Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Mematikan Layanan 3G di Indonesia?

Sabineblog.com - Belakangan ini, Indonesia tengah bersiap untuk mengembangkan jaringan 5G dan pemerataan jaringan 4G di seluruh Indonesia. Terutama setelah Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menghimbau para operator seluler untuk menghapus layanan 3G di Indonesia. Lalu, apakah manfaat mematikan layanan 3G di Indonesia?

manfaat mematikan layanan 3G Indonesia

Alasan Masyarakat Indonesia Masih Menggunakan Jaringan 3G

Berdasarkan data dari situs Open Signal , terdapat sejumlah faktor mengapa masyarakat Indonesia masih menggunakan jaringan 3G dibandingkan jaringan 4G. Inilah tiga faktor masyarakat mengapa masyarakat Indonesia masih menggunakan layanan 3G.

Belum Berlangganan Paket Data 4G

Alasan pertama mengapa masyarakat belum mau beralih ke jaringan 4G adalah karena 67,5 persen masyarakat Indonesia masih menggunakan layanan 3G pada ponsel 4Gnya. Ada dua faktor yang menyebabkan hal itu, yaitu belum mengetahui manfaatnya dan pelanggan yang menonaktifkan jaringan 4G dalam ponselnya.

Belum Memiliki Perangkat 4G

Selanjutnya, menurut Open Signal terdapat setidaknya 16,8 persen masyarakat tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan layanan 4G sehingga mereka masih menggunakan jaringan 3G meski sudah berada di daerah yang mendapat jaringan 4G.

Contohnya, kini smartphone 4G harganya sudah semakin terjangkau, tapi mungkin belum dapat dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Faktor lainnya bisa jadi karena skill digital masyarakat yang belum memadai atau kurangnya informasi mengenai perbedaan perangkat 3G dan 4G.

Daerah Belum Terjangkau Sinyal 4G

Sementara itu, diperkirakan ada 10,9 persen pengguna 3G yang telah memiliki perangkat 4G tapi mereka tinggal di daerah yang belum tercover oleh sinyal 4G sehingga mereka tetap menggunakan jaringan internet 3G.

Manfaat Mematikan Layanan 3G di Indonesia

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi berpendapat menghentikan layanan seluler 3G akan membentu operator seluler mengoptimalkan alokasi frekuensi yang semula untuk 3G dapat digunakan untuk meningkatkan penyediaan jaringan 4G dengan optimal.

Penghapusan sinyal 3G sangat bermanfaat untuk meningkatkan kulaitas layanan 4G dengan pemanfaatan kapasitas bandwidth yang semula diisi oleh frekuensi 3G demi menyediakan jaringan 4G yang lebih berkualitas.

Diperlukan sejumlah faktor sebelum mengeksekusi rencana penghapusan sinyal 3G di Indonesia, antara lain edukasi kepada masyarakat soal internet 4G, Perlindungan konsumen, undang-undang telekomunikasi, dan lainnya.