iPhone Ex Inter vs IBox

Para peminat iPhone masih sering bingung dengan sebutan iPhone ex Inter dan juga iPhone ex iBox. Kendati keduanya adalah produk original dari Apple namun ditemukan perbedaan signifikan dari iPhone ex Inter vs iBox. Berikut penjelasan selengkapnya.

Perangkat iPhone ex Inter adalah produk iPhone yang telah dipakai pembeli pertama. Gampangnya ini adalah iPhone seken yang didatangkan dari luar negeri untuk dijual kembali di Indonesia. Apakah aman iPhone ex inter itu? Sedangkan iPhone ex iBox merupakan perangkat yang juga dalam kondisi seken namun terjamin asli sebab melewati proses distribusi resmi yang ditangani iBox. iBox merupakan distributor resmi produk Apple untuk wilayah Indonesia.

Sebelum menentukan pilihan untuk membeli salah satu dari keduanya, konsumen harus paham dulu perbedaan kedua perangkat itu. Ada beberapa perbedaan antara iPhone ex Inter dengan iPhone ex iBox, simak ulasan lengkap sabineblog.com berikut ini

Lazada Flash Sale hemat 99%

iphone ex inter

Bagaimana Cara Membedakan iPhone ex Inter dan Ex iBox?

Nomor Model

Nomor model dari perangkat iPhone adalah ciri paling kasat mata pada iPhone Ex Inter dengan Ex  iBox. Jadi iPhone yang berasal  dari gerai iBox punya empat seri nomor model terdiri dari : ID/A, PA/A, SA/A, dan FE/A. Sedangkan iPhone Ex Inter memiliki nomor model dengan : X/A, LL/A, ZP/A, dan ZA/A.

Cara cek kode ini, konsumen dapat mengeceknnya dalam menu setting, lalu ketuk tombol General, selanjutnya ketuk mrnu About. Di layar yang ditampilkan bisa dijumpai Model dan Nomor Model perangkat yang digunakan.

Cek: Cara Cek 3utools iPhone Bekas, Ori, Refurbish atau Rekondisi

Garansi

Konsumen yang membeli perangkat iPhone Ex Inter berarti akan mendapatkan garansi dari luar negeri. Sedangkan untuk iPhone Ex iBox menawarkan garansi yang diberikan iBox sebab perusahaan ini adalah distributor resminya di Indonesia.

Artinya lagi jika konsumen ingin mengajukan klaim garansi iPhone iBox maka akan lebih mudah dan cepat. Kekurangan iPhone Ex Inter adalah proses mengajukan klaim garansi yang ribet dan mungkin saja tak akan bisa dilakukan.

Banderol Harga

Perbedaan berikutnya adalah banderol harga yang ditawarkan. Untuk iPhone Ex Inter umumnya ditawarkan lebih murah. Itu disebabkan iPhone Ex Inter tak harus melewati tahapan distribusi resmi untuk masuk ke Indonesia.

Umumnya iPhone Ex Inter adalah ponsel seken yang berasal dari negara China, Jepang atau Malaysia. Sedangkan iPhone iBox biasanya lebih mahal banerolnya sebab proses masuknya resmi berasal dari pabrik Apple yang lalu dikirimkan ke Indonesia.

Cek: Perbedaan iPhone iBox vs iPhone PSStore

Kode IMEI

Lantaran iPhone Ex Inter proses masuknya tak resmi, pastinya keamanan nomor IMEI pun diragukan. Tidak jarang sejumlah konsumen iPhone Ex Inter mengalami sinyal seluler dalam negeri yang hilang tiba-tiba segera setelah pengguna menyelesaikan update iOS. Sinyal seluler yang mendadak blank adalah penanda jika nomor IMEI di dalamnya diblokir oleh sistem untuk penggunaan layanan kartu seluler dalam negeri.

Dari bulan April 2020 silam, iPhone Ex Inter rata-rata sudah diblokir IMEI-nya. Cara daftar IMEI untuk perangkat Hp dari luar negeri pun biasanya ribet. Sedangkan iPhone iBox aman dan tak terkendala dalam penggunaan layanan seluler dalam negeri sebab kode IMEI di dalamnya sudah didaftarkan dalam database Kementerian Perindustrian RI yang merupakan produk resmi yang diimpor ke Indonesia.

Konsumen yang akan membeli perangkat iPhone, memang sebaiknya mengecek keabsahan IMEI agar dapat digunakan dengan kartu seluler dalam negeri. Cara cek IMEI iphone pun cukup mudah yaitu dengan memasukkan kodenya ke layanan Imei.kemenperin.go.id.

best seller lazada
About Author: