Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi SIM Card Not Provisioned di HP Android

Beberapa problema yang terjadi pada SIM Card memang sering kali dialami oleh banyak orang. Mengingat bahwa persentase penggunaan SIM Card di dunia ini sangat tinggi, otomatis persentasenya juga cukup tinggi saat mengalami beberapa kendala yang mengharuskan diri untuk segera mengatasinya.

cara mengatasi sim card not provisioned

Seperti hal nya problema SIM Card not provisioned atau tiba-tiba tidak terbaca padahal sebelumnya masih baik-baik saja. Kendala ini tentu menjadi sesuatu yang cukup mengejutkan, apalagi jika SIM Card yang kamu gunakan merupakan kartu satu-satunya yang biasa dihubungi oleh orang-orang terdekatmu atau kerabatmu.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir lagi saat menemui kendala seperti itu. Karena di artikel kali ini Sabineblog.com akan membahas tuntas bagaimana cara mengatasi SIM Card not provisioned dengan cara yang paling mudah.

Penyebab Sim Card Not Provisioned

1) Nomor tidak terdaftar pada sistem provider 

Jika kamu sudah lama menjadi pengguna SIM Card yang kamu miliki saat ini, bisa jadi nomor tersebut telah melewati masa tenggang atau kadaluarsa. Sehingga menyebabkan kartu SIM yang kamu punya tidak terdaftar pada sistem providernya.

2) Chip pada SIM Card rusak 

Itulah mengapa alasannya saat hendak melakukan bongkar pasang kartu SIM, kamu harus begitu hati-hati melakukannya. Karena bisa jadi saat mengeluarkan dan memasukkannya terjadi gesekan pada kaki-kaki dudukan SIM Card yang membuat lempengan kuningan semakin tipis dan rusak.

3) Slot SIM Card error

Meskipun penyebab yang ketiga ini sangat jarang terjadi, akan tetapi masih memiliki kemungkinan cukup besar. Bisa saja slot SIM Card eror atau mungkin tidak terpasang sesuai posisi yang mengakibatkan nomormu not provisioned.

Cara Mengatasi Sim Card Not Provisioned di Android

https://www.sabineblog.com/2021/01/cara-mengatasi-sim-card-not-provisioned.html

Nah, sementara itu, jika kamu mengalami salah satu penyebab di atas, maka cobalah melakukan beberapa pertolongan untuk mengatasi kartu SIM not provisioned seperti beberapa cara di bawah ini.

1. Konsultasikan langsung ke Service Center

Jika kamu tidak ingin pusing memikirkan bagaimana caranya, maka solusi terbaik untuk mengatasinya dengan membawa langsung SIM Card ke Service Center terdekat. Biasanya mereka mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi SIM Card not provisioned.

2. Memakai cara manual sendiri

Beda hal nya jika kamu tidak ingin mengeluarkan budget tambahan untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka solusinya kamu bisa memakai cara manual sendiri. Dan untuk mempermudahnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1:
• Pertama, keluarkan SIM Card dan lakukan pembersihan menggunakan kain halus atau penghapus.
• Lalu, coba pasang lagi ke ponselmu.

Langkah 2:
• Jika masih tidak terbaca, coba pasangkan SIM Card ke ponsel yang lain.
• Jika masih eror, berarti masalahnya memang terletak pada kartu SIM tersebut.

Langkah 3:
• Lihat keadaan kartu SIM, apakah masih baik-baik saja atau terjadi kerusakan semacam semakin menipisnya kuningan yang ada di kartu tersebut.
• Jika tidak ada, seharusnya kartu SIM bisa terdeteksi atau terbaca saat dipasangkan ulang ke ponselmu.

3. Menghubungi providernya langsung

Untuk cara yang terakhir, kamu bisa langsung menghubungi providernya sesuai dengan kartu SIM lain yang masih aktif. Berikut kontak beberapa provider:

- MM2 Telkomsel: Tsel center 188.
- Xl: 911 atau dial up *123*9110#.
- Smartfren: 888 atau 021-51000000.
- Indosat: 185 atau 186.
- Three: 132.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi SIM not provisioned. Ketiga cara di atas sampai sekarang masih dianggap sebagai cara yang paling ampuh untuk mengatasi kendala-kendala seperti ini.

Katakhoi
Katakhoi Seorang perempuan yang berprofesi sebagai perawat ingatan bagi dirinya sendiri.