4 Cara Memotret Milky Way dengan Kamera Smartphone

Sabineblog.com Pemandangan bintang di langit malam memang selalu bikin kagum, apalagi jika rasi bintang Milky Way alias Galaksi Bima Sakti tengah muncul. Langit malam terlihat jauh lebih indah sayang rasanya apabila momen  tersebut  tidak diabadikan dengan kamera.

cara memotret milki way dengan menggunakan handphone

 

Untuk memotret Milky Way, biasanya harus mengandalkan kamera canggih sekelas DSLR. Namun dengan berkembangnya teknologi, Milky Way dapat dipotret hanya dengan menggunakan kamera

Smartphone. Bagaimana cara memotret Milky Way dengan kamera smartphone? Ini dia tips-tipsnya!

1. Gunakan Mode Manual Pada Kamera Smartphone

Cara pertama untuk memotret milky way dengan kamera smartphone adalah dengan mengatur kamera pada mode manual. Mulailah mengatur bukaan atau aperture yang dilambangkan dengan huruf f. Fungsi aperture untuk jendela tempat cahaya masuk. Semakin besar aperture maka kamera semakin sensitif menerima cahaya, begitu pula sebaliknya.

Kedua, atur juga ISOnya alias sensitivitas sensor kamera untuk menerima cahaya. Biasanya, ISO dilambangkan dengan angka-angka, misalnya ISO 100, 200, 400, 800, dan seterusnya. Semakin besar angka ISOnya, sensor kamera pun jadi sensitif untuk menerima cahaya. Sebaiknya di ISO 800-1600.

Kemudian, mengatur shutter speed alias kecepatan rana. Ini merupakan waktu dan kecepatan sensor yang diperlukan dalam penerimaan cahaya. Sesuaikan shutter speed dengan bukaan dan ISO. Atur shutter speed di angka 15-20 detik untuk gambar yang lebih tajam.

2. Tripod Adalah Wajib Hukumnya!

Saat memotret milky way, kamera smartphone akan menangkap cahaya dalam waktu yang lebih lama. Maka dari itu, bawalah tripod agar hasil foto Milky Way kamu tidak blur dan smartphone tetap stabil saat memotret Milky Way.

3. Cari Tempat yang Minim Polusi Cahaya

Menjauhi tempat berpolusi cahaya adalah kunci sukses memotret milky way dengan kamera smartphone. Jika berada di tempat yang banyak polusi cahaya, maka sensor kamera akan kesulitan menangkap cahaya Milky Way. Bukit dan gunung bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan gambar milky way yang bagus.

4. Perhatikan Juga Musim dan Waktu

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah musim dan waktu karena kedua hal ini berdampak pada tingkat kecerahan langit. Lebih lanjut, musim yang tepat dapat memengaruhi pergerakan awan di langit. Potretlah milky way di saat musim kemarau untuk hasil terbaik.