3 Cara Restore Chat WhatsApp di iPhone & Android dengan Mudah

Pentingnya isi chat WhatsApp bersama keluarga, kekasih tercinta, kerabat kerja, dan orang-orang penting lainnya mengharuskan kita untuk tetap menjaga isi chat WhatsApp tersebut sampai kapan pun juga. Bahkan, sampai berganti HP pun sudah sepatutnya kita tetap menjaga keutuhan chat tersebut.

3 Cara Restore Chat WhatsApp di iPhone & Android dengan Mudah

 

Sebab itulah, pentingnya mengetahui bagaimana cara restore chat WhatsApp di iPhone maupun Android dengan mudah. Pada dasarnya, di dunia ini tidak ada yang sulit jika kita mengetahui bagaimana solusinya. Hal ini pun sejalan bilamana kita tidak mengetahui bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang telah hilang, maka akan terasa sangat sulit.

Dengan demikian, tanpa buang-buang waktu lebih lama lagi, kamu bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengembalikan chat WhatsApp yang sudah terhapus dalam jangka waktu yang lama maupun chat WhatsApp yang masih baru.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Cara Restore Chat WhatsApp di iPhone Melalui iCloud

cara restore chat whatsapp di iphone

 

Bagi kamu yang menggunakan HP iPhone dan masih bingung bagaimana cara restoran chat WhatsApp di ponsel kesayanganmu itu, berikut di bawah ini terdapat langkah-langkah mudah yang bisa kamu coba.

Langkah 1:

• Pertama, lakukan uninstal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

• Jika sudah, instal kembali WhatsApp di Play Store.

Langkah 2:

• Langsung saja buka aplikasi WhatsApp tersebut dan lakukan log ini seperti biasanya.

Nah, jika di tahap ini muncul perintah ‘Pulihkan’ atau ‘Restore’, maka ketuklah opsi ‘Next’.

Langkah 3:

• Sementara itu, di tahan ini WhatsApp akan mengambil seluruh file backup yang telah tersimpan di iCloud.

• Kamu hanya cukup menunggu beberapa saat hingga file backup chat WhatsApp kembali seutuhnya.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Namun, jangan lupa, untuk cara yang pertama ini hanya berlaku jika kamu telah melakukan backup chat WhatsApp sebelumnya yang disimpan pada iCloud.

Cara Restore Chat WhatsApp Melalui Google Drive

cara restore chat whatsapp melalui gdrive

 

Sementara itu, untuk cara yang kedua ini kamu bisa melakukannya di HP Android maupun iPhone. Tak kalah mudah dari cara yang pertama, kamu hanya mengikuti beberapa langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, lakukan uninstal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

• Jika sudah, instal kembali WhatsApp di Play Store.

Langkah 2:

• Tanpa menunggu waktu lama, buka aplikasi WhatsApp tersebut dan lakukan registrasi pendaftaran seperti biasa dengan memasukkan nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya.

• Lalu, tunggu beberapa detik sebab WhatsApp akan mengirimi kamu kode verifikasi melalui nomor yang didaftarkan. Bisa melalui panggilan maupun SMS. Dan biasanya secara otomatis akan masuk tanpa diisikan juga.

Langkah 3:

Nah, di tahap ini akan muncul konfirmasi dari WhatsApp berapa pertanyaan apakah kamu ingin memulihkan/restore chat yang berasal dari Google Drive. Jika iya, maka ketuk opsi ‘Restore’.

• Tunggu beberapa menit hingga proses restore selesai.

Langkah 4:

• Ketuk opsi ‘Next’.

• Setelah itu, kamu bisa mengganti user name dan foto profil WhatsApp jika ingin menggantinya.

Sampai di sini kamu bisa langsung mengecek satu-persatu isi chat WhatsApp, jika masih utuh dan tidak ada yang hilang, maka cara yang kedua ini berhasil kamu lakukan.

Cara Restore Chat WhatsApp Melalui Local Backup

cara restore chat whatsapp

 

Sedangkan untuk cara yang ketiga ini kamu bisa memulihkan chat WhatsApp tanpa menggunakan Google Drive. Dan jika kamu bertanya-tanya jika tidak menggunakan Google Drive, lalu menggunakan apa? Nah, melalui local backup lah jawabannya.

Daripada penasaran, yuk, intip saja langsung langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:

• Pertama, download aplikasi WhatsApp terlebih dahulu.

• Jika sudah, buka saja langsung aplikasi WhatsApp tersebut dan lakukan registrasi dengan memasukkan nomor HP milikmu.

Langkah 2:

• Selanjutnya, lakukan verifikasi seperti biasa dengan cara memasukkan kode verifikasi yang berjumlah 6 digit. Biasanya akan terisi secara otomatis.

• Setelah itu, ketuk opsi ‘Restore’ saat WhatsApp memberikan notifikasi bahwa terdapat cadangan chat yang berasal dari lokal backup.

Langkah 3:

• Di tahap ini, kamu hanya cukup menunggu beberapa menit hingga proses restore chat selesai.

Nah, jika sudah ketuk saja opsi ‘Next’.

Langkah 4:

• Jika kamu ingin mengganti foto profil maupun user name, kamu bisa menggantinya di tahap ini. Namun, jika tidak, ketuk saja ‘Skip’.

• Terakhir, jika cara yang ketiga ini telah berhasil kamu lakukan, maka seluruh isi chat WhatsApp masih utuh di bagian ‘Pesan’.

Namun, untuk cara yang ketiga ini ada beberapa hal atau syarat penting yang harus kamu perhatikan agar chat WhatsApp berhasil dipulihkan dari lokal backup, beberapa diantaranya:

• Proses pencadangan chat WhatsApp dilaksanakan pada pukul 02.00 AM per setiap harinya.

• Ponsel akan menyimpan cadangan chat WhatsApp secara otomatis hanya selama 7 hari ke belakang.

• Biasanya data percakapan akan tersimpan di bagian folder “WhatsApp” tepatnya pada bagian memori internal HP. Namun, jika tidak ada, kamu bisa mencarinya di bagian folder “Main Storage” atau “Internal Storage.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara restore chat WhatsApp di Android dan iPhone dengan mudah dan praktis. Kamu dapat memilih salah satu cara di atas yang menurutmu lebih gampang. Selamat mencoba.

best seller lazada
About Author: