Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mengatasi Notifikasi Smartpone yang Tidak Muncul

Notifikasi pada smartphone tentu sangat bermanfaat terutama untuk memberi tahu pengguna adanya pesan yang diterima. Sayangnya notifikasi ini juga seringkali bermasalah yakni tidak muncul di layar. Jika ini terjadi maka Anda bisa melewatkan pesan penting yang sewaktu-waktu bisa kita terima. Penting untuk tahu bagaimana tips mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul di layar. Sehingga kapanpun dan dimanapun Anda tetap bisa terhubung dengan pesan-pesan yang diterima.

Smartphone canggih sekalipun biasanya tak luput dari masalah ini. Meski kita bisa mengeceknya di pengaturan namun terkadang ada juga yang harus menggunakan cara lain. Berikut beberapa langkah yang bisa membantu Anda untuk kembali memunculkan notifikasi pada layar smartphone. Cara ini bisa dilakukan di berbagai merk smartphone.

cara mengatasi notifikasi yang tidak muncul di HP

5 Tips Mengatasi Notifikasi Smartphone yang Tidak Muncul

1. Matikan Fungsi Optimalisasi Baterai

Tips mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul yang pertama adalah dengan mematikan fungsi optimalisasi baterai. Anda bisa menonaktifkan kemampuan optimalisasi daya baterai ataupun kemampuan adaptifnya. Alasannya adalah ketika fitur ini aktif maka smartphone bisa dengan otomatis mengurangi kinerja dari sejumlah aplikasi. Tak jarang aplikasi yang dianggap jarang dipakai akan dinonaktifkan atau diistirahatkan. Sebab ini akan berimbas pada masuknya notifikasi. Matikan fungsi optimalisasi baterai meski tampilannya menjadi sedikit berbeda dan bergantung pada tipe smartphone. Caranya, bukan settings, pilih battery dan pilih nonaktifkan battery optimazation.

2. Cermati Fitur Hemat Data

Ada hal lain yang bisa Anda perhatikan dalam mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul. Cermati fitur hemat data. Jika fitur ini aktif maka biasanya fungsi data yang ada di background juga akan diberhentikan sehingga notifikasinya pun tidak akan muncul. Tips mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul dengan cara ini adalah buka menu settings, piliih network, buka data usage. Setelahnya, pilih menu matikan tombol data saver.

3. Aktifkan Background Data

Background data dan fitur hemat data tentu berbeda. Tips mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul bisa dengan mengecek background data yang mana ada di masing-masing aplikasi. Hal ini tentu diperlukan agar tiap aplikasi diizinkan untuk tetap mengakses data meskipun Anda tidak menggunakannya sehingga notifikasi bisa muncul. Caranya adalah dengan kunjungi menu settings dan buka Apps. Setelah itu pilih aplikasi yang akan dicek, buka data usage kemudian aktifkan tombol background data.

4. Atur Ulang Aplikasi

Mengatur ulang aplikasi yang ada di dalam smartphone bisa jadi salah satu cara mudah. Ketika sulit menerima notifikasi, Anda bisa mengatur ulang aplikasi tersebut dengan cara buka menu settings, pilih Apps dan pilih aplikasi. Jika muncul pilihan lagi, pilih clear cache. Anda juga bisa menghapus aplikasi tersebut kemudian memasangnya lagi agar bisa memastikan bahwa cache terhapus. Jika belum bisa dilakukan maka ada kemungkinan masalahnya bisa berasal dari aplikasi yang Anda gunakan. Tunggu pembaruan dari pihak pembuat aplikasi.

5. Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi

Notifikasi yang tidak muncul di layar smartphone tidak melulu disebabkan dari smartphone tersebut. Bisa jadi dari aplikasi yang Anda gunakan. Sehingga tak ada salahnya untuk mengecek pengaturan notifikasi aplikasi apakah memang dimatikan atau tidak. Jika memang notifikasi pada aplikasi tertentu dimute maka atur lagi menjadi enabled agar notifikasi bisa Anda terima.

Beberapa tips mengatasi notifikasi smartphone yang tidak muncul ini bisa Anda lakukan satu per satu. Cek pembaruan aplikasi juga untuk memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru. Sebab, alasan mengapa notifikasi tidak muncul bisa jadi dari versi lawas yang harus diperbarui.