Ini Alasan Menagapa Kamu Harus Gunakan Linux Ketimbang MAC Atau Windows

Alasan menggunakan Linux perlu kamu ketahui karena selama ini sistem operasinya hanya sebagai cadangan saja. Selama ini orang lebih tertarik menggunakan Windows atau MAC pada perangkat yang digunakan.

alasan menggunakan linux dibandingkan dengan windows atau Mac

Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan seseorang akan sistem operasi Linux serta pemakainya juga jarang. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Linux dari berbagai sisi termasuk harga, ketahanan sistem, dll.

Harga

Seperti yang kita ketahui, baik Windows atau MAC memang memiliki harga tergolong mahal dan tidak ada yang gratis kecuali versi lite atau cracknya. Sedangkan Linux hingga sekarang ini tidak mematok harga atau gratis dan bisa diakses kapan saja. Versi gratis pada Linux bukan hasil crack melainkan resmi dari pihak Linux sendiri.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Jadi untuk mengaksesnya, kamu hanya butuh modal koneksi internet untuk mendownload sistem operasinya. Bahkan untuk Linux Ubuntu, penggunanya tidak perlu mendownload tetapi dikirim dalam bentuk CD dan diberikan secara gratis.

Selain sistem operasi, Linux juga menyediakan aplikasi lain seperti mengedit foto, browser internet dan beberapa aplikasi lain. Menariknya, kamu bisa mengirimkan open source ke teman dan tanpa adanya lisensi.

Tahan Pada Virus

Untuk sistem operasi Linux berbeda dengan sistem operasi Windows yang terkadang terkena serangan virus. Untuk Linux sendiri hingga sekarang masih tergolong tahan dan tidak pernah ada virus yang bisa menembus sistem operasinya. Dengan kata lain, virus pada computer atau laptop sebenarnya hanya menyerang sistem operasi Windows saja.

Dari popularitas, Linux memang kalah jauh dengan Windows dan MAC yang berada di posisi pertama dan kedua. Karena kalah populer tersebut, pembuat para pembuat virus enggan untuk masuk ke sistem operasi Linux.

Softwarenya Mudah Didapatkan

Banyak orang yang mengatakan jika cukup kesulitan mendapatkan software yang nantinya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pandangan seperti ini salah karena pihak Linux sudah menyediakan Software Center. Dengan adanya ini, kamu bisa mendownload semua aplikasi di dalamnya secara gratis.

Umumnya software yang tersedia seperti hiburan, permainan, produktivitas dan beberapa software penting lainnya. Hal ini tergolong sangat menguntung mengingat sekarang ini software untuk Windows sudah mulai ada yang berbayar.

Meski diberikan secara gratis bukan berarti software yang digunakan kualitasnya kacangan atau tidak bermutu. Semua aplikasi yang digunakan pada Linux hingga saat ini ada yang lebih bagus dari software yang digunakan pada Windows. Memang tidak semua aplikasinya gratis dan ada yang berbayar tetapi itu hanya sedikit dan jauh lebih banyak yang gratis.

Dukungan Komunitas

Untuk dukungan komunitas yang ada pada Linux dibagi menjadi dua bagian yaitu dukungan pengguna dan profesional. Dukungan pengguna berupa komentar atau tanggapan pengguna lain saat kamu sedang ada masalah di Linux. Mereka dengan senang hati akan membantu dan juga tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sedangkan dukungan profesional datang dari pembuat Distro Linux seperti Linux Ubuntu yang dibuat oleh Canonocal Ltd. Semua orang yang ada di dalam perusahan tersebut juga akan membantu kamu dengan senang hati. Bahkan, tanggapan dari mereka sangat cepat ketika ada pengguna yang mengalami kesulitan

Itulah beberapa alasan menggunakan Linux daripada sistem operasi lain seperti Windows atau MAC. Dengan demikian, sistem operasi ini tidak bisa dianggap remeh meskipun gratis karena penggunanya juga banyak. Meski kalah populer dengan sistem operasi lain tetapi layanan dan software yang digunakan diberikan secara gratis.

best seller lazada
About Author: