Cara Melihat Password Wifi Di Android Dengan Mudah Dan Aman

Penggunaan wifi menjadi fitur untuk mengakses internet di smartphone android. Untuk mengakses wifi, perangkat harus menyalakan koneksi lalu tersambung ke router terdekat. Setelah itu, pengguna memasukkan password dan internet siap dipakai. Ketika menyalakan wifi di perangkat, koneksi berjalan otomatis dan tidak perlu memasukkan password kembali.

Namun, Anda mengalami kesulitan masuk ke wifi dan sengaja memilih opsi forget network. Untuk terkoneksi kembali, pengguna harus memasukkan password. Masalahnya adalah Anda tidak tahu password tersebut. Ada beberapa cara melihat password wifi di android untuk menyelesaikan masalah ini. Simak ulasannya berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Beberapa Cara Melihat Password Wifi Di Android

Masing-masing cara berikut dapat dicoba untuk menemukan password. Sebenarnya, Anda cukup menghubungi pengelola wifi tersebut dan meminta password. Namun, ada cara lain tanpa harus merepotkan orang lain.

Lazada Flash Sale hemat 99%
  1. Mengakses router

Cara Melihat Password Wifi Di Android Dengan Mudah Dan Aman

Wifi point atau hotspot yang sering kita kenal itu sebenarnya router yang merangkap access point. Akan tetapi, ada juga yang murni access point dan menerima jaringan dari router secara terpisah. Password di setting di bagian perangkat router tersebut. Secara singkat, perangkat ini memastikan semua koneksi berada di jalur yang aman. Smartphone atau laptop yang ingin tersambung harus memiliki password untuk verifikasi.

 Jika Anda adalah administrator, cara melihat password wifi di androidyang pertama adalah melalui setting di router. Buka browser dan ketik 192.168.1.1 di bagian address bar. Halaman pengaturan wifi segera terbuka dan Anda login. Lihat bagian setting dan cek ssid. Area tersebut biasanya menunjukkan dimana password disimpan. Anda juga bisa menggantinya secara langsung.

Cara ini memiliki keunggulan yaitu password didapat langsung dari sumbernya. Namun, cara ini terbatas untuk pengguna tertentu. Anda adalah orang yang memiliki akses ke wrouter. Selain itu, alamat yang dituju tidak selalu sama di setiap router. Sebagai contoh, beberapa router memiliki halaman setting 192.168.2.1 dan lainnya.  

  1. Aplikasi untuk setting router

Modem terbaru sudah menggunakan aplikasi untuk akses. Meskipun masih ada yang memakai alamat ip address. Jika tidak mengetahui alamat tersebut, penggunaan aplikasi menjadi pilihan utama. Anda harus install dulu aplikasi tersebut.

Setelah siap, buka aplikasi dan login. Pastikan setting wifi dan router telah tepat karena aplikasi harus terintegrasi dengan router yang dimaksud. Cek ke bagian dan cari dimana password tersimpan. Klik fitur untuk menunjukkan password tersebut.

  1. Barcode

barcode setting wifi

 

Pernahkah Anda melihat barcode di bagian setting wifi. Di smartphone android, pengguna bisa menyebarluaskan password dan akses wifi dengan cara scanning barcode. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui password wifi tertentu.

Sebelumnya, cara ini butuh dua smartphone. Anda masuk ke setting di perangkat pertama. Setelah itu, pilih wifi dan share dengan barcode. Di smartphone kedua, Anda membuka barcode scanner dan hadapkan layar ke barcode di smartphone pertama. Informasi mengenai wifi dan password akan segera muncul. Dari password tersebut, Anda bisa menerapkannya di perangkat pertama jika memang lupa.

Cara ini sangat efektif selama perangkat masih terhubung ke wifi tersebut. Bisanya, Anda menyambungkannya secara otomatis. Saat orang lain ingin ikut menyambung, Anda membagikan password dengan cara tersebut. Di sisi lain, Anda juga bisa mendapatkan timbal balik yaitu password sudah diketahui.

