Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Handphone 5G Pertama Dari Nokia

Akhirnya HMD merilis ponsel Nokia 5G pertama mereka yaitu Nokia 8.3 5G. Bisa dikatakan HMD terbilang lambat dalam mengeluarkan ponsel 5G bila dibandingkan dengan pabrikan lain. Mereka beralasan untuk menunggu terlebih dahulu dukungan jaringan 5G yang sudah meluas, sehingga ponsel 5G mereka bisa digunakan dibanyak negara.  Oleh karena itu HMD mengklain Nokia 8.3 5G adalah ponsel 5G global.

nokia 8.3 5G handphone pertama dari nokia yang mendukung jaringan 5G

Selain kemampuan jaringan 5G, Nokia 8.3 juga memiliki 4 kamera belakang, dengan spesifikasi kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera makro 2 MP dan dept sensor 2 MP.

HMD menjanjikan bahwa kamera yang ada pada Nokia 8.3 memfokuskan pada kemampuan video. Kamera Nokia 8.3 memiliki kemampuan merekam video 4K, dan khisus untuk kamera ultra wide mampu merekam film dalam format 21:9. Terdapat juga algortima yang berfungsi untuk menghasilkan efek sinematik anamorphic yang biasa dihasilkan dari lensa khusus video.

Nokia 8.3 juga mampu merekan video dalam format log, yang setara dengan memotet dalam format RAW. Dengan menggunakan format ini, kita bisa lebih leluasa dalam mengolah video, seperti memberikan warna profil tersendiri.

Nokia 8.3 memiliki ukuran layar 6,81 inchi, untuk dapur pacunya menggunakan chipset Snapdragon 765G dan menggunakan baterai dengan daya 4.500 mAh. Untuk tombol sidik jari diletakkan pada posisi di tombol power. Ada beebrapa varian yang tersedia yaitu RAM 6 GB dan storage internal 128 GB, varian kedua RAM 8 GB dengan storage internal 128 GB. Untuk harga yang dibandrol sekitar USD 650 atau setara dengan 10,6 juta.