Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Cek IMEI iPhone


Ada banyak pasar gelap di Indonesia, termasuk pasar gelap untuk ponsel terkenal seperti iPhone. Biasanya, iPhone yang berasal dari pasar gelap tidak memiliki IMEI yang terdaftar. Ada baiknya bagi Anda untuk mencari cara cek IMEI iPhone.


cara cek IMEI di iPhone



Sebab, pemerintah Indonesia tengah masif menon-aktifkan ponsel yang tidak memiliki IMEI terdaftar. Lantas, bagaimana cara cek IMEI iPhone terdaftar atau tidak di Indonesia? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Cara Cek IMEI di Dusbook


Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan mengecek boxnya. Sudah umum diketahui bahwa di belakang dusbook ponsel apapun ada beberapa informasi yang cukup lengkap dan penting. Beberapa di antaranya adalah nomor SN, nomor SKU, dan termasuk juga di dalamnya nomor IMEI.

cara cek IMEI di iPhone

Jika Anda masih memiliki dusbook iPhone yang pernah dibeli, Anda bisa langsung mengecek nomor IMEI iPhone di sana. Setelah Anda menemukan IMEI di kotak tersebut, silahkan cocokkan dengan nomor IMEI yang ada di dalam ponsel.

2. Cek IMEI di Sistem Pengaturan


Cara cek IMEI iPhone resmi selanjutnya adalah dengan menggunakan sistem pengaturan. Caranya adalah sebagai berikut:

cara cek IMEI di iPhone

  • Buka menu pengaturan atau settings di iPhone yang Anda miliki
  • Dari menu setting, silahkan pilih umum atau General.
  • Dari menu general nanti akan muncul halaman baru, pilih About atau Tentang.
  • Setelah About dipilih, Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai iPhone yang Anda miliki. Dari mulai spesifikasinya secara legkap sampai ke nomor IMEI.


3. Cek IMEI di Belakang Ponsel


Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI adalah dengan melihat nomor IMEI di belakang ponsel. Biasanya, iPhone dengan type series 5, 5C, 5 S, 6, dan 6+ akan memiliki nomor IMEI di belakangnya. Coba cek bagian belakang iPhone yang Anda miliki sekarang.

cara cek IMEI di iPhone

Biasanya di sana ada beberapa informasi dari mulai kota pembuatan iPhone, model, sampai ke nomor IMEI. Hal ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengecek nomor IMEI iPhone yang dimiliki tanpa harus membuka pengaturan terlebih dahulu.

4. Cek IMEI di Web Apple


Cara ini bisa Anda gunakan apabila perangkat iPhone tidak berada di tangan Anda. Jadi, misalkan iPhone Anda sedang dipinjam atau tertinggal, tetapi Anda terburu-buru ingin melihat nomor IMEInya, Anda bisa melakukan cara cek IMEI iPhone di web Apple.

cara cek IMEI di iPhone

Berikut tutorial lengkapnya:
  • Buka situs web appleid.apple.com
  • Masuklah ke dalam situs dengan menggunakan ID Apple yang Anda gunakan di dalam perangkat iPhone yang Anda miliki
  • Akan ada halaman berisi beberapa pilihan, pilih bagian Perangkat untuk melihat nomor IMEI/IMEID dari perangkat iPhone yang Anda miliki.


5. Cek IMEI di Slot Kartu SIM


Ada beberapa type series iPhone yang menyimpan nomor IMEI nya di dalam slot kartu SIM. Biasanya, type iPhone yang melakukan hal ini adalah iPhone 3G, 3GS, 4 (dengan model GSM), dan 4S.

cara cek IMEI di iPhone

Cara mengeceknya cukup mudah. Anda hanya perlu mengeluarkan SIM Card terlebih dahulu, barulah bisa melihat nomor IMEI dan nomor Serialnya.

6. Cek Melalui Kode Dial


cara cek IMEI di iPhone

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya adalah dengan menggunakan kode dial. Caranya adalah cukup memasukkan *#06# di menu telepon iPhone yang Anda miliki. Nanti akan keluar IMEI dan IMEID jika iPhone yang Anda miliki memang terdaftar.

7. Cek Melalui Finder atau iTunes


Anda juga bisa menemukan nomor IMEI melalui Finder dan iTunes. Caranya adalah sebagai berikut:
Sambungkan iPhone yang Anda miliki ke perangkat komputer

cara cek IMEI di iPhone

  • Buka Finder atau iTunes
  • Jika di Finder, silahkan temukan perangkat Anda di tab umum. Sedangkan via iTunes, silahkan temukan perangkat Anda di Tab Ringkasan
  • Klik nomor telepon di bawah nama perangkat. Setelah itu, nomor IMEI dari iPhone yang Anda miliki akan keluar secara otomatis.

IMEI sangat bermanfaat untuk mengecek keaslian iPhone yang ada di tangan Anda sekarang. Sebab, ada begitu banyak barang ilegal yang bertebaran di Indonesia.
Setelah mengetahui nomor IMEI Anda, pastikan IMEI tersebut terdaftar di Situs cek IMEI iPhone yang disediakan pemerintah. Jika terdaftar, maka iPhone yang Anda miliki dijamin sudah asli dan legal.