  1. Wifi password recovery

wifi password recovery 

Android memiliki beberapa aplikasi untuk menyimpan dan mengelola password terutama wifi. Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui password di wifi tersebut. Install wifi password recovery dan cek bagian dimana password tersimpan. Aplikasi ini bisa menyimpan beberapa wifi secara bersama. 

  1. Setting di android

setting password wifi android

Sebenarnya, password tersimpan di smartphone secara otomatis. Anda buka setting lalu pilih wifi. Tap wifi yang sedang menyala atau tersedia. Lihat bagian setting dari wifi tersebut dan pilih modify network. Setting ini berbeda di masing-masing android. Namun, konfigurasinya sama yaitu password tersimpan di perangkat. Anda cukup mengeksplorasi bagian wifi tersebut dan menemukan dimana password disimpan.

Anda mencoba satu atau lebih cara yang sudah dijelaskan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara melihat password wifi di android harus disesuaikan dengan tujuan dan kondisi. Jika memang lupa, masuk ke bagian router sangat dianjurkan. Apabila hanya sebatas share, Anda bis amencoba barcode dan cara terakhir. Password manager juga bisa diAndalkan untuk menyimpan kata kunci penting seperti email, social media, termasuk juga wifi.

Keamanan dan proteksi jaringan

Pembahasan selanjutnya adalah mengapa wifi harus menggunakan password dan sistem keamanan yang digunakan. Teknologi wifi sekarang sudah lebih canggih terutama cakupan dan kapasitasnya. Wifi untuk public dapat menampung perangkat yang banyak. Tentu saja, wifi tipe ini kadang memiliki password bahkan ada yang hanya tinggal menyambungkan. Untuk wifi terakhir, Anda harus waspada sebab jaringan tersebut terbuka dan rentan terhadap serangan cyber.

Password berguna untuk memastikan perangkat yang masuk telah memiliki autentifikasi yang jelas. Misalnya, wifi di kampus hanya untuk civitas akademika. Mahasiswa dan dosen berhak menyambungkan ke wifi tersebut selama memiliki password dan username. Cara ini juga diterapkan untuk wifi yang bersifat pribadi dimana hanya sedikit orang yang berhak menggunakan wifi.

Penggunaan password terdiri dari beberapa jenis. Pertama, password di setting di bagian router. Cara melihat password wifi di android yang telah dijelaskan adalah untuk tujuan tersebut. Namun, ada pula wifi di setting dengan password dari pengguna. Contoh mudahnya adalah wifi kampus dimana mahasiswa menggunakan nomor induk dan password untuk segala akses. Untuk tipe ini, Anda tidak dapat mengetahui password milik orang lain kecuali sengaja diberikan.

Setting password yang lain adalah dengan amc address. Komputer server atau induk menyimpan semua perangkat yang berhak mengakses wifi. Cara ini tidak membutuhkan password karena perangkat tersambung otomatis. Wifi dan jaringan mengenal perangkat tersebut dan identifikasi berlangsung otomatis. Ini cara untuk koneksi terbatas dan hanya untuk pengguna tertentu.

Akses wifi tanpa password

Beberapa aplikasi untuk cara melihat password wifi di android bersifat khusus dan ada pula yang universal. Misalnya wifi menggunakan router zte. Anda perlu aplikasi buatan zte untuk mengakses router dan harus kompatibel dengan router tersebut. Ada pula aplikasi untuk semua router tetapi kemungkinan sukses beragam. Anda bisa mencoba keduanya untuk mendapatkan password.

Akses wifi tanpa password menjadi pilihan yang sangat disukai. Untuk mengurangi resiko, Anda wajib menggunakan vpn dan proxy. Jangan menggunakan jaringan ini untuk membuka situs penting dan melakukan transaksi keuangan. Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat terjadi pertukaran data. Hal inilah alasan mengapa wifi dengan password menjadi pilihan utama. Selama Anda terhubung dengan aman, data di perangkat android tidak bocor.
best seller lazada
About Author: