Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Transformasi Bentuk Televisi Dari Dulu Hingga Sekarang, Bukti Nyata Teknologi Nggak Ada Matinya!

transformasi bentuk televisi



Transformasi Teknologi Dari Masa ke Masa - Kemajuan teknologi dari masa ke masa memang membawa pembaharuan yang lebih baik di dunia ini. Berbagai sisi kehidupan manusia sangat terbantu oleh keberadaan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Salah satunya termasuk pada kehadiran televisi yang mungkin bagi sebagian orang telah menjadi kebutuhan primer dalam hidupnya. Namun, terlepas dari semua itu, pernahkah kamu berpikir bagaimana transformasi bentuk televisi dari dulu hingga sekarang? Jika belum pernah terpikir dan tidak terbayangkan, berikut di bawah ini sabineblog.com telah mengumpulkan beberapa transformasi bentuk televisi dari dulu hingga saat ini.

1. Televisi berbentuk radio (1930)

televisi radio


Sebelum tahun kemerdekaan, tepatnya pada tahun 1930, televisi memiliki bentuk agak sedikit absurd yaitu berbentuk radio. Pasalnya, di masa itu keberadaan radion sangat populer sekali. Oleh karenanya, inilah masa pertama kali kemunculan sejarah televisi.

2. Televisi layar putih (1940)

televisi hitam putih


Beranjak ke tahun 1940 yang mengalami pembaharuan, yakni berupa televisi layar putih. Meskipun warnanya hitam putih tidak jelas, akan tetapi pada masa itulah awal sejarah kejayaan televisi di dunia selepas berakhirnya perang dunia kedua.

3. Munculnya beberapa televisi berwarna (1950)

televisi berwarna


Perkembangan televisi pada tahun 1950 semakin meningkat. Pada masa ini telah hadir televisi dengan layar yang berwarna, akan tetapi hanya bisa ditemukan di para petinggi dan pejabat kelas menengah ke atas. Namun, karena keberadaannya masih sangat terbatas, maka harga televisi saat itu dibanderol dengan angka yang sangat fantastis dan tentunya tidak sembarang orang bisa memilikinya.

4. Desain TV dilengkapi dengan kaki-kaki meja (1970)

televisi meja


Pada tahun 1970, televisi memiliki bentuk dengan desain lengkap beserta meja yang memanjang. Entah apa yang melatar belakangi terbentuknya desain televisi saat itu. Namun, sisi positifnya adalah pada masa ini pun jumlah televisi yang berwarna semakin bertambah banyak. 

5. Saluran TV mulai jernih dengan munculnya kabel (1980)



Munculnya sebuah kabel dengan tujuan untuk lebih memperjernih siaran televisi dan tentunya memperluas channel, itu terjadi pada tahun 1980. Seketika itu, penemuan kabel oleh seorang warga Amerika ini menyebar sangat cepat. Sehingga semakin banyak orang yang menggunakan televisi kabel.

6. Model TV berbentuk tabung (1990)

televisi tabung


Sebelum menginjak era 2000, pada tahun 1990 sudah mulai bermunculan model televisi dari berbagai merek. Ada yang berbentuk tabung, akan terapi belum berbentuk slim. Selain itu, kemunculan berbagai merek televisi di masa ini pun didukung dengan teknologi yang bernama Cathode-Ray Tubes (CRT). Kalau di masa sekarang mungkin bisa dibilang remote.

7. Hadirnya tipe TV LCD (2000)

TV LCD


Menginjak era yang lebih maju, mulai bermunculan televisi LCD yang mampu menghadirkan kualitas layar yang jernih dan bagus. Di tahun 2000 pun bentuk televisi sudah semakin tipis dan menariknya adalah tidak perlu lagi memasang antena do luar rumah. 

8. Munculnya fitur tambahan 3DTV (2010)

TV dengan fitur 3DT


Sementara pada tahun 2010, tidak hanya bertambah banyaknya jumlah televisi dengan kualitas yang semakin bagus. Akan tetapi pada masa ini pun muncul fitur tambahan 3DTV yang membuat tampilan serta gambar yang dihasilkan pun semakin modern dan jernih. Dengan fitur 3DTV inilah penonton akan merasa tampilan televisi seakan-akan benar-benar nyata. Wah, menarik sekali ya.

9. TV transparan (2020)

TV Transparan


Di tahun 2020 yang sedang kita jalani ini, teknologi kembali membawa perubahan baru di dunia pertelevisian, yakni dengan munculnya TV transparan yang sebelumnya tidak pernah terbayang konsep televisi seperti itu. 

Ya, vendor besar Xiaomi berhasil menciptakan TV transparan yang saat ini sudah mulai dipasarkan di beberapa negeri maju lainnya. Sementara untuk Indonesia, dari kabar yang beredar katanya akan dipasarkan dalam waktu dekat ini.

Demikianlah beberapa transformasi teknologi di dunia pertelevisian dari masa ke masa. Melihat sejarah televisi ini, bisa diperkirakan bahwa dunia teknologi memang tidak ada matinya. Selalu ada perubahan dan terobosan baru setiap tahunnya.