Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resmi Meluncur Di Indonesia, Ini Dia Spesifikasi Nokia 5.3 Yang Diprediksi Bakal Diserbu Konsumen

Pada bulan Juni 2020 ini Nokia melalui produsen resmi Indonesia HMD Global, meluncurkan ponsel terbarunya yaitu Nokia 5.3. Produk yang digadang-gadang bakal jadi buruan pencinta ponsel pintar ini, punya sejumlah fitur menarik dengan harga hanya berkisar Rp. 2 jutaan saja. Anda penasaran seperti apa spesifikasi Nokia 5.3,  yang diklaim sebagai produk future proof  tersebut? ini ulasan lengkapnya!

Nokia 5.3

Di era awal 2000an Nokia sempat menjadi brand ponsel paling hebat, karena menghadirkan ponsel pintar yang paling lengkap di eranya saat itu dan kekuatan desain yang tahan lama. Tapi dengan semakin ketatnya persaingan, Nokia akhirnya dilindas oleh sejumlah brand dunia bahkan lokal yang menawarkan fitur lebih kekinian. Namun ternyata perlahan tapi pasti brand yang berasal dari Finlandia ini kembali bangkit, mencoba mensejajarkan diri dengan brand ponsel papan atas.

Dari Desain Hingga Mesin Mumpuni Ada di Nokia 5.3

spesifikasi nokia 5.3

Mari kita ulas dari bagian luarnya dulu, mulai dari beratnya yang tergolong ringan yaitu hanya 185 gram berdimensi 164,3 x 76,6 x 8,5 milimeter. Ponsel dengan banyak pilihan warna ini memiliki layar sentuh 6,55 inchi jenis Liquid Crystal Display (LCD), menggunakan teknologi in-plane switching (IPS). Kemudian sudah dilengkapi resolusi gambar mutakhir yaitu HD+, dengan ratio 20:9 ukuran 720x1600 pixels.

Ponsel yang masuk kategori phablet atau bezel-less phone ini, juga memiliki kamera selfie di bagian tengah atas layar depan, resolusinya sudah mencapai 8 MP dengan pengaturan hingga f/2.0. Sedangkan pada bagian belakang sudah terdapat empat kamera dengan resolusi menakjubkan sesuai kebutuhan pengguna, yaitu 2 MP untuk depth sensor, 5 MP untuk ultrawide, 2 MP untuk macro, dan 13 MP merupakan kamera utama.

Proteksi kamera agar tidak mudah tergores, menggunakan corning gorilla glass 3 yang sudah terbukti sebagai anti gores terbaik saat ini. Ditambah juga dengan 450 nits type yang bisa mengatur tingkat terang pada layar ponsel, tapi memang ini merupakan fitur tambahan yang bisa diambil ataupun tidak.

Sedangkan spesifikasi Nokia 5.3 untuk video didukung kapasitas resolusi 1080 pixels @30fps, cocok untuk Anda yang suka mengabadikan momen penting lewat video dan mengunggahnya ke media sosial. Juga untuk pekerja yang membutuhkan ponsel, sebagai sarana edit video sederhana. Karena tampilannya sudah cukup maksimal, apalagi kalau Anda mengkolaborasikannya dengan aplikasi video.

Lanjut pada dapur pacu menggunakan Qualcomm Snapdragon 665 ukuran 11 nm octa core, yang merupakan chip CPU terbaik untuk ponsel kalangan menengah. Kecepatan CPU yang diusung mencapai 4x2.0 GHZ Kryo 260 Gold, serta 4x1,8 GHz  Kryo 260 silver, bisa diadu dengan ponsel sejenis yang dikeluarkan oleh produk ternama saat ini.

Untuk Graphics Processing Unit (GPU) menggunakan Andreno 610, yang memiliki kecepatan dua kali lipat. Sehingga ponsel bisa menampilkan beberapa fitur dalam waktu bersamaan, tanpa buffering. Ini akan jadi keunggulan maksimal yang diminati pecinta game online, yang memanfaatkan ponsel sebagai penyaluran hobi mereka tersebut.

Kalau Anda butuh ponsel dua kartu dengan jenis kartu variatif, ini adalah jawabannya karena dilengkapi Nano SIM, dual SIM, dan dual standby yang bisa dipakai sesuai kebutuhan. Memori internalnya juga sudah sangat besar karena mencapai 64 GB, sangat cocok untuk yang menggunakan ponsel sebagai sarana bisnis atau pekerjaan utama kantor. Bahkan Anda bisa menambah memori eksternal yang bisa mencapai 512 GB. RAM, yang tersedia juga beragam RAM dari ukuran 3GB, 4GB, hingga 6GB.

