Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy S20 Ultra, Ponsel Gahar Dari Samsung

oSamsung Galaxy S20 Ultra merupakan ponsel paling gahar dan mahal dari samsung, diluar ponsel lipatnya. Untuk di tanah air sendiri, Samsung Galaxy S20 Ultra dijual dengan harga Rp. 18 juta, lebih mahal dari S20 dan S20 Plus.


spesifikasi, review dan harga samsung galaxy s20 ultra


Dengan harga yang mahal itu, tidak heran berbagai fitur teknologi canggih disematkan pada Galaxy S20 Ultra. Bisa dibilang semuanya serba besar, sebagai contoh mulai dari kamera yang berukuran 108 MP, memory hingga 12 GB dan rekaman video mencapai 8K.

Untuk lebih jelasnya, penulis akan mengulas Samsung Galaxy S20 Ultra ini dari berbagai aspek, silahkan membaca lebih lanjut ulasan dibawah ini.

Desain Galaxy S20 Ultra


desain samsung galaxy s20 ultra

Jika dibandingkan dengan S10 dan Note 10 secara sekilas tidak ada perbedaan yang signifikan, material build quality solid dan pada bagian sisi-sisi nya melengkung. Layar full meluber sampai ke bagian pinggir dengan rasio 89,9% dengan posisi kamera depan pada bagian atas tengah  berbentuk punch hole.

Dilihat dari ukurannya layarnya 6,9 inchi, smartphone ini terlihat cukup besar dibandingkan dengan Note 10 yang memiliki ukuran layar 6,8 inchi. Beratnyapun mencapai 222 gram, lebih berbobot cukup signifikan dari S20 plus yang hanya memiliki berat 188 gram.

Dengan menggenggam Galasy S20 Ultra ini terasa sangat penuh ditangan, memang kita tetap bisa mengoperasikan dengan satu tangan, akan tetapi apabila kelamaan tangan akan terasa pegal juga, apalagi kalau ukuran tangan kita kecil.

Dengan ukuran layarnya yang besar ini, untuk menjangkau aplikasi di sisi jauah dengan satu tangan pun akan kesulitan, maka kita akan lebih banyak menggunakan dua tangan untuk mengoperasikan smartphone besar ini.

Singkatnya, smartphone ini tidak cocok bagi anda yang menginginkan ponsel kompak, Galaxy S20 dan S20 Plus lebih cocok bagi Kamu yang menginginkan ponsel sejenis itu.

Pada bagian belakang terdapat kamera yang cukup masif dan menonjol dibagian sisi atas kiri. Terdapat tulisan Space Zoom, kamera ini mengunggulkan resolusi 108 MP sehingga modulnya pun terlihat tidak biasa.

Pada bagian sisi terdapat tombol power yang bisa digunakan untuk mengakses perintah suara Bixby, disisi bawah terdapat speaker tunggal dan colokan USB Type C. Untuk memasukkan SIM Card terdapat slot pada bagian atas. Perlu kamu ketahui, pada ponsel ini tidak disediakn colokan headphone standar berukuran 3,5 mm.

Layar Galaxy S20 Ultra


layar samsung galaxy s20 ultra

Layar 6,9 inchi Super AMOLED galaxy s20 ultra memiliki resolusi sebesar 1.440 x 3.200 pixel dengan kepadatan pixel 511 ppi (pixel per inch). Layar sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 6 ukuran rasio layar ke bodi 89,9% artinya sangat penuh. Galaxy S20 Ultra ini memang merupakan smartphone dengan layar terbesar dari semua ponsel samsung lainnya.

Samsung Galaxy S20 Ultra diawal tahun ini dinobatkan sebagai smartphone dengan layar terbaik, Berdasarkan penelitian DisplayMate Galaxy S20 Ultra mendapatkan grade tertinggi A+ dan mendapatkan DisplayMate Best Smartphone Display Award. Untuk area spesifik Galaxy S20 Ultra juara dalam akurasi warna, brighness full screen dan rasio kontras.

Warna yang dihasilkan Galaxy S20 Ultra memang terlihat sangat jelas, warna putihnya tampak natural, hitam nya sangat tegas dan kaya akan warna-warna lainnya. Bisa dibilang layar Galaxy S20 Ultra merupakan salah satu keunggulan yang dimilikinya. Dengan layar yang begitu luas dan lapang, bermain game dan menonton film menjadi sesuatu hal yang sangat menjanjikan dan memuaskan di Galaxy S20 Ultra,

Dengan fitur refresh rate 120 Hz yang dimiliki, memang tidak terlalu terasa efeknya. Tetapi bila diamati lebih seksama, animasi, scrolling, membuka aplikasi dan juga bermain game akan terasa lebih smooth. Kombinasi layar yang jernih dan refresh rate 120 Hz merupakan perpaduan yang bermanfaat bagi penggunanya.

