Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Mengubah Word ke Pdf Dengan Mudah

Bikin Tampilan File Makin Ajib Dengan Cara Mengubah Word Ke Pdf, Kamu Sudah Coba?

cara mengubah word ke pdf

Tahukah, sobat? Ternyata Cara Mengubah word ke pdf banyak orang yang belum paham, lho! Pasalnya, bagi mereka kedua file ini sama saja, padahal mempunyai karakteristiknya masing-masing. Sebagai contoh, file pdf ditengarai lebih permanen ketimbang word yang biasanya dapat diedit secara lebih lanjut.  

File pdf juga dinilai lebih banyak digunakan untuk dokumen yang sifatnya tidak bisa atau tidak perlu di edit lagi. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk pembuatan scan ijazah, surat resmi dan yang lainnya. Namun, bukan berarti word minim pengguna ya, sobat. Kamu bisa kok menjadikan keduanya sebagai Mitra jempolan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas. 

Terlebih bagi yang doyan nulis, atau mengerjakan tugas dari dosen misalnya, Word cukup bisa diandalkan. Namun, seringnya banyak yang terkendala ketika sending file. Banyak pihak yang me-request file harus dalam bentuk pdf. Nah, disini kamu tak perlu bingung, bisa kok Cara Mengubah word ke pdf hanya hitungan menit. Penasaran? 

Yakin Cara Mengubah Word Ke Pdf Kamu Sudah Betul? Cek Dulu Yuk! 


Mengubah file word menjadi pdf sebenarnya bisa dibilang cukup mudah. Kamu pun bisa melakukannya secara cepat dan efektif. Mengubah file ini digolongkan menjadi dua metode atau langkah. Yang pertama ialah via online dan cara kedua ialah via offline. Sudah siap untuk menyimak, mari meluncur!

Cara Ubah Dokumen Word Via Online


Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika mengubah tampilan word menuju pdf ialah manfaatkan google Drive. Atau yang lebih populer dengan sebutan G-Drive dan GD. Sudah tahu belum apa itu google Drive? Yap, sistem ini merupakan layanan cloud dari monsternya teknologi bernama Google. Yang mana bisa dipakai untuk menyimpan berbagai macam file maupun dokumen dengan bentuk yang beragam. 

cara mengubah word ke pdf


Yakni, bisa berupa foto, musik, video dan yang lainnya. Selain memiliki fungsi sebagai media penyimpanan, G-Drive juga bisa kamu optimalkan untuk mengedit sejumlah data. Termasuk pilihan untuk mengkonversikan word ke pdf. Berikut step by step yang bisa kamu terapkan. 


  1. klik login menuju drive.gogle.com untuk akses lanjut dengan akun google milikmu
  2. Upload dokumen word yang mana kamu edit menjadi file pdf terlebih dahulu menuju GD
  3. Open file yang telah kamu upload cukup dengan dobel klik pada file yang ingin kamu edit formatnya. Di poin ini, kamu bakal menerima tampilan file yang terbuka di tab baru, yakni di dalam halaman editor milik google docs. 
  4. Selanjutnya, klik tulisan  File kemudian cari opsi Download As dan pilih PDF Document
  5. Step berikutnya ialah, download file pdf di folder yang kamu perlukan. Dan file pdf ready to use alias siap diakses dengan mudah. 

Cara Ubah File Word Menuju Pdf Via offline



Repot lakukan cara mengubah word ke pdf dengan sistem online? Tak usah bingung, kamu juga bisa kok mengubah file tersebut melalui sistem offline. Cara ini tergolong cukup simpel dan bisa diterapkan  oleh siapa saja. Tak perlu tutorial ribet dan menjemukan. Bahkan, kamu tidak membutuhkan software khusus untuk menangani masalah ini. 

Sebagai informasi, Jika versi Microsoft Word kamu ada diatas 2007 kamu tak perlu menginstall add-in Microsoft save as Pdf atau XPS. Namun, jika versi yang kamu punyai dibawah versi 2007, install add-in nya terlebih dahulu, ya. Berikut rinciannya!

  1. Tekan tombol tab File atau logo Microsoft Office, khusus pengguna Microsoft office 2007, yang terdapat di samping kiri atas.
  2. kemudian pilih opsi Save As
  3. Selanjutnya, choose lokasi file agus dokumen yang kamu butuhkan. Di kolom file name, tuliskan nama untuk dokumen pdf milikmu. Cek pada kolom Save as type pilih PDF. Jangan salah tekan
  4. Beri tanda ceklist pada pilihan Open file after publishing. Namun, ini bersifat opsional sih. Apalagi jika kamu menghendaki tampilan file terbuka secara otomatis ketika telah di convert ke pdf, tak perlu tambahkan ceklist.
  5. Klik tombol Save. Tunggu beberapa saat, pasalnya semakin gedhe ukuran dokumen maka waktu yang dibutuhkan lumayan lama.
  6. Setelah rampung, file word kamu done diubah menjadi pdf

Sudah paham kan, Cara Mengubah word ke pdf ini. Atau justru kamu ingin melakukan sebaliknya? Daripada bingung, berikut rangkuman lengkapnya. 

Cara Mengubah File PDF Ke Word


cara mengubah file pdf ke word



Kini, mengubah atau mengkonversi file pdf menuju word ini bisa kamu lakukan dengan 3 langkah mudah. Tak usah berlama-lama, langsung saja yuk lihat detailnya. 

1. Manfaatkan Google Docs

  1. Pertama-tama, login dulu ke akun Google milikmu, selanjutnya masuk menuju G-Drive
  2. Upload file pdf menuju G-drive, tunggu proses ini hingga finish
  3. Setelah proses upload selesai, klik kanan pada pdf file yang ingin kamu convert. Pilih Open with dengan opsi Google Docs
  4. Perlu dicatat, di poin ini kemungkinan susunan file sedikit berubah. Tenang, perbaiki dulu dan jangan lupa untuk tekan tombol Save sebelum dikonversikan
  5. Selanjutnya, langkah untuk ubah dokumen word,  tekan File kemudian pilih tulisan download as pada Microsoft word. 

2. Pakai pdf2doc.com

  1. Open situs file Pdf to Doc kamu melalui link URL  pdf2doc.com.
  2. Setelah login, di bagian tab, pilih opsi Pdf to Doc atau tertulis Pdf to Docx
  3. Tekan pilihan Upload Files, dan klik file pdf yang bakalan kamu convert. Melalui sistem ini kamu bisa secara sekaligus mengupload banyak file, lho! 
  4. Dan, tunggu proses konversi hingga selesai. Setelah ini, download dokumen yang sudah kamu konversi dengan menekan tombol download. Jika ingin download banyak file pilih opsi download all.

3. Pakai Microsoft Office

Cara ketiga ini ialah dengan memaksimalkan WPS Office atau Microsoft Office. Caranya ialah sebagai berikut;
  1. Open WPS writer baru kemudian open file pdf
  2. Masuk pada menu special features dan tekan  pilihan Pdf to Word. Cara ini sebetulnya mirip, meski kamu adalah pemakai Microsoft office dengan versi minim 2013.
  3. Open file Pdf pada Microsoft Office, apabila muncul keterangan pop up, tekan saja tombol Ok. Setelahnya, tunggu hingga file terbuka secara sempurna. Dan, voilla! Dokumen siap diakses. Ingat, jangan lupa simpan dengan klik Save As. 
Microsoft Word memang sedari dulu dinilai sebagai aplikasi yang cukup mumpuni untuk hal tulis-menulis. Selain dirasa praktis, word mampu dikonversikan dan diedit dengan lebih mudah. Meski telah mengalami transformasi, versi asli word faktanya masih sangat disukai. Selain itu dokumen word ditengarai gampang diakses oleh siapapun karena formatnya cukup sederhana. Apakah kamu juga termasuk penggemar Microsoft word? 

Bagaimana menurut kamu? Mudah bukan cara konversi file ini? Semoga Cara Mengubah word ke pdf  ini bisa membantu kinerjamu ya! Masih bingung, aplikasikan segera! Dan lihat hasilnya.