Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mempercepat Jaringan WiFi dengan CMD dan Beberapa Cara Mudah Lainnya

Di era yang serba mudah ini rasanya ketinggalan jika koneksi WiFi yang kamu miliki berjalan lamban. Apalagi banyaknya kebutuhan multi tasking yang harus dipenuhi melalui koneksi internet, tentu saja kamu harus mengandalkan jaringan WiFi di rumahmu agar koneksinya menjadi lebih cepat.

cara mempercepat jaringan wifi

Berbicara tentang WiFi, sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi mengapa koneksinya menjadi lebih lambat daripada sebelumnya. Entah itu karena banyaknya penggunaan perangkat yang tersambung ataupun faktor lainnya yang mengurangi kecepatan rata-rata WiFi.

Nah, daripada bingung dan pusing bagaimana cara mengatasinya, di artikel kali ini Sabineblog telah mempersiapkan beberapa cara mempercepat jaringan WiFi yang mulai melambat seiring dengan berjalannya waktu.

Cara Mempercepat Koneksi jaringan WiFi dengan CMD

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan CMD dan tentunya tanpa aplikasi tambahan, karena CMD ini sudah tersedia di laptop jenis apa pun. Untuk bisa mempercepat koneksi WiFi-mu, langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini!

Langkah 1:
• Pertama, sambungkan laptopmu dengan jaringan WiFi.
• Buka command prompt.

Langkah 2:
• Jika sudah, pada bagian nama WiFi klik kanan lalu klik status.
• Jika muncul tampilan status Wireless Network Connection, di situ kamu bisa melihat secara jelas rincian alamat IP WiFi yang kamu miliki.

Langkah 3:
• Setelah masuk di CMD, ketikkan pingg - | (jumlah request bandwith) (IP address) -t. (Contoh: ping - | 2000 192.168.1.1 -t).
• Selanjutnya, biarkan CMD terbuka beberapa menit selama terhubung ke internet.

Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil mempercepat jaringan WiFi dengan CMD yang tentunya bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Sementara itu, kamu bisa mencoba metode yang kedua untuk mempercepat jaringan WiFi di rumahmu dengan panduannya di bawah ini:

Langkah 1:
• Pertama, buka CMD di laptopmu.
• Buka root dengan mengetikkan cd C:\.

Langkah 2:
• Lalu, ketik saja "netsh interface tcp set global autotuning = disable".
• Tunggu beberapa detik hingga tampilan jendela CMD berubah.

Langkah 3:
• Kamu bisa langsung menjelajahi internet dengan menggunakan setting terbaru ini.
• Namun, jika ingin mengembalikannya seperti sedia kala, langsung saja ketik "netsh interface tcp set global autotuning = normal" di CMD.

Seperti biasa, tunggu beberapa detik hingga prosesnya selesai dan kecepatan rata-rata jaringan WiFi-mu akan kembali seperti sedia kala.

Periksa Posisi Antena Router

Cara yang selanjutnya, kamu bisa memeriksa apakah posisi antena router sudah pas atau belum. Jangan salah, hal ini juga sangat berpengaruh pada kecepatan rata-rata koneksi internet. Saat memeriksanya, pastikan bahwa posisi router berdiri dengan tegak, tidak miring ke bagian samping kanan maupun kiri.

Hal ini dikarenakan agar antena router dapat lebih mudah menangkap sinyal serta menyalurkan sinyal tersebut pada perangkat yang kamu gunakan. Di samping itu, pastikan juga kabel router dalam keadaan baik. Apabila kabel router terputus, maka secara otomatis sinyal internet akan melemah atau melambat.

Pilih Saluran yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk memasang WiFi di rumah, pilihlah kanal yang tepat terlebih dahulu. Karena jika kamu salah memilih kanal atau saluran, maka kemungkinan besar akan menyebabkan sinyal tumpang tindih dan tentunya dapat menganggu jaringan satu sama lain. Sehingga nantinya akan mengalami data loss dan sinyal harus dilakukan rebroadcast.

Demikianlah cara menambah mbps WiFi yang bisa kamu coba dengan mudah agar koneksi internet tidak mengalami gangguan atau loading yang lama. Ketiga cara di atas sampai sejauh ini merupakan cara yang paling mudah dan efektif.