Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Cara Menghemat Baterai Hp Xiaomi

CaraMenghemat Baterai HP XiaomiSudah rahasia umum bahwa Xiaomi memiliki spesifikasi yang mirip dengan iPhone versi lite. Sehingga terkadang ketahanan baterainya juga agak mengkhawatirkan jika dibawa dalam perjalanan panjang. Sehingga terkadang dibutuhkan tips and trick bagaimana cara agar baterai Xiaomi lebih hemat.

cara menghemat baterai xiaomi

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Karena dalam penghematan baterai HP Xiaomi, kamu enggak perlu untuk menginstall aplikasi tambahan apapun. Karena sebenarnya, tidak ada aplikasi yang benar-benar berfungsi untuk menghemat.

Aplikasi penghemat baterai biasanya hanya sekedar jadi ‘pengingat’ bagi kamu untuk melakukan beberapa hal agar baterai lebih tahan lama. Tapi, kamu bisa, kok, melakukan hal-hal yang menghemat baterai sendiri tanpa bantuan aplikasi.

Check this out

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Nah, untuk menghemat baterai Xiaomi tanpa aplikasi sendiri, kamu bisa melakukannya dengan 13 cara berbeda. Yang terpenting, kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan sama sekali.

13 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai HP Xiaomi tanpa menggunakan aplikasi adalah:

1. Mengatur Kecerahan Layar di HP

cara menghemat baterai xiaomi

Sebenarnya ini adalah cara yang paling sepele, tapi berpengaruh besar terhadap keadaan baterai HP, merk apapun itu.

Kecerahan layar bisa diatur secara otomatis sesuai dengan penerangan ruangan yang kita huni. Tetapi, kamu perlu tahu bahwa HP yang memiliki kecerahan yang maksimal memiliki 2 kelemahan:

  • Dapat merusak mata karena sinar biru yang keluar lebih banyak
  • Dapat memakan konsumsi daya baterai lebih besar dibanding dengan kecerahan rendah

Dari 2 hal di atas, kamu tentu tahu kenapa mengatur kecerahan ponsel bisa berpengaruh besar terhadap daya baterai. Sehingga, bisa dibilang bahwa mengatur kecerahan layar di HP adalah cara menghemat baterai HP Xiaomi yang pertama.

Kalau bisa, gunakan cahaya penerangan layar seminimal mungkin. Tetapi jika tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut (misalnya kamu berada di luar ruangan dengan penerangan yang baik), maka sesuaikan saja kecerahan layarnya agar kamu tetap bisa menatap layar ponsel dengan baik.

Kabar gembiranya adalah, ponsel Xiaomi tipe terbaru bisa mengatur kecerahan layar dengan sistem otomatis karena sudah ada fiturnya.

Kecerahan yang diatur otomatis ini bisa menyesuaikan keadaan penerangan ruangan tempat kamu berada. Sehingga kamu bisa menggunakan ponsel lebih baik sekaligus menghemat baterai HP Xiaomi milikmu.

2. Nonaktifkan GPS

cara menghemat baterai xiaomi

Cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mematikan layanan lokasi atau GPS di ponsel.

Pertama, coba cek apakah lokasi HP mu nyala atau tidak. Jika tidak, maka kamu bisa melewatkan cara ini. Tetapi jika menyala, kamu harus mematikan atau menonaktifkannya terlebih dahulu.

Sebagai pengguna ponsel pintar, kita semua pasti pernah menggunakan GPