcast.com )

Selain SimilarWeb, ada juga Quantcast sebagai situs pemeringkat web yang akurat. Quantcast ditemukan tahun 2006 dan telah dipercaya oleh sejumlah merek besar seperti Citibank, McDonalds, dan Toyota.

Tersedia analisis secara real time yang membantu kamu memahami pasar dan behavior dari pasar itu sendiri sehingga Quantcast menjadi situs pemeringkat web pengganti Alexa yang unggul.

6. Serpstat ( serpstat.com )

Terakhir, ada Serpstat yang berfokus menyajikan solusi untuk mengoptimasi website dengan SEO toolsnya. Bertumbuh mulai dari alat riset kata kunci sederhana menjadi sebuah perangkat yang komprehensif untuk melihat performa sebuah situs web. Alat yang dimiliki Serpstat dapat mengecek backlink analysis, rank tracking, site auditing, dan traffic checking.