Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fitur Tersembunyi yang Terdapat Pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra, Sudah Tahu?

fitur samsung galaxy note 20 ultra

Fitur Tersembunyi di Samsung Galaxy Note 20 Ultra - Tepat pada bulan Agustus lalu, Samsung meluncurkan smartphone kuat dan canggih yang mampu menghadirkan banyak fitur baru ke lini Note untuk para penggunanya. Dari berbagai sisi dan berbagai tampilan, Samsung Galaxy Note 20 Ultra sangat minus kekurangan.

Seperti yang telah diketahui, banyak orang telah menilai bahwa S Pen yang dimiliki Samsung Galaxy Note 20 Ultra ini memiliki latency hanya 9ms serta bisa digunakan sebagai pengendali ponsel lewat gestur di udara. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang paling menonjol bagi penggemar smartphone Samsung.

Selain itu, fitur lain seperti Audio Boormark yang terdapat pada S Pen Galaxy Note 20 Ultra sangat memungkinkan penggunanya untuk mencatat tulisan sekaligus merekam audio. Berbagai fitur yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra memang berhasil membuat penggunanya merasa puas dengan kelebihan-kelebihan yang dihasilkan dari fitur-fitur tersebut.

Namun, meskipun banyak orang tahu bahwa Samsung Galaxy Note 20 Ultra telah dibekali dengan kecanggihan teknologi mumpuni dari berbagai sisi, akan tetapi beberapa fitur di bawah ini ternyata tidak banyak orang yang mengetahuinya. Penasaran fitur tersembunyi apa saja yang dimiliki Samsung Galaxy Note 20 Ultra? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Mode Always-On Display

mode always on display samsung galaxy note 20 ultra

Salah satu fitur yang telah banyak dijumpai pada smartphone flagship saat ini ialah adanya fitur mode Always-On. Dengan mengaktifkan mode ini, siapa pun penggunanya dapat melihat waktu, notifikasi, hingga persentase daya pada kondisi layar yang sedang terkunci. 

Pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra, pengguna dapat memodifikasi fitur ini dengan cara mengakses menu Settings, memilih pilihan Lockscreen, lalu mengetuk opsi Always on display. Hal menarik lainnya, pengguna dapat dengan leluasa mengubah jenis jam serta ragam warna yang akan ditampilkan pada layar lockscreen.

2. Mengatur jumlah notifikasi pada layar

mengatur jumlah notifiaksi layar pada samsung galaxy note 20 ultra

Sebagaimana smartphone flagship lainnya yang setiap harinya tentu akan menerima notifikasi dari berbagai aplikasi maupun masuknya pesan singkat lewat SMS, Samsung Galaxy Note 20 Ultra secara otomatis membatasi jumlah notifikasi yang akan ditampilkan pada layar status bar menjadi tiga notifikasi.

Ya, meskipun terbilang sedikit dan sangat dibatasi, akan tetapi masalah ini masih dapat diselesaikan dengan cara yang sangat mudah. Di mana penggunanya hanya cukup mengakses menu Settings atau pengaturan, lalu memilih opsi Notifications, dan yang terakhir dilanjutkan dengan mengetuk opsi Status Bar yang bertujuan untuk mengubah jenis notifikasi dari aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan pada status bar.

3. Hilangkan tombol navigasi

hilangkan tombol navigasi samsung galaxy note 20 ultra

Jika berbicara tentang tombol navigasi, ternyata masih ada sebagian orang yang masih awam dan tidak tahu bagaimana caranya menghilangkan tombol navigasi yang mungkin dirasa sedikit mengganggu. Nah, pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra secara default menampilkan tiga tombol navigasi yang terdiri dari Home, Back, dan App Switcher.

Meskipun kehadiran ketiga tombol navigasi ini sangat membantu pengguna dalam mengoperasikan ponselnya, akan tetapi Samsung Galaxy Note 20 Ultra juga menawarkan fitur yang sangat sederhana dan tentunya akan lebih mempermudah pemakaian ponsel, yakni fitur yang berbasis gestur gerakan jari.

Di mana pada saat fitur ini diaktifkan, maka pengguna hanya cukup mengusap layar untuk menutup aplikasi dan berpindah ke aplikasi lainnya. Berikut cara mudahnya di bawah ini:

• Akses menu Settings atau pengaturan

• Pilihlah opsi Display

• Pilihan menu "Swife gestures" pada opsi Navigation Bar

Tiga langkah ini dapat Anda lakukan tanpa meminta bantuan orang lain, karena caranya memang sangat mudah. Bahkan, menariknya, jika Anda menjadi salah satu pengguna dari Samsung Galaxy Note 20 Ultra, maka Anda akan menjumpai panduan lengkap dengan berbagai ilustrasi animasi untuk menunjukkan bagaimana cara kerja dari fitur gestur tersebut.

