Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Smartphone Mega Monster, Ini Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy M31

Samsung kembali meramaikan khalayak luas dengan kabar produk terbarunya yang menambah deretan Samsung Galaxy M Series. Brand yang baru baru ini sukses meluncurkan Samsung Galaxy A51 dan samsung galaxy A71 di tanah air kembali datang dengan membawa Samsung Galaxy M31. Smartphone yang diperkenalkan bulan Februari di tahun 2020 ini, dikabarkan oleh Samsung akan segera rilis pada pertengahan Maret di tahun yang sama pula. Ponsel yang melanjutkan generasi pendahulunya Samsung Galaxy M30s di akhir tahun lalu, disebut sebut sebagai smartphone Mega Monster dan berikut spesifikasi berserta harga Samsung Galaxy M31 yang harus kamu ketahui.

spesifikasi dan harga samsung galaxy m31


Spesifikasi Samsung Galaxy M31


Hadir dengan layar Super AMOLED capacitive touchscreen 16 M colors dengan resolusi full HD plus (1080 x 2340 pixels) berukuran 6,4 inch. Smartphone milik Samsung ini juga memiliki rasio aspek 19.5 : 9 dengan kerapatan pixel mencapai ~441 ppi yang dibuat dari bahan kaca. Samsung Galaxy M31 mempunyai desain notch berbentuk waterdrop yang menyimpan kamera depan yang resolusinya mencapai 32 MP dengan aperture f/2.0, dilengkapi pula dengan fitur HDR dan mampu merekam video hingga 1080p mau pun slow motion.

Di sisi bagian belakang Samsung Galaxy M31 memiliki bodi yang berbahan plastik polikarbonat dan mempunyai empat kamera belakang, antara lain lensa wide yang memiliki resolusi 64 MP dengan sensor pixel binning Tetracell dan aperture f/1.8 yang dilengkapi teknologi phase detection autofocus agar dapat membidik fokus dengan cepat. Selanjutnya juga ada lensa ultrawide beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 dan lensa macro beresolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Lalu lensa depth yang mempunyai resolusi 5 MP dan aperture f/2.2, keseluruhan kamera belakang Samsung Galaxy M31 tersebut sudah didukung fitur LED flash, panorama, mau pun HDR. Selain itu juga ke empat kameranya mampu merekam video hingga 2160p@30fps dan 1080p@30fps yang dilengkapi fitur Electronic Image Stabilization agar gambar yang direkam tetap stabil meski pun ketika pengambilan bergoyang goyang, ditambah adanya AR Doodle mau pun AR Emoji.

Samsung Galaxy M31 juga diketahui membekali dirinya dengan chipset Exynos 9611 (10 nm) yang memiliki clock speed 2.3 Ghz, lalu menyematkan CPU Octa core dan GPU Mali-G72 MP3. Sehingga performa ponsel keluaran Samsung itu pun dapat memiliki kinerja yang lebih optimal ketika bermain beragam game berat antara lain Asphalt 9, AOV, PUBG, bahkan COD Mobile. Sedangkan untuk sistem operasi Samsung Galaxy M31 menggunakan Android 10.0 yang didukung dengan user interface OneUI 2.0.

Berbagai fitur lain yang terdapat pada smartphone tersebut antara lain Gesture, Always On, bahkan Dark Mode untuk memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya. Selain itu, Samsung Galaxy M31 sudah mendukung Bluetooth 5.0, port audio 3.5 mm, konektor USB type C, hingga speaker Dolby Atmos 360 untuk pengalaman audio yang lebih memuaskan. Sedangkan untuk fitur keamanan, smartphone yang akan dirilis bulan ini memiliki teknologi fingerprint.

Untuk kapasitas baterai, Samsung Galaxy M31 memiliki baterai sebesar 6000 mAh yang sudah didukung dengan teknologi Fast battery charging 15 watt. Tak hanya itu, Samsung Galaxy M31 memberikan dua pilihan kapasitas memori internal sebesar 64 GB dengan RAM berukuran 6 GB (LPDD4x) dan memori internal sebesar 128 GB dengan ukuran RAM yang sama 6 GB (LPDD4x). Didukung pula adanya UFS 2.1 dan slot microSDXC untuk menambah penyimpanan. Untuk warna Samsung Galaxy M31 menawarkan dua pilihan antara Ocean Blue dan Space Black.

Kelebihan Samsung Galaxy M31


Beberapa nilai plus yang dimiliki smartphone ini terdapat pada kamera depan yang beresolusi besar yakni 32 MP tersebut mampu merekam video secara slow motion, lalu untuk kamera belakang yang berukuran 64 MP dengan sensor pixel binning Tetracell juga telah didukung oleh teknologi phase detection autofocus mau pun Electronic Image Stabilization, AR Doodle, dan AR Emoji. Memiliki dua kapasitas memori internal yang besar yakni 64 GB dan 128 GB dengan RAM beukuran 64 GB juga UFS 2.1. Dapur pacu dilengkapi pula oleh chipset Exynos 9611 dengan sistem operasi Android 10.0 dan user interface OneUI 2.0. Kapasitas yang disematkan pun besar 6000 mAh dan sudah didukung teknologi fast battery charging 15 watt. Selain itu Samsung Galaxy M31 juga memiliki speaker speaker Dolby Atmos 360 dan USB Type C.

Kekurangan Samsung Galaxy M31


Bagian belakang bodi smartphone masih berbahan plastik dan harganya dibanderol cukup mahal sekitar Rp 3 jutaan. Fitur keamanan yang dimiliki pun terbatas, tidak terdapat face unlock.

Harga Samsung Galaxy M31


Jika kamu sudah merasa yakin untuk membeli smartphone tersebut yang dikabarkan akan rilis bulan ini sebagai smartphone Mega Monster, kamu harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit karena Samsung Galaxy M31 akan dibanderol harga mulai dari Rp 3 juta untuk RAM berkapasitas 4 GB dengan memori internal 64 GB. Lalu Rp 3,2 juta untuk RAM berkapasitas 6 GB dan memori internal 128 GB.