Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

√ 10 Rekomendasi Aplikasi Compass Android

Rekomendasi Aplikasi Compass AndroidKompas merupakan salah satu alat yang cukup penting. Terutama ketika kita sedang tersesat atau berada di tempat asing dan bingung bagaimana menentukan arah kiblat.

Jika kamu tipe pencinta alam dan suka hiking, berkemah, ataupun berperahu, tentu sangat membutuhkan kompas. Kabar gembiranya bagimu adalah sekarang kamu bisa melihat arah seperti melihat kompas hanya dengan melalui smartphone android saja. Yup, tentu saja dengan aplikasi compass android yang bisa diunduh di Google Playstore.

Ada banyak aplikasi compass yang ada di Google Playstore. Nah, kami akan merekomendasikan aplikasi terbaik kepada kamu agar tidak bingung ingin mengunduh yang mana ketika membutuhkan aplikasi ini dalam perjalanan.

Berikut beberapa aplikasi compass yang kami rekomendasikan bagi kamu:

rekomendasi aplikasi compass android digital compass

Bagi kamu yang akrab dengan aplikasi compass android yang satu ini. Digital Compass memang bisa dibilang sebagai salah satu kompas android terbaik dengan ukuran yang cukup mudah. Selain itu, aplikasi ini berfungsi dengan cukup baik.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Axiomatic inc ini memiliki beberapa kelebihandan fitur yang cukup istimewa. Berbekal alamat yang kamu masukkan, kamu bisa langsung tracing ke arah yang kamu tuju. Mirip dengan Google Maps dengan penggunaan yang lebih mudah dan ukuran aplikasi yang lebih ringan.

rekomendasi aplikasi compass android kompas 360 pro

Kompas 360 Pro adalah aplikasi compass android terbaik selanjutnya. Aplikasi yang dikembangkan oleh DavidJanuzai adalah aplikasi kompas dengan akurasi yang maksimal dan tidak diragukan lagi fungsinya.

Keunggulan aplikasi ini bisa kamu lihat pada rating dan ulasan yang ada di Google Playstore. Selain aplikasi ringan dan akurasi yang menakjubkan, kelebihan dari aplikasi ini sendiri adalah fitur yang mudah digunakan dan sangat helpful, bahkan bagi pengguna pemula. Kabar baiknya lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara offline.

Spesifikasi ponsel yang harus dimiliki untuk dapat mengunduh aplikasi ini adalah memiliki sistem operasi android versi 2.2 atau yang lebih tinggi.

rekomendasi aplikasi compass android smart compass

Satu lagi aplikasi kompas terbaik untuk android. Aplikasi ini menggunakan sensor magnetik dengan fitur yang cukup lengkap. Salah satu fitur yang ada di dalam aplikasi ini adalah kamu bisa mengubah tampilan ponsel dari mode potret ke mode landscape.

Selain itu, aplikasi ini memiliki tampilan kamera yang nyata dan mampu mendeteksi magnet. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa aplikasi ini menggunakan sensor magnetik yang nantinya akan digunakan untuk memverifikasi sensor dan mendukung GPS.

rekomendasi aplikasi compass android LED compass

Keunggulan dari aplikasi compass andorid yang satu ini adalah tampilan yang cukup sederhana namun dengan fitur yang canggih. Aplikasi ini mampu menunjukkan fungsi kekuatan medan magnetik yang akan menunjukkan arah yang benar dan sampai ke tempat tujuan.

Hanya saja, kamu harus terhubung ke internet untuk mengakses aplikasi ini. Sinyal bar yang ditunjukan di atas menunjukan kondisi sinyal dari tempat yang ada. Jika sinyalnya hijau, maka itu menunjukkan bahwa sinyalnya baik. Begitupun sebaliknya, jika sinyal bar berwarna kuning maka sinyal tempat tersebut buruk.

rekomendasi aplikasi compass android kompas

Bagi kamu yang memiliki hobi kegiatan di luar ruangan seperti piknik, hiking, atau kegiatan outdor, aplikasi compass android yang satu ini memiliki tingkat akurasi yang luar biasa. Hal ini karena adanya fungsi sensor motorik yang ditanamkan di dalam aplikasi.

