Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Ampuh Merawat Smartphone Agar Tetap Awet dan Performa Tetap Terjaga

 

cara merawat smartphone


Cara Merawat Smartphone Agar Tetap Awet - Smartphone merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan manusia. Yang artinya manusia tidak bisa terlepas dari smartphone meski hanya satu hari saja. Terlebih karena dengan keberadaan smartphone ini dapat membantu dan memudahkan kegiatan sehari-harinya.

Maka dari itu, perlunya mengetahui bagaimana cara merawat sebuah smartphone agar tetap awet dan performanya tetap terjaga meski digunakan setiap hari. Dan jika kamu ingin smartphone lebih tahan lama, berikut sabineblog.com akan mengupas tuntas semuanya dengan beberapa penjelasannya di bawah ini.

1. Hindari penggunaan smartphone sambil di-charger

jangan menggunakan smartphone sambil di charge


Untuk menjaga performa HP dari sisi baterai, kamu harus menghindari penggunaan smartphone tatkala sedang mengisi daya. Mengapa hal ini tidak boleh dilakukan? Karena salah satu tindakan yang membuat performa HP menurun adalah penggunaan HP ketika suhunya sedang panas.

Pasalnya, suhu panas akan muncul bisa terjadi karena proses charging ataupun ada aplikasi yang memaksa prosesor terlalu tinggi dan penggunaan RAM terlalu besar. Tidak hanya itu, menggunakan HP sembari di-charger pun bisa menyebabkan koneksi internet lemot.

2. Tingkat rasio charger yang salah

rawat baterai dengan cara mencharge yang benar


Kebanyakan dari kita pasti tidak menyadari bahwa terlalu sering membiarkan smartphone dalam keadaan baterai yang terlalu lemah akan membuat kinerja baterai semakin menurun dan tidak tahan lama. Dan maksud rasio di sini adalah jangan membiarkan baterai HP-mu dalam keadaan terlalu kosong atau terlalu penuh. 

Dalam artian, cobalah untuk menerapkan maksimal mentok di angka 40%, lalu lakukan pengisian daya hingga penuh secara berkala. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan jika HP-mu bertipe lithium, maka lebih baik untuk sering di-charger dibanding membiarkannya kosong. Perlu diketahui bahwa rasio semacam ini dipercaya dapat memperpanjang usia baterai smartphone, lho.

3. Gunakan pelindung smartphone layar tambahan

gunakan pelindung layar smartphone Anda


Rawannya kecelakaan yang akan terjadi pada sebuah smartphone, mengharuskan kamu untuk melindungi layar smartphone-mu dengan pelindung tambahan. Sebab smartphone akan cepat rusak jika terlalu sering terbentur atau tergores.

Maka dari itu, untuk menjaga performa layar smartphone, gunakalan temepered glass guna melindungi layar smartphone-mu. Sehingga tindakan ini akan mengurangi kemungkinan layar tergores ataupun pecah. Sementara untuk bagian belakang, kamu bisa menggunakan soft case yang beragam sesuai dengan kebutuhanmu. 

4. Menjaga smartphone dari serangan virus dan malware

lindungi smartphone Kamu dari serangan Virus dan Mailware


Tidak hanya pencegahan dari luar saja, kamu pun harus memperhatikan pencegahan dari dalam. Maksudnya adalah serangan dari virus dan malware dapat merusak aplikasi dan tentunya mampu menurunkan performa smartphone. Oleh karenanya, kamu pun harus melakukan pencegahan ini.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa menggunakan atau memasang antivirus terbaik untuk smartphone-mu. Sehingga keberadaan virus akan terdeteksi dan otomatis dihapus. Jangan lupa, usahakan untuk tidak mengunduh aplikasi yang bersumber dari website, sebab biasanya seringkali menimbulkan virus dan Malware yang berbahaya bagi smartphone-mu.

5. Jauhkan smartphone dari alat elektronik dan medan magnet

jauhkan smartphone dari barang elektronik dan magnet


Untuk menjaga performa layar agar tetap awet dan tahan lama, cobalah untuk menjauhkan smartphone-mu dari alat elektronik dan medan magnet lainnya. Sebab sensitivitas dari layar smartphone dapat menurun jika sedang berdekatan dengan medan magnet yang dihasilkan alat-alat elektronik. 

Dan ketika sensitivitas layar menurun, maka kemungkinan besar layar smartphone akan menjadi lebuh cepat rusak. Maka dari itu, kamu harus lebih memperhatikan peletakan smartphone-mu. Jangan disimpan sembarangan, karena hal ini juga untuk menjaga smartphone-mu agar tetap awet dan tahan lama.

Demikianlah penjelasan mengenai 5 cara merawat smartphone agar tetap awet dan performanya tetap terjaga. Perlakukan smartphone-mu sebaik mungkin, agar ketahanannya semakin terjaga dan kamu tidak perlu gonta-ganti HP dalam waktu yang singkat.