Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Black Shark 3S Spesifikasi Smartphone Penunjang Kebutuhan Gaming

spesifikasi hp Black Shark 3S

Menjelang akhir tahun, Xiaomi tidak pernah surut untuk senantiasa menghadirkan smartphone terbarunya dari berbagai kelas, mulai dari entry-level, smartphone gaming, hingga flagship. Selepas berhasil menerjunkan Black Shark 3 Pro di pasar smartphone, tepat pada awal bulan Agustus lalu, Xiaomi kembali membawa inovasi baru lewat Black Shark 3S.

Black Shark 3S, sebuah brand smartphone gaming yang tercipta dari hasil kerja sama antara Xiaomi dengan Tencent Games. Pada kuartal ketiga tahun 2020, dunia teknologi memang selalu diwarnai dengan beberapa vendor besar smartphone yang berlomba-lomba menciptakan smartphone gaming terbaiknya.

Hal ini juga diterapkan oleh brand besar Xiaomi agar tidak kalah saing. Sebagai salah satu smartphone gaming andalan Xiaomi, Black Shark 3S dikemas secara futuristik dengan lekuk bodi belakang membentuk huruf X. Pada posisi kamera belakangnya pun dibuat sangat unik, yakni dengan modul berbentuk segitiga. Meski dibangun dengan desain yang tidak jauh berbeda dari Black Shark 3 Pro, akan tetapi pada smartphone ini memiliki beberapa peningkatan pada fitur yang sudah ada sebelumnya.

Nah, daripada penasaran seperti apa saja spesifikasi Black Shark 3S lainnya dan berapa harga yang harus dibayar untuk mendapatkan smartphone gaming besutan Xiaomi ini, yuk, langsung saja simak pembahasan di bawah ini agar kamu nggak penasaran dan semakin yakin untuk meminang Xiaomi Black Shark 3S.

Hardware & Software

spesifikasi hardware xiaomi Black Shark 3S

Secara performa hardware, Black Shark 3S tidak membawa peningkatan dari smartphone pendahulunya. Sama hal nya dengan Black Shark 3 Pro, smartphone gaming ini pun disenjatai dapur pacu dengan menggunakan teknologi chipset Snapdragon 865 (7 nm). Meskipun tidak adanya peningkatan dari sektor ini, akan tetapi chipset yang digunakan terkenal cukup kencang untuk mendukung penggunaan mobile dengan tingkat mobilitas tinggi.

Sementara dari sisi software, Black Shark 3S mengalami sedikit peningkatan, yaitu pada fitur screen pressure 4.0 yang didukung dengan 3D tounch controls, yang berfungsi untuk menjadikan sistem navigasi menjadi lebih baik dengan adanya penekanan pada kedua bagian layar.

Untuk peningkatan software lainnya tampak jelas dari teknologi voice control 2.0 yang memiliki kemampuan dalam meningkatkan kejernihan suara pemain saat memberikan aba-aba perintah suara di dalam gim. Selain itu, fitur somatosensory control pun berguna untuk mengendalikan gim dalam pemanfaatan sensor giroskop.

Performa Layar Mengalami Peningkatan

performa layar xiaomi Black Shark 3S

Tidak hanya pada penggunaan software nya saja yang mengalami peningkatan, dari sektor layar pun Xiaomi mendukung Black Shark 3S dengan peningkatan yang cukup gahar. Smartphone besutannya ini dibekali dengan panel layar AMOLED 6,67 inci disertai dengan refresh rate yang lebih tinggi, yakni sebesar 120Hz. Jika dilihat dari tingkat refresh rate nya ini tentu saja mengalami peningkatan yang signifikan, di mana yang semula 90Hz pada versi sebelumnya, kini menjadi 120Hz.

Peningkatannya ini berpengaruh besar pada renponsif ketika para penggunanya tengah bermain gim dengan strategi yang membutuhkan tingkat akurasi tinggi. Selain itu, layar Black Shark 3S memiliki dua zona peka tekanan yang dapat dipetakan ke berbagai tindakan yang berbeda. Tidak lupa dengan fitur gyroscope yang dapat digunakan juga untuk mendeteksi flicking motion.

Namun, sayangnya, touch sampling rate masih sama dengan versi sebelumnya, yakni 270Hz. Tingkat kecerahan yang dimilikinya pun sebesar 500 nit serta mencapai 105% dari rentang warna DCI-P3. Secara keseluruhan, performa layar pada Black Shark 3S memiliki keunggulan cukup jauh dari versi sebelumnya. Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan paling menonjol antara Black Shark 3S dengan Black Shark 3 Pro.

