Apa Saja Risiko Menggunakan Hotspot Wi-Fi Publik?

WI-FI publik adalah internet gratis yang ditemukan di ruang publik populer seperti bandara, restoran, kedai kopi, mal, dll. Meskipun terdengar tidak berbahaya, hal ini menimbulkan risiko besar dalam hal keamanan.

Serangan man in the middle (MiTM) adalah bentuk penyadapan yang memungkinkan penyerang untuk berpindah di antara transmisi dan mengakses informasi pribadi Anda. Tidak disarankan untuk mengakses hal-hal seperti aplikasi mobile banking dan situs sensitif lainnya menggunakan Internet Publik.

Pelanggaran dan infeksi malware sangat umum di jaringan wifi publik. Salah satu bahaya besar menggunakan wifi publik adalah pencurian identitas yang sangat umum; ini adalah saat mereka mencuri semua data Anda dan menggunakannya untuk mengakses informasi keuangan Anda dan menggunakannya untuk mengambil pinjaman dan mengosongkan rekening bank Anda.

Dengan teknologi canggih saat ini, wifi yang memadai seperti oasis di padang pasir, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan data dan menghindari langganan data yang mahal.

Tapi kemudian, koneksi internet wifi menjadi tidak aman kalau dibandingkan dengan jaringan pribadi seperti kantor dan wifi rumah.

risiko menggunakan hotspot wifi publik

Bagaimana Anda Dapat Mengetahui Apakah Wifi Publik Aman Atau Tidak Aman?

Ada berbagai cara agar kita bisa mengetahui apakah suatu jaringan wifi merupakan jaringan yang aman atau tidak aman. Pertama, kita dapat menggunakan tes keamanan online dan menguji firewall kita untuk kelemahan keamanan; ini penting untuk memastikan koneksi kita aman. Anda juga dapat menguji kekuatan antivirus Anda dan selalu memastikan Anda memeriksa kebocoran konektor VPN Anda secara menyeluruh, dan bahkan kebocoran terkecil pun dapat memberikan keuntungan tambahan bagi peretas.

Mengapa wifi publik berisiko?

  • Serangan Cyber Man-in-the-middle (MiTM).
  • Koneksi Internetnya tidak terenkripsi.
  • Distribusi software jahat atau malware.
  • Pembajakan sesi.

Apa bahaya dari hotspot?

  • Mengintip dan mengendus.
  • Infeksi software jahat.
  • Evil twin attacks (mengatur jaringan yang mirip dengan hotspot untuk mengakses data pengguna).

Bagaimana Anda bisa melindungi diri dari hotspot yang tidak aman?

  • Jangan terhubung dengan orang asing.
  • Kuatkan kata sandi laptop Anda.
  • Setel firewall untuk koneksi Anda.
  • Amankan login hotspot Anda.
  • Enkripsi data Anda.
  • Perhatikan langkahmu.

7 TIPS KEAMANAN WIFI UMUM

Cek list berikut untuk tips aman menggunakan wifi publik:

  1. Selalu pilih jaringan yang benar dan perhatikan ejaannya.
  2. Pilih jaringan yang aman, lebih disukai yang memiliki ikon terkunci.
  3. Aturlah perangkat Anda untuk selalu meminta password sebelum menghubungkan, jadi jangan pernah biarkan disetting agar terhubung secara otomatis
  4. Hindari masuk ke situs dengan informasi pribadi yang sensitif saat menggunakan wifi publik.
  5. Gunakan VPN yang aman untuk melindungi informasi Anda.
  6. Hindari dan jangan gunakan kata sandi Anda.
  7. Matikan opsi berbagi di windows, pc, atau MAC Anda.

Gunakan VPN Terpercaya untuk Koneksi lebih Aman

Apa itu VPN? Aplikasi ini mengenkripsi koneksi Anda ketika Anda terhubung ke internet. VPN penting untuk digunakan karena melindungi data Anda agar tidak diakses oleh peretas. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui fungsi VPN yang disebutkan sebelum mengunduh aplikasi VPN. Di bawah ini adalah fungsi VPN.

  • Enkripsikan koneksi Anda.
  • Ini memberi Anda server lokal dan internasional.
  • Buat Anda tetap anonim.

Menggunakan VPN untuk Google Chrome akan membuat penjelajahan Anda lebih aman dan memungkinkan Anda mengubah lokasi perangkat dan alamat IP, melindungi Anda dari internet keras yang penuh dengan penjahat dunia maya. Akan membantu jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan ekstensi Chrome VeePN untuk membuat koneksi Anda lebih aman.

Dapatkan solusi abadi dan perlindungan maksimal terhadap pengguna lain dengan menggunakan VeePN. Ketika Anda memiliki VPN download Chrome, Anda akan diberikan alamat IP unik untuk melindungi privasi Anda. Ekstensi VPN menjauhkan Anda dari penjahat dunia maya. VPN browser chrome memberikan uji coba gratis untuk pengguna pertama kali.

Oleh karena itu, untuk pengalaman online yang lebih aman, Anda harus menormalkan menggunakan Virtual Private Network untuk melindungi informasi Anda di internet publik. Di bawah ini adalah beberapa fungsi VPN.

  • Ini menghentikan mereka yang ingin mengakses informasi Anda.
  • Melindungi Anda saat Anda menggunakan internet yang tidak aman.
  • Ini melindungi data Anda dari pemborosan di situs berbahaya.

Apa yang tidak akan membantu Anda jika terhubung ke wifi publik?

Saat terhubung ke wifi publik, jangan pernah mengakses data pribadi atau rekening bank yang sensitif. Ini bisa sangat berisiko; bahkan pada jaringan yang aman, itu tidak dianjurkan. Dan juga, Anda tidak boleh meninggalkan perangkat Anda tanpa pengawasan di ruang publik mana pun.

Meskipun alternatif terbaik adalah menghindari jaringan wifi publik sepenuhnya. Ini akan membantu jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk melindungi data dan perangkat Anda saat Anda akan online. Untuk lebih memahami cara tetap aman di wifi publik, karyawan jarak jauh, atau keamanan bisnis Anda, Anda perlu mencari bantuan dari para ahli.