Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

Ternyata ada banyak banyak cara yang menjanjikan untuk mengais rejeki dari Internet mulai dari pekerjaan yang sederhana hingga yang membutuhkan keahlian yang rumit sekalipun. Teknologi berkembang begitu pesat dan seakan-akan tak terbendung. Internet telah memberikan banyak kemudahan dan fleksibilitas dalam kehidupan sehari-hari dan telah merubah perilaku dan kebiasaan manusia yang benar-benar berbeda ketika belum adanya teknologi ini. Misalnya trend berbelanja online, transaksi finansial secara online dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan melalui teknologi ini.

cara mendapatkan uang dari internet

Hampir semua orang di seluruh penjuru dunia  pasti sudah melek teknologi dan menggunakan internet baik untuk keperluan kerja maupun sekedar mencari informasi di dunia maya. Tapi tahukah anda bahwa internet juga bisa gunakan sebagai media untuk mendapatkan penghasilan atau uang tambahan? Ini adalah kesempatan emas bagi orang-orang yang ingin memanfaatkan internet sebagai sumber penghasilan tambahan, syukur-syukur bisa dijadikan sebagai sumber income utama.

Banyak informasi yang beredar di luar sana tentang bagaimana mandapatkan uang dan penghasilan tambahan melalui dunia maya. Namun yang harus diperhatikan adalah informasi yang didapat baik melalui media digital ini haruslah yang benar-benar akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena akhir-akhir ini banyak kasus penipuan yang terjadi di media elektronik ini.

Nah, berikut ini adalah 5 cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.

Youtube Channel

cara mendapatkan uang dari internet

Siapa sih yang tidak pernah menonton video di Youtube? Hampir semua orang pernah sesekali menyimak video apapun di Youtube. Baik itu video pembelajaran, berita dunia yang lagi hangat, komedi, talkshow atau video-video lainnya yang semua hampir tersedia di kanal ini. Nah, kanal ini adalah ladang bagus yang bisa menjadi media untuk mengisi pundi-pundi uang. Bayangin aja ada sebanyak 5 milyar orang lebih yang menonton video setiap harinya. Jadi, bagi kalian yang suka buat konten-konten video dan diunggah di channel youtube ini dan mulailah menghasilkan uang. Konten video bisa berupa sesuatu yang menarik, yang bisa buat penonton tertarik untuk menonto video-video tersebut. Jadi syarat utamanya adalah konten video yang unik, menarik, dan bermanfaat bagi yang ingin menontonnya. Disebutkan bahwa beberapa orang hingga artis ibukota berhasil meraup ratusan juta rupiah dari unggahan konten-konten video yang mampu menyedot perhatian banyak orang. sebut saja Atta Halilintar, Baim Wong, Raffi Achmad dan masih banyak lagi. Yang ingin mengikuti jejak mereka sebagai youtuber terkenal bisa langsung mencoba buat akun youtube channel dan unggak video-video yang unik dan menarik ya.

Penulis artikel paruh waktu

cara mendapatkan uang dari internet

Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi dengan menulis bisa menghasilkan uang. Nah, siapa sih yang tidak senang dengan mengerjakan hobby atau sesuatu yang disenangi hingga menjelma menjadi sumber penghasilan. Bersyukurlah bagi yang mempunyai keahlian menulis baik dalam bahasa Indonesia apalagi dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Ini adalah modal awal untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa website yang bisa dijadikan rujukaan yang menawarkan jasa penulis lepas agar bisa memproduksi artikel-artikel yang berbobot sesuai standar mereka. Sebut saja misalnya IDNTIMES. Di halaman komunitas penulis ini topik yang bisa dipilih untuk menjadi bahan penulisan nanti misalnya ada artikel news, opinion, berita dunia dan masih banyak lagi kategori yang menarik lainnya. Ciri khas dari artikel IDNTIMES adalah artikel listicle dan narasi namun jenis artikel listcle lebih banyak mendominasi halaman berita di media ini. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari media ini? Nah, setelah memutuskan jenis artikel apa yang akan ditulis, selanjutnya mulailah menulis artikel dengan menggunakan jenis listicle atau narasi. Artikel yang sudah jadi bisa langsung dikirim ke tim editor, setelah melalui proses editing, artikel yang sudah memenuhi kualifikasi dan standard minimum akan bisa langsung terbit. Sedangkan artikel yang masih memerlukan revisi atau perbaikan akan dikembalikan ke penulis dan dikirim kembali ke editor untuk diterbitkan. Hebatnya di media ini adalah penulis bisa menulis di versi desktop dan mobile phone berbasis android iOS. Jadi, ketika penulis sedang menulis di telpon genggam, tulisan yang belum selesai bisa disimpan di bagian draft dan akan dilanjutkan lagi di lain waktu. Begitu juga untuk versi desktop. Selain itu, penulis juga bisa memanfaatkan website ini www.projects.co.id atau www.freelancer.co.id untuk memulai menulis. Pada intinya, tulisan yang unik dan kreatif akan dengan mudah menyedot perhatian pembaca di media online sehingga pundi-pundi rupiah pun akan mengalir.

Afiliate marketing online

cara mendapatkan uang dari internet

Tidak banyak yang tahu kalo afiliate marketing juga bisa menghasilkan uang bahkan bisa mencapai puluhan juta dengan hanya copy dan paste link yang sudah disediakan di website yang akan dipromosikan. Salah satu contoh website yang  banyak menawarkan pekerjaan jenis ini adalah www.clickbank.com. Ini adalah sebuah halaman web marketplace dimana sebuah bisnis dipromosikan. Pertama-tama harus membuka akun dulu sebelum melakukan promosi di halaman ini. Salah satu yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi bisnis haruslah mempunyai rekening akun paypal untuk menerima proses pembayaran dari hasil afiliasi. Bagi yang belum punya rekening paypal bisa membuka akun di halaman www.paypal.com. Secara teknis pengunjung diharuskan masuk dengan username dan password yang dimiliki, lalu pilih bagian afiliate marketing dan selanjutnya pilih kategori yang ingin dipromosikan. Jika ingin mencari produk spesifik yang akan dipromosikan bisa menggunakan di mesin pencarian yang berada di posisi paling atas dan mulai untuk melakukan promosi afiliasi. Lalu bagaimana bisa mendapatkan uang? Dengan link yang kita tempelkan di media sosial dan ada yang membeli produk yang dipromosikan tadi, maka secara otomatis akan mendapatkan komisi penjualan bahkan bisa dapat recurring income dari hasil penjualan tersebut. Menarik bukan!

Mengajar online

cara mendapatkan uang dari internet

Bagi kalian yang mempunyai keahlian di salah satu mata pelajaran di sekolah mungkin bisa mengajar secara daring. Nah, pekerjaan ini sangat cocok sekali disaat para pelajar sedang dalam keadaan berada di rumah sehingga mereka bisa belajar dari rumah. Ada banyak aplikasi video conferencing yang biasanya dipakai bagi para pengajar online. Salah satunya adalah Aplikasi Zoom yang disebutkan bahwa pengoperasian dan fitur-fitur menu lebih sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu, ada beberapa online platform seperti ruangguru.com atau quipper.com yang sering membuka lowongan pekerjan mengajar secara daring. Mungkin bisa menjadi alternative. 

Mejual barang online

cara mendapatkan uang dari internet

Berjualan secara online di media sosial bisa menjadi alternatif untuk mengasilkan uang. Walaupun cara ini bisa dikatakan masih konvensional akan tetapi sudah banyak orang yang berhasil berjualan di media ini baik itu menawarkanjasa ataupun menjual barang konsumtif untuk kebutuhan sehari-hari. Tempat berjualan yang paling diburu adalah di media sosial seperti facebook atau instagram.

Berani coba salah satu dari 5 cara mendapatkan uang dari internet di atas? Yakinlah bahwa jika cara tersebut diatas dilakukan secara konsisten dan percaya diri, penghasilan akan segera mengikuti. Semoga bermanfaat!