Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Jadwal di Google Kalender, Bisa di-print lho!

Banyaknya kegiatan acara yang akan dilakukan, tak jarang membuat banyak orang harus mencatat satu-persatu jadwal acara tersebut agar tidak ada yang tertinggal satu pun. Beberapa tahun ke belakang mungkin masih menggunakan cara manual dengan mencatatnya di kertas atau notepad khusus sebagai catatan saja tanpa adanya pengatur pengingat.

cara membuat jadwal di google calendar

Berbeda dengan saat ini. Teknologi sudah semakin canggih dan itu artinya untuk membuat jadwal acara tidak lagi membutuhkan beberapa carik kertas untuk mencatatnya. Kini sudah ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat jadwal acara yang telah dilengkapi dengan pengingat sistemnya sendiri. Salah satunya Google Kalender.

Kamu bisa menggunakan Google Kalender sebagai reminder terbaik untuk mengingatkanmu barangkali kamu lupa akan jadwal acara yang akan kamu lakukan. Ketahuilah, dibanding dengan aplikasi lainnya, Google Kalender sangat mudah untuk digunakan serta memiliki interface yang cukup menarik.

Oleh sebab itu, di artikel kali Sabineblog akan membahas tuntas bagaimana cara membuat jadwal di Google Kalender dengan sangat mudah. Entah kamu atau siapa pun itu pasti bisa melakukannya setelah melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membuat Jadwal di Google Kalender dengan Mudah

cara membuat jadwal di google calendar

Tidak perlu khawatir, cara di bawah ini sangat sederhana. Kamu hanya cukup melakukan beberapa langkah saja untuk bisa membuat berbagai jadwal acara yang nantinya akan menjadi pengingat pertama barangkali kamu sempat lupa dengan jadwal acaramu sendiri.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dengan mudah:

Langkah 1:

• Pertama, buka aplikasi Google Kalender.

Langkah 2:

• Ketuk di bagian tanggal rencana kegiatan. Lalu, pilih tombol bertanda plus di sebelah kanan bawah.

Langkah 3:

• Jika sudah, mulailah isi kolom isian yang tersedia dari atas. Tentukan judul kegiatan sesuai dengan acaramu.

Langkah 4:

• Kemudian, isi juga tanggal beserta rentang waktu dari jam berapa hingga berakhir jam berapa.

Langkah 5:

• Gulir ke bawah dan tentukan di mana titik lokasi kegiatan acara.

Langkah 6:

• Pada bagian notifikasi, kamu bisa mengatur kapan waktu notifikasi akan berbunyi. Semisal, 10 menit sebelum kegiatan dimulai.

Langkah 7:

• Kamu juga bisa menambahkan rekan kerja yang nantinya akan menghadiri acara. Caranya cukup dengan memasukkan email pada kolom invitee, lalu ketuk tombol (+) guna menyimpan email.

Langkah 8:

• Jika sudah, ketuk opsi "Save/simpan". Semua rencana kegiatanmu akan tersimpan di aplikasi Google Kalender tersebut.

Perlu diketahui, email-email yang sudah ditambahkan olehmu tadi tentunya akan menerima notifikasi undangan. Begitu pun dengan mereka yang memiliki opsi untuk menyatakan bisa menghadiri acara atau tidak melalui perangkatnya masing-masing.

Tidak hanya mampu menjadi pengingat otomatis saat acaramu berada di hari yang telah ditentukan, kamu juga bisa mencoba beberapa fitur menarik lainnya dari Google Kalender yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya.

Overall, secara keseluruhan, Google Kalender sangat multi fungsi untuk menjadi pengatur pengingat, membuat jadwal, juga memantau hari-hari penting di Indonesia. Dengan begitu, kamu akan lebih eksis dengan menjaga jadwal acaramu agar tidak ada yang terlewati satu pun.

Uniknya lagi, jadwal acara yang telah kamu buat di aplikasi yang satu ini sewaktu-waktu bisa diprint atau dicetak barangkali kamu membutuhkan versi hard copy-nya untuk disimpan sebagai kenangan maupun atas dasar yang lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat jadwal di Google Kalender dengan mudah dan akurat. Untuk meminimalisir terjadinya ketertinggalan jadwal acara, solusi terbaiknya tidak lain dan tidak bukan dengan menggunakan aplikasi Google Kalender super mumpuni ini.