4. Refresh rate hingga 120Hz

refresh rate samsung galaxy note 20 ultra

Sebagaimana yang telah diumumkan pihak Samsung bahwa antara Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra sama-sama mengusung spesifikasi yang hampir serupa. Bedanya, spesifikasi pada Galaxy Note 20 Ultra sedikit lebih ditingkatkan dengan teknologi yang lebih mumpuni, seperti komponen layar yang memiliki refresh rate lebih tinggi, yakni 120 Hz

Dalam pemakaian normal, Galaxy Note 20 Ultra akan menjalankan mode refresh pada 60 Hz. Namun, jika pengguna mengaktifkan Adaptive Motion Smoothness yang terdapat di menu Settings, maka secara otomatis refresh rate tersebut akan berubah menjadi 120 Hz apabila handphone mendeteksi adanya kegiatan intens, seperti menggulir email ataupun laman web yang panNamun, dengan mengaktifkan Adaptive Motion Smoothness di menu Settings, refresh rate tersebut akan berubah secara otomatis menjadi 120Hz apabila ponsel mendeteksi adanya kegiatan intens, seperti ketika menggulir e-mail atau laman web yang panjang.

Perlu diketahui, di balik kelebihan dari tingginya refresh rate yang dimiliki Samsung Galaxy Note 29 Ultra, akan tetapi fitur ini akan menguras lebih bayak data baterai. Sebab semakin tinggi tingkat refresh rate, maka akan semakin besar pula daya baterai yang dibutuhkan.

5. Alarm S Pen

alarm s pen pada samsung galaxy note 20 ultra


Note's S Pen merupakan salah satu fitur yang menjadi andalan Samsung Galaxy Note 20 Ultra dalam menggaet hati banyak orang. Dan menariknya, fitur ini sangat mudah untuk dibiarkan tetap di suatu tempat. Seperti halnya tombol S Pen yang mudah diatur sebagai shortcut untuk memanggil aplikasi tertentu, maka pengguna pun bebas menentukan fungsi apa saja yang akan dijalankan oleh gerakan-gerakan ini. Karena Gestur Air Actions pada Galaxy Note 20 Ultra telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan, caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuka menu Pengaturan, lalu  pilih fitur lanjutan, S Pen dan gulir ke bawah pada bagian Penghapusan, dan di situlah Anda akan menemukan opsi yang biasa disebut Peringatan kedekatan pena. Setelah itu, lalu hidupkan.

Bilamana Anda sebagai pengguna meninggalkan S Pen di atas kasur atau bahkan terjatuh di antara kursi dan meja, maka telepon akan berbunyi bip saat Anda mulai berjalan pergi untuk keluar dari jangkauan. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan?

6. Penambahan keamanan ekstra untuk memilih opsi aplikasi Folder Aman

kemanan ekstra samsung galaxy note 20 ultra


Selain beberapa fitur yang telah disebutkan di atas, Samsung Galaxy Note 20 Ultra pun memiliki fitur Notes Secure Folder yang berfungsi untuk menjaga keamanan informasi pribadi pengguna ataupun hal lainnya yang berkaitan dengan , makaprivasi Anda dapat menguncinya dengan kode sandi atau pola yang lain. 

Untuk menggunakan fitur Notes Secue Folder ini sangat mudah. Anda dapat mencobanya dengan melakukan berbagai tahapan di bawah ini:

• Buka menu Pengaturan

• Pilih opsi Biometrik dan keamanan

• Lalu, folder akan aman untuk menjalankan proses penyiapan

Tiga langkah ini sangat mudah diaplikasikan. Dan dari fitur ini juga Anda dapat menginstal aplikasi serta menyimpan file dan foto. Hal ini dilakukan seperti Anda sedang menggunakan telepon yang sama sekali berbeda.

7. Mengunci letak aplikasi beserta widget pada homescreen

megunci home screen samsung galaxy note 20 ultra

Mengunci letak aplikasi dan widget pada homescreen merupakan salah satu hal sepele, namun berakibat lumayan besar. Sebab jika letak aplikasi dan widget tidak dikunci, maka Anda akan kesulitan menemukan letak aplikasi yang kembali acak-acakan atau tidak sesuai dengan seperti yang Anda inginkan.

Oleh karenanya, Samsung Galaxy Note 20 Ultra hadir sebagai solusi yang memungkinkan Anda untuk mengunci tata letak homescreen dan menyimpan semuanya persis berada di tempat yang Anda tinggalkan. 

Untuk mencoba fitur ini, Anda dapat mencoba beberapa langkah di bawah ini:

• Tekan layar dengan waktu lumayan lama di tempat kosong di layar beranda ponsel

• Ketuk menu Pengaturan Layar Beranda saat opsi muncul.

• Carilah Lock Home screen layout

• Lalu, ketuk sakelar untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Jika fitur ini diaktifkan, maka Anda sebagai pengguna akan melihat pengingat muncul di layar ponsel setiap kali Anda mencoba memindahkan ikon aplikasi. Dan barangkali Anda sering menyerahkan ponsel kepada anak untuk menonton video, maka fitur ini adalah sahabat terbaik Anda.

Nah, itulah beberapa fitur tersembunyi yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Jika Anda merupakan salah satu pengguna smartphone flagship canggih ini, alangkah beruntungnya Anda dapat mencoba beberapa fitur menarik di atas. Selain ketujuh fitur di atas, masih banyak beberapa fitur lainnya yang bisa Anda temukan di Samsung Galaxy Note 20 Ultra. Selamat mencoba.