Yang perlu menjadi catatan fitur refresh rate 120 Hz hanya tersedia pada resolusi default FHD+. Apabila pengguna merubah resolusi menjadi maksimal ke QHD+, maka refresh rate menjadi 60 Hz.

Ada kemampuan yang tak kalah penting, yaitu Gaalxy S20 Ultra sudah mendukung HDR10+. Konten video yang berada di Youtube dan Netflix sudah mendukung HDR10+ ini, maka tampilannyapun akan lebih impresif dan kaya akan warna.

Antar muka Galaxy S20 Ultra memakai One UI 2 berbasis android 10. Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan smartphone samsung pasti sudah familiar.

Untuk kunci pemindai sidik jari diletakkan dibawah layar. Untuk membuka kuncinya cukup cepat, walaupun performanya belum sama konsisten dengan pemindai sidik jari fisik.

Hardware Galaxy S20 Ultra


dapur pacu galaxy s20 ultra menggunakan processor exynos 990


Untuk dapur pacunya Galaxy S20 Ultra menggunakan chipset Exynos 990 dikombinasikan dengan RAM 12 GB. Kamu juga masih bisa menambahkan microSD.

Galaxy S20 Ultra adalah merupakan ponsel flagship dari samsung, sudah pasti didlam menjalankan semua aplikasi secara bersamaan akan terasa lancar sekali, dan memainkan game android yang berat sekalipun kamu tidak akan menemukan kendala yang berarti. Yang pasti untuk masalah performa Kamu tidak akan dikecewakan oleh ponsel ini.

Baterai menggunakan daya 5.000 mAh yang cukup besar, charger sudah mendukung fast charging 25 watt, Kamu bisa mengisi baterai secara full hanya dalam waktu 1 jam saja.

Untuk pemakaian normal baterai Galaxy S20 Ultra ini bisa bertahan sampai malam hari bahkan sampai keesokan hari. Tetapi apabila mode 120 Hz terus diaktifkan dan dipakai makan daya baterai akan lebih cepat berkurang dibandingkan apabila kamu memakai mode 60 Hz.

Galaxu S20 Ultra hanye menggunakan satu speaker, tetapi suara yang dikeluarkan tidak usah disangsikan lagi, karena suaranya sangat kuat dan jernih, dalam volume maksimalpun suara tetap terdengar secara jelas.

Kamera Galaxy S20 Ultra


kamera samsung galaxy s20 ultra


Galaxy S20 Ultra dibekali dengan 4 kamera utama dengan spesifikasi 12 MP ultra wide, 108 MP wide angle, 48 MP telephoto dan kamera depthvision. Untuk kamera selfie memakai resolusi 40 MP.

Dengan resolusi yang sangat tinggi pada bagian kamera, sudah pasti kamera merupakan menjadi unggulan dari Galaxy S20 Ultra, terdapat juga fitur Space Zoom yang artinya Galaxy S20 Ultra dapat melakukan Zoom samapi dengan 100x.

Galaxy S20 Ultra dapat menggabungkan 9 pixels menjadi satu (3x3), hali ini bisa dilakukan berkat adanya sensor ISOCELL Bright HM1.  Ukuran pixels menjadi 2,4 mikron. Dengan ukuran pixels yang lebih besar maka cahaya yang ditangkap akan oleh sensor menjadi lebih besar. Sehingga ketika kamu memotret pada kondisi cahaya yang rendah, hasil jepretan kamu akan lebih terang.

Dengan apliaksi kamera kamu dapat dengan mudah memilih zoom secara defaut, dari zoom 1,2,,4,10...100 yang paling tertinggi.

Galaxy S20 Ultra mampu merekam video sampai 8K 24 fps, gambar yang dihasilkan sangat memuaskan. Tetapi untuk fitur yang satu ini memang blom terlalu berguna, karena saat ini televisi pun belum ada yang menggunakan firur setinggi ini. Tetapi untuk menghasilkan video yang berkualitas super tidak ada salahnya digunakan.

Foto dapat langsung diambil dari screenshoot video, gambar yang dihasilkan sebesar 33 MP. Dan untuk mengantisipasi guncangan pada  saat merekam video diberikan fitur Super Steady, anti-rolling stabilization dan AI motion analysis.

Ada satu fitur lagi yang bermanfaat. Terkadang kita ingin mengabadikan satu moment berharga kedalam foto dan video secara bersamaan, tapi sulit dilakukan. Tapi melalui fitur single take yang dihadirkan oleh Galaxy S20 Ultra, bisa menagkap beberapa foto dan video, seperti halnya Live focus, cropped, Ultra Wide dan lainnnya hanya dalam satu perekaman. Kamu cukup menekan shutter pada mode singe take diaplikasi dalam beberapa detik, maka dihasilkan beragam konten.