Penasaran soal baterai dan daya tahannya? Spesifikasi Nokia 5.3 selanjutnya, menghadirkan baterai jenis Li-Po 4000 mAh yang bisa tahan hingga dua hari pemakaian. Bisa diatur dengan pengisian daya cepat, dengan menggunakan port USB type-c yang memiliki kecepatan 10 W. Jadi kalau baterai Anda habis, tak perlu waktu berjam-jam untuk menunggunya terisi penuh kembali.

Ponsel yang sudah bisa diorder melalui sejumlah marketplace ini, juga mendukung jaringan dari yang terendah yaitu 2G hingga 4G LTE yang paling banyak digunakan saat ini. Sehingga sangat memudahkan bagi pengguna yang beraktifitas mobile, dimana jaringan bisa dibuat dengan setting otomatis sesuai kondisi daerah dan kemungkinan hilang sinyal sangat minim.

Menyoal Operation System (OS) Nokia 5.3 menggunakan Android 10, atau Android one yang memungkinkan upgrade perangkat lunak Android untuk jangka waktu dua tahun. Selain itu juga dilengkapi update security, yang dilakukan berkala dalam rentang tiga tahun penggunaan.

Konektivitas Hingga Model Kekinian

Nokia 5.3

Semua orang yang punya ponsel pasti maunya memiliki konektivitas lengkap, sehingga ponsel bisa dihubungkan pada perangkat apapun. Menjawab kebutuhan tersebut, spesifikasi Nokia 5.3 memberikan sejumlah pilihan konektivitas seperti Wifi 802.11b/g/n/ac. Juga Wifi direct, hotspot, bluetooth, untuk yang ingin memindahkan data tanpa perkabelan yang rumit. Atau jika ingin menghubungkan ponsel ini ke komputer, juga bisa pakai port USB 2.0 atau USB on the go.

Ponsel yang merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya ini juga memiliki konektivitas Global Positioning System (GPS) dengan dukungan A-GPS, BDS dan Global Navigation Satellite System (GLONASS).  Jadi memiliki jangkauan global yang lebih lengkap, ketimbang ponsel setipe lainnya. Seandainya GPS tidak maksimal, GLONASS atau BDS bisa menyempurnakan pencarian lokasi Anda.

Kelengkapan konektivitasnya juga ditunjang dengan near field communication (NFC), yang bisa digunakan untuk banyak kebutuhan. Cukup mendekatkan ponsel pada barcode tertentu, aktivitas bisa dilakukan lebih mudah. Misalnya pembayaran dengan menempelkan ponsel, pada alat deteksi di sebuah pusat perbelanjaan. Bahkan fitur ini lebih mudah dipakai, ketimbang bluetooth menurut sejumlah pengguna ponsel pintar.

Lanjut pada model ponsel keluaran Nokia terbaru tahun 2020 ini, yaitu TA-1223, TA-1229, TA-1227, dan TA-1234. Terlihat elegan dengan tiga pilihan warna kekinian charcoal, cyan, dan sand, Anda tinggal pilih warna yang diinginkan.

Ada lagi fitur tambahan yang juga tak kalah menarik yaitu FM radio yang bisa dimanfaatkan, ketika bosan dengan aktivitas internet dan telepon. Atau ketika berada dalam perjalanan jauh dan ingin mendengar siaran radio daerah setempat. Tinggal aktifkan fitur radio dengan suara super jernih bahkan bisa loudspeaker, disambungkan ke perangkat lain seperti audio mobil kesayangan Anda.

Fitur lainnya untuk menunjang keamanan dan proteksi ponsel adalah sensor fingerprint, jadi ponsel hanya bisa diutak-atik menggunakan sidik jari pemiliknya saja yang bisa diatur melalui menu pengamanan ponsel. Kemudian akselerometer yang mempermudah penggunaan menu dan fitur lainnya pada Nokia 5.3. Misalnya Anda ingin menstabilkan gambar, tinggal aktifkan akselerometer dan blur  akan hilang.

Demikianlah spesifikasi Nokia 5.3 secara lengkap, kalau Anda kepincut dengan si elegan yang satu ini tinggal beli langsung ke berbagai gerai ponsel atau marketplace yang sudah bekerjasama dengan brand tersebut. Karena usut punya usut saat ini saja sudah banyak request calon pembeli, yang masih harus menunggu produk tersebut dikeluarkan secara resmi 30 Juni 2020.