Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyambungkan HP ke TV

 Saat ini teknologi HP dan TV terus berkembang pesat. Kini Anda dapat menghubungkan HP dengan TV, layar TV tersebut nantinya akan berfungsi seperti layar projektor. Namun, cara menyambungkan HP ke TV tidak memerlukan projektor komputer.

Untuk menyambungkan HP ke TV  sangat mudah, Anda hanya memerlukan dua buah kabel, yaitu kabel HDMI dan kabel converter atau adaptor USB to HDMI.

cara sambungkan hp ke tv

Cara Menyambungkan HP ke TV dengan Adaptor dan Kabel HDMI

1. Pilih Converter/Adaptor Sesuai dengan Port USB HP

Sebelum menyambungkan HP ke TV, Anda harus memastikan bahwa converter yang akan Anda beli memiliki tipe USB yang sama dengan tipe USB port (colokan charger) pada smartphone Anda.

Untuk HP android, terdapat 2 tipe adaptor, yaitu micro USB to HDMI dan USB C to HDMI. Anda dapat membeli sembarang merek di sembarang toko komputer.

Sementara untuk iPhone, Anda harus membeli adaptor khusus dari Apple. Apple mengeluarkan 2 jenis adaptor HDMI untuk iPhone, yaitu:

  • Lightning Digital AV Adapter untuk Anda yang memiliki iPhone dengan port lightning
  • Apple 30-pin Digital AV Adapter untuk Anda yang memiliki iPhone dengan port dock 30 pin

Untuk Anda pengguna iPhone, jangan sampai keliru membeli  AV adapter dengan VGA adapter karena namanya hampir sama.

2. Sambungkan Kabel Converter 

Jika sudah memilih converter yang sesuai, sambungkan bagian USB adaptor ke port USB HP Anda.

3. Sambungkan Kabel HDMI 

Ketika TV dalam keadaan mati, sambungkan salah satu ujung kabel HDMI ke port HDMI pada kabel converter tadi. Sedangkan ujung lainnya disambungkan ke port HDMI pada layar TV.

Layar TV Anda mungkin tidak hanya memiliki port HDMI, tapi juga port VGA. Jangan sampai keliru menyambungkan ke port VGA. Sebenarnya bentuk kedua port tersebut berbeda, jadi jika Anda salah port, Anda akan langsung sadar.

 4. Atur TV ke Mode HDMI 

Setelah seluruh kabel terhubung, nyalakan TV. Lalu atur TV ke mode HDMI. Anda dapat mengaturnya menggunakan remote control maupun mengubahnya menggunakan tombol pada TV.

Untuk mengatur TV ke mode HDMI langkahnya berbeda-beda, tergantung merek TV. Namun, biasanya mode HDMI berada di menu:

  • Setting (pengaturan) lalu masuk ke menu Input (masukan) atau Source (sumber). Pada beberapa TV, menu input dan source bisa jadi menjadi satu berupa Input Source (sumber masukan). 
  • Jika pada TV terdapat 2 port HDMI maka TV akan memunculkan pilihan HDMI 1 dan HDMI 2. Pilih sesuai dengan port HDMI yang disambungkan pada kabel HDMI (biasanya pada TV terdapat tulisan mana port HDMI 1 dan mana port HDMI 2)

5. Tunggu Tampilan Layar HP Muncul di Layar TV

Tunggu beberapa saat hingga tampilan layar HP muncul di layar TV. Jika tidak ada masalah, harusnya proses ini terjadi tidak sampai 30 detik.

Sekarang, Anda dapat menonton film, bermain game maupun membuka dokumen dengan tampilan yang lebih besar. 

Sebagai catatan, jika TV LED Anda bukan layar sentuh maka segala aktivitas seperti membuka aplikasi, memilih film yang akan ditonton, dan kegiatan lainnya tetap harus Anda lakukan melalui HP.

Sedangkan jika TV Anda sudah layar sentuh, Anda dapat melakukan kontrol langsung pada layar TV

Untuk pengguna iPhone 4 ke bawah, kemungkinan besar tidak semua tampilan layar iPhone akan muncul di TV, beberapa tampilan layar iPHone yang akan muncul adalah video, foto, dan aplikasi presentasi.

6. Troubleshooting

Apabila tampilan pada HP tidak kunjung muncul di layar TV walaupun sudah melakukan langkah-langkah cara menyambungkan HP ke TV di atas secara urut dan lengkap,  kemungkinan besar terjadi kesalahan berikut:

  • Salah memilih menu input HDMI. Bisa jadi Anda memilih HDMI 1 padahal kabel berada di port HDMI 2.  Anda dapat mengatur ulang pilihan input HDMI sesuai dengan port HDMI yang Anda sambungkan dengan kabel. Anda juga dapat melakukan langkah sebaliknya, yaitu memindahkan kabel ke port HDMI                        sesuai dengan menu HDMI yang tadi Anda pilih. 

  • TV masih masuk pada mode TV biasa walaupun sudah diganti mode HDMI. Masalah ini bisa Anda selesaikan dengan mencabut seluruh kabel yang terhubung pada TV kecuali kabel HDMI dan kabel audio.
  • Kabel HDMI tidak kencang. Pastikan saat memasangnya pada port kabel benar-benar kencang baik bagian yang terhubung ke adaptor maupun yang terhubung ke TV
  • Sistem Operasi (Operating System) baik iOS maupun Android belum update. Cabut semua kabel, kemudian update sistem operasi terlebih dahulu. Jika sudah selesai, Anda dapat mengulangi langkah nomor 1-5
  • Kabel HDMI maupun adaptor rusak. Bila ini masalah yang Anda hadapi maka Anda mesti membeli kabel maupun adaptor baru.

Jika setelah melakukan semua langkah cara menyambungkan HP ke TV dan melakukan langkah troubleshooting tetap tidak berhasil kemungkinan besar HP Anda memang tidak mendukung untuk disambungkan ke TV.