Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Kasih Setiap Hari! Ini Waktu Terbaik Bermain Games Untuk Anak

Sabineblog.com - Di era digitalisasi seperti ini, anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game khususnya game online. Game satu ini mampu menghipnotis anak-anak sehingga mampu menciptakan efek ketagihan.

waktu yang tepat untuk anak bermain game

Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan karena dampaknya kurang baik bagi perkembangan otak dan psikis anak. Akibat dari semua ini fokusnya adalah sikap dan semangat anak untuk belajar akan semakin menurun.

Tetapi anak-anak yang terlalu serius tanpa adanya permainan juga tidak disarankan dan kurang baik juga untuk perkembangannya. Lantas, waktu ideal bermain game untuk anak-anak itu durasinya berapa lama?

Waktu Terbaik Untuk Anak Bermain Games

Menurut penelitian di Oxford, anak-anak yang bermain selama 1 jam akan lebih bahagia daripada yang tidak bermain game. Pernyataan ini memberikan pandangan bahwa setiap anak perlu bermain atau bermain game baik online ataupun offline.

Jika waktu terbaik adalah 1 jam lantas berapa batasan anak-anak bermain game atau tidak berlebihan. Bermain game yang berlebihan dampaknya juga kurang baik dan bisa berakibat fatal bagi perkembangan anak.

Menurut penelitian yang sama yang dilakukan di Oxford, batasan anak-anak bermain game adalah 3 jam. Jika melebihi waktu tersebut maka perlu dihindari dan diperingati agar tidak sampai menimbulkan efek kecanduan.

Untuk permainannya sendiri juga tidak disebutkan jenisnya hanya saja perlu adanya batasan antara bermain online dan offline. Untuk permainan online ini yang efeknya luar biasa sehingga sedini mungkin hindari anak-anak terlalu lama memegang smartphone.

Jika memang perlu menggunakan smartphone, pastikan game yang ada di dalamnya mendidik dan ada edukasi. Jenis permainan seperti ini sangat baik dan jika ada rasa kecanduan justru dampaknya positif.

Banyak sekali game-game online yang khusus untuk anak-anak seperti belajar berhitung, membaca, dll. Game-game seperti ini perlu diinstall agar membawa dampak yang baik daripada game-game yang merusak perkembangan anak.

Jadi waktu ideal bermain game bagi anak-anak adalah kurang lebih 3 jam saja dalam sehari. Selebihnya, smartphone perlu di jauhkan dari jangkauan dan fokusnya anak-anak untuk lebih belajar yang rajin. Jika memungkian, smartphone tersebut perlu diawasi dan pastikan game di dalamnya yang ada edukasinya.