Cara Cari Teman Telegram

Cara cari Teman TelegramSabineBlog.com, Sebagaimana Signal, Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan yang aman dan juga nyaman digunakan. Sebagai alternatif pengganti WhatsApp, Telegram pun datang dengan fitur-fitur yang lengkap. Diantara fitur itu adalah fungsi mencari teman. Lalu bagaimana cara mencari teman di Telegram?

Telegram adalah Alternatif Aplikasi Chat yang Aman

Diluncurkan pada tahun 2013, Telegram adalah aplikasi perpesanan asal Rusia, yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, foto, video, dokumen, maupun melakukan panggilan suara dan video. Aplikasi dimana kodenya adalah open source ini mendasarkan komunikasinya pada enkripsi dan keamanan pertukaran pada platformnya.

Salah satu pendirinya, Pavel Durov, adalah asal mula jejaring sosial VKontakte. Dia menciptakan Telegram khususnya untuk menghindari pengawasan pemerintah Rusia. Aplikasi, yang tim pengembangannya sekarang berbasis di Dubai, kini memiliki lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia.

Cara Daftar Telegram

Untuk memulai aplikasi Telegram, yang harus dilakukan adalah download dulu aplikasinya gratis di play store atau apple apps store memasukkan nomor Hp yang dimiliki. Kode 4 digit dikirimkan kepada pengguna untuk mengonfirmasi bahwa nomor itu adalah pemiliknya. Aplikasi kemudian meminta pengguna untuk memasukkan nama depan dan belakang dan, jika mau boleh juga menyertakan foto profil.

Jika pengguna tidak ingin tampil dengan identitas sendiri atau perlu mengedit nomor Hp maka caranya mudah sekali. Pertama adalah membuka menu Pengaturan > Edit (kanan atas layar). Di halaman ini pengguna dapat memaukkan atau memodifikasi beberapa data berikut : foto atau video profil, nama depan dan belakang, biografi, nomor Hp, dn juga nama pengguna. Perhatikan bahwa aplikasi Telegram juga menawarkan kemungkinan untuk menambahkan hingga 3 akun berbeda, masing-masing terkait dengan nomor telepon unik.

Jika pengguna tidak ingin nomor Hp miliknya dibagikan kepada siapa pun saat menggunakan Telegram, aplikasi ini memungkinkan untuk menyembunyikan informasi tersebut dari penerima yang bisa dipilih sendiri. Jadi dalam menu Pengaturan, ketuk menu Privasi & Keamanan, kemudian pilih Nomor Telepon.

Pilihan kemudian ditawarkan kepada pengguna untuk menentukan orang yang dapat melihat nomor Hp miliknya yaitu : Semua orang, Kontak saya, Bukan siapa-siapa. Pengguna juga dapat memilih untuk menambahkan pengecualian menjadi “Tidak pernah terlihat” atau “Selalu terlihat” dan memilih kontak dari jaringan yang dimiliki di Telegram.

cara cari teman telegram

Cara Cari Teman Telegram

Seperti aplikasi perpesanan lainnya, tujuan Telegram adalah untuk bertukar chat atau yang lainnya dengan teman atau kontak. Cara cari teman Telegram yang dapat diajak mengobrol maka pengguna harus terlebih dahulu mengotorisasi akses Telegram ke direktori ponsel yang digunakan. Setelah diotorisasi, pengguna langsung dapat menemukan daftar teman yang sudah menggunakan aplikasi, dan siapa di antara mereka yang paling aktif. Daftar kontak itu bahkan dapat difilter menurut tanggal koneksi terakhir mereka ke layanan perpesanan. Pengguna juga dapat mengetuk Undang teman untuk menambahkan kontak baru.

Dengan Telegram, pengguna dapat berbagi lokasi dengan kontak yang dimiliki. Untuk melakukannya, buka menu Kontak, lalu ketuk Orang Di Sekitar. Untuk menggunakan fitur telegram tersebut, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan ponsel. Kontak itu juga perlu mengizinkan aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat.

Sementara bila ingin memulai chat rahasia dengan salah satu kontak di Telegram, berikut adalah cara untuk melakukannya. Ini tergantung  pada tipe ponsel yang digunakan. Jika pengguna dengan iPhone iOS: ketuk gambar profil kontak, lalu pada tiga titik di sebelah kanan nama, pilih Mulai obrolan rahasia dan berikan konfirmasi. Apabila dengan ponsel Android: ketuk pada 3 bilah menu yang terletak di kiri atas layar, pilih Pertukaran rahasia baru dan nama kontak yang ingin ditukarkan dengan aman.

Jadi pesan dan dokumen yang dipertukarkan dalam percakapan rahasia dienkripsi end to end dan tidak muncul di server Telegram, tidak seperti pertukaran lainnya, individu, grup, atau di channel. Obrolan rahasia tidak ada di cloud aplikasi, seperti pesan yang dikirim lainnya. Untuk memastikan bahwa obrolan memang rahasia dan aman di Telegram maka nama lawan bicara harus didahului dengan ikon gembok tertutup.

Nah itulah ulasan singkat bagaimana cara cari teman telegram dengan mudah. Siap mencobanya?