Kapasitas Baterai Cukup Lega

kapasitas baterai xiaomi Black Shark 3S

Beralih ke sisi daya tahan baterai yang dimiliki Black Shark 3S. Untuk mendukung kebutuhan gaming agar lebih 'legit', Xiaomi mendukungnya dengan kapasitas baterai cukup lega, yakni 4.720 mAh. Di ukuran kapasitas baterai seperti ini memang bisa dibilang kurang, apalagi mengingat smartphone gaming lainnya yang kapasitasnya telah lebih dari 5.000 mAh.

Namun, meskipun begitu, Black Shark 3S sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sebesar 65W melalui port USB-C. Ditambah dengan tersedianya port magnetik tambahan yang sudah mendukung input daya hingga 18W. Dengan ini, pihak Xiaomi sendiri menjanjikan bahwa pengisian daya terisi 50% hanya membutuhkan waktu selama 12 menit dan untuk sampai ke 100% hanya dalam waktu 38 menit saja. 

So, kamu tidak perlu khawatir tatkala kehabisan baterai saat bermain game. Karena hanya cukup ditinggal mandi selama setengah jam saja, daya ponsel sudah kembali utuh 100%. Bagaimana? Gahar sekali bukan? 

Sektor Kamera Cukup Jernih

spesifikasi kamera Black Shark 3S

Meskipun Black Shark 3S merupakan smartphone gaming, akan tetapi Xiaomi pun tetap mengedepankan sektor kamera sebagai salah satu spesifikasi agar tidak kalah saing dengan smartphone lainnya. 

Pada bagian kamera, smartphone ini memiliki tiga kamera yang tersemat di bagian belakang ponsel. Di mana komposisi kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP, lensa ultra wide angle 13 MP, dan sensor depth 5 MP.

Sementara untuk bagian kamera depan atau kamera selfienya beresolusi 20 MP. Dengan ukuran resolusi kamera belakang dan kamera selfie ini, Xiaomi Black Shark 3S bisa dikatakan cukup mumpuni untuk mengabadikan momen-momen terbaikmu saat liburan panjang telah tiba.  

Uniknya, smartphone besutan Xiaomi yang dirilis awal Agustus ini sudah bisa menjalankan JoyUI 12 yang mengusung fitur screen mirroring. Di mana kemampuannya dapat menampilkan video dengan menggunakan USB Type C ke komputer atau monitor, sehingga bisa bermain game menggunakan keyboard dan mouse. Mode tersebut dapat berjalan di 60 fps dengan catatan latensi berukuran 40 ms.

Membawa Peningkatan dengan Adanya Aksesoris Baru

spesifikasi Black Shark 3S

Tidak hanya memperkenalkan smartphone baru, Black Shark juga merilis tiga jenis aksesoris baru untuk memberikan pengalaman terbaik bermain gim kepada penggunanya. Aksesoris tersebut di antaranya gamepad, sarung tangan, dan sebuah tombol tambahan yang dapat dipasangkan ke bagian sisi bodi ponsel guna pengendalian yang lebih mudah di dalam gim.

Selain itu, masih ada fitur jack audio 3,5mm di Black Shark 3S ini. Di mana nantinya pemain gim masih dapat menggunakan perangkat earphone sebagai kabel favoritnya. Tidak lupa dengan tampilan antarmuka Joy UI basis Android 10 yang diusung smartphone ini untuk menghadirkan fitur tambahan yang menarik, yakni sreencasting. 

Harga Black Shark 3S

harga xiaomi Black Shark 3S

Berhubung Black Shark 3S hadir dengan berbagai varian, maka perihal harga pun ada berbagai varian pula. Harga Black Shark 3S di Indonesia untuk varian 12GB/128GB yakni 4000 Yuan atau sekitar Rp8,4 juta, varian 12GB/256GB seharga 4300 Yuan atau sekitar Rp9,1 juta, dan untuk varian 12GB/512GB dibanderol dengan harga 4800 Yuan atau sekitar Rp10,2 juta.

Demikianlah penjelasan harga dan spesifikasi Black Shark 3S yang menjadi salah satu smartphone gaming paling direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan gaming sehari-harimu.

Cari Artikel