Sebenarnya, aplikasi Kompas ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi LED Compass.

rekomendasi aplikasi compass android 3D Compass

Jika kamu menginginkan tampilan 3D pada aplikasi kompas, kamu bisa mencoba aplikasi 3D Compass yang memiliki tampilan cukup mirip dengan kompas sungguhan. Aplikasi yang satu ini juga memiliki akurasi yang luar biasa sehingga pengguna tidak perlu khawatir terhadap spesifikasi aplikasinya.

7. Just a Compass (Free & no Ads)

rekomendasi aplikasi compass android

Aplikasi selanjutnya adalah Just a Compass yang dibuat oleh  PixelProse SARL. Aplikasi compass android yang satu ini juga memiliki tampilan yang sederhana. Fitur yang disediakan juga cukup sederhana, dari mulai fitur dasar magnet utara, matahari terbit dan terbenam, lintang, bujur, dan banyak lagi.

Aplikasi ini bisa kamu manfaatkan untuk menentukan arah kiblat. Yang istimewa dari aplikasi ini adalah dapat diunduh gratis dan tidak ada iklan yang mengganggu di dalamnya. Selain itu, akurasi yang dimiliki oleh aplikasi ini cukup akurat dan sudah mendapat dukungan dari EGM96 dan UTM untuk referensi geoid.

8. Qibla Compass

rekomendasi aplikasi compass android qibla compass

Jika kamu takut tidak tahu arah kiblat jika berada di tempat baru, maka kamu bisa mencoba Qibla Compass. Aplikasi ini sendiri dibangun oleh AppSourceHub dan bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Tidak hanya fitur kompas, aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan seperti membaca Al-Qur’an dan fitur muslim lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa didapatkan secara gratis di Playstore. Jika kita mengungkit kekurangan, mungkin aplikasi ini memiliki iklan di dalamnya.

9. Accurate Compass

rekomendasi aplikasi compass android accurate compass

Aplikasi compass android selanjutnya adalah accurate compass yang dilengkapi dengan sensor magnetik. Seperti namanya, aplikasi Accurate Compass ini bisa dikatakan dapat menunjukkan arah yang cukup akurat dan memiliki fitur kalibrasi. Selain itu, ada juga fitur lintang, bujur, dan bahkan kamu bisa menyesuaikan mode landscape ataupun mode potret pada android yang kamu miliki.

10. Kompas Baja 3D

rekomendasi aplikasi compass android kompas baja 3D

aplikasi selanjutnya adalah aplikasi kompas baja 3D yang telah mendapatkan bintang 4,2 di Playstore. Kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya tampilan grafis 3D dan pilihan tema menarik yang bisa kamu pilih agar tidak bosan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa menunjukkan arah medan magnet, arah matahari, arah bulan, arah kiblat, dan lain sebagainya.

Kenapa Harus Menggunakan Aplikasi Compass Android?

Ada beberapa alasan yang cukup kuat kenapa kita harus menggunakan aplikasi compass android. Salah satunya adalah tidak perlu repot membawa banyak alat. Cukup dengan android saja, maka kita bisa pergi dan mengunjungi tempat yang bahkan asing dengan kita.

Meskipun demikian, menggunakan aplikasi juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah hilangnya sinyal atau kalibrasi kompas yang tidak sesuai. Nah, jika masalahnya yang pertama, maka cara yang bisa ditempuh adalah mengunduh aplikasi yang bisa digunakan secara offline.

Jika masalah yang didapat adalah dari mengalibrasinya, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Dengan memutarkan perangkat pada poros yang berbeda
  • Menggunakan pola gerakan angka 8 untuk proses kalibrasi kompas
  • Mencoba bantuan aplikasi pihak ketiga, seperti GPS Essential dan Compass.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi compass android yang bisa kamu gunakan ketika ingin melakukan kegiatan outdor. Ada beberapa aplikasi yang menggunakan jaringan atau koneksi internet dalam penggunaannya dan ada yang tidak.

Sebagai saran, jika kamu membutuhkan kompas untuk di daerah yang mudah mendapatkan sinyal, gunakanlah aplikasi terbaik di atas.

Sebaliknya, jika tujuannya ke tempat yang sulit dijangkau sinyal, pilihlah aplikasi compass android yang bisa digunakan offline. Atau gunakan saja compass asli.