Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Google Assistant

Google Assistant merupakan salah satu project dari google yang saat ini serius dikembangkan. Google Assistant lahir pada bulan Mei tahun 2016, yang pada awalnya ditanam pada aplikasi Google Home dan aplikasi pesan singkat google allow. Google Assistant adalah layanan dari google yang merupakan virtual assistant, tujuan dari layanan ini adalah diharapkan bisa mempermudah para pengguna dalam mengakses smartphone maupun perangkat pintar lainnya.


Google Assistant ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++, dan sudah bisa berjalan pada beberapa sistem operasi, seperti android, ChromeOS, IOS dan KaiOS. Untuk perangkat yang sudah mendukung aplikasi ini adalah Android, Android Home, Android TV, Wear OS dan masih banyak lagi.

Google Assistant memiliki beberapa fungsi yang bertugas sebagai layaknya asisten pribadi kita, sehingga bisa membantu aktifitas sehari hari kita. Untuk mengetahui beberapa fungsi dari Google Assistant sobat pembaca bisa terus membaca artikel ini sampai habis.

Fungsi Google Assistant Sebagai Penterjemah atau Kamus


Dengan adanya Google Assistant sobat tidak perlu lagi susah-susah menterjemahkan suatu kalimat dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan, Google Assistant sudah bisa memberikan hasil translate tersebut berupa text maupun suara. Cukup mebantu sekali bagi sobat yang sedang mempelajari bahasa asing.

Fungsi Google Assistant Untuk Membuka Kunci Layar Smartphone 


Pada umumnya untuk penguncian layar pada smartphone kita menggunakan berupa PIN password atau menggunakan pola goresan tertentu pada layar. sebenarnya Google Assistant juga bisa digunakan sebagai pengaman smartphone kita, untuk membuka layar smartphone yang terkunci bisa menggunakan suara kita yang sudah di setting kedalam Google Assistant. Cara ini lebih aman untuk smartphone kita supaya terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin membuka privasi kita.

Fungsi Google Assistant Untuk Memutar Musik dan Video

Bagi sobat yang senang mendengarkan musik, dengan Google Assistant kamu tidak perlu lagi bersusah mencari musik favorit yang disukai, tinggal memberikan perintah suara pada smartphone sobat melalui Google Assistant, maka smartphone sobat akan memutarkan musik dari youtube atau google play music.  Sangat mengasyikkan bukan..?

Fungsi Google Assistant Mencari Restaurant atau Tempat Wisata

Bagi sobat yang ingin mencari tempat restaurant ataupun tempat wisata, Google Assistant dapat membantu memberikan rekomendasi yang cukup lengkap. Sobat tinggal memberikan perintah suara lokasi tempat yang ingin dikunjungi, Google Assistant juga bisa memberikan rekomendasi tempat yang terdekat pada lokasi sobat berada.

Fungsi Google Assistant Membacakan Berita Untuk Anda

Bagi sobat yang sibuk tetapi ingin mengatahui berita terupdate, Google Assistant bisa membantu sobat membacakan berita, sehingga sobat tetap bisa malakukan aktifitas lain tanpa ketinggalan berita terupdate hari ini. Benar-benar kita seperti memiliki asisten pribadi sendiri ya sobat...

Fungsi Google Assistant Sebagai Alat Konversi

Salah satu fungsi Google Assistant yang sangat membantu adalah sebagai alat konversi, jadi sobat bisa memberikan perintah kepada Google Assistant dengan suara untuk mengkonversi berbagai jenisa satuan, misal nya mengkonversi mata uang yang satu dengan mata uang lainnya, atau mengkonversi satuan jarak, ketinggian maupun satuan berat.

Itulah beberapa fungsi dari Google Assistant yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari hari. Bagi sobat yang belum pernah mencobanya saya sarankan untuk mencoba, dan sobat akan memiliki layaknya asisten pribadi disamping sobat.