Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

4 Aplikasi Untuk Membuat Diagram Flowchart

Aplikasi membuat flowchart akan membantu penggunanya merancang alur kerja atau desain proyek lebih mudah. Rancangan yang terpikir rumit akan lebih mudah dipahami orang lain dengan adanya flowchart.

Dengan bantuan aplikasi ini, berbagai pekerjaan pun akan lebih mudah diselesaikan. Bagi Anda yang belum pernah mencoba aplikasi pembuat flowchart, mungkin akan kesulitan memilihnya. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini agar bisa menemukan aplikasi flowchart yang tepat.

Rekomendasi Aplikasi Membuat Flowchart

1. Gliffy Diagram

apliaksi membuat flowchart gliffy diagram

Jika Anda mencari aplikasi pembuat flowchart berbasis website, Gliffy Diagram sangat direkomendasikan. Tidak perlu khawatir, interface dan fitur-fitur di dalamnya termasuk mudah dipelajari.

Anda bisa langsung merancang sebuah flowchart, bagan organiasi, diagram Venn, dan lain sebagainya. Cukup drag dan drop shape yang berada di panel kiri lalu pindahkan ke template yang disediakan.

Pada dasarnya, ada berbagai macam shape dan ikon menarik yang bisa dipilih. Anda bisa menambahkan berbagai bentuk tersebut sesuai dengan panel yang disiapkan. Tidak hanya itu, fitur grid di dalamnya akan membuat rancangan flowchart Anda menjadi lebih rapi.

Gliffy Diagram juga terintegrasi dengan Jira dan Confluence. Keduanya merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen bug sehingga pengguna bisa merancang diagram dengan lancar.

2. GitMind

aplikasi membuat flowchart GitMind

Aplikasi ini sudah banyak diandalkan untuk membuat flowchart, diagram UML, diagram pohon, bagan organiasi, dan lain sebagainya. GitMind cukup fleksibel digunakan karena memiliki pilihan template yang cukup lengkap.

Interface aplikasi ini terbilang cukup jelas dan bisa dipahami berbagai kalangan. Penempatan bentuk flowchart tergolong mudah dengan pilihan template yang ada. Untuk menggunakannya, Anda bisa memanfaatkan fitur drag dan drop yang simple.

Pengguna juga bisa mengekspor gambar dengan format yang beragam misalnya JPEG, SVG, PNG, dan PDF. File flowchart yang sudah dibuat juga bisa ditambahkan kata sandi jika Anda ingin membagikannya ke rekan kerja.

3. Microsoft Visio

aplikasi membuat flohchart Microsoft Visio


Microsoft Visio merupakan aplikasi pembuat flowchart yang sudah cukup populer. Aplikasi rancangan Microsoft ini memang sudah tidak perlu diragukan kinerjanya. Terutama untuk membuat bagan organisasi, diagram alur, desain teknik, denak rumah, dan rancangan lainnya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat jika Anda ingin berkerja secara tim. Terdapat fitur yang akan membantu penggunanya jika ingin membuat rancangan desain bersamaan.

Anda bisa menghubungkan flowchart yang sudah dibuat ke data real-time sehingga pengeditan yang dilakukan bisa dilihat saat itu juga. Pada dasarnya, Microsoft Visio bisa diakses melalui bentuk aplikasi maupun browser secara online.

4. Pencil

aplikasi membuat flowchart pencil

Jika Anda mencari aplikasi pembuat flowchart gratis namun fiturnya mumpuni, Pencil adalah pilihan yang tepat. Aplikasi yang bersifat open source ini relatif mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Interface yang cukup simple menjadi salah satu keunggulan yang bisa dipertimbangkan.

Aplikasi ini sudah dilengkapi fitur shape dan elemen flowchart yang beragam. Tidak hanya itu, tampilan antarmuka yang bisa digunakan bisa berbentuk desktop/web UI, Android, dan iOS GUI. Aplikasi ini mendukung pembuatan diagram dengan berbagai format sesuai kebutuhan.

Anda bisa mengekspor berbagai format output sepert Adobe PDF, Inkscape SVG, tautan antar halaman, dan dokumen teks OpenOffice/LibreOffice. Menariknya, Pencil juga terhubung dengan OpenClipart.org sehingga pengguna bisa menambahkan berbagai jenis Clipart.

Berbagai aplikasi membuat flowchart di atas bisa dipilih sesuai kebutuhan pekerjaan Anda. Jika untuk pemula, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bersifat open source terlebih dahulu. Namun jika sudah digunakan untuk tujuan professional, menggunakan aplikasi versi full bisa menjadi pilihan.

game-Offline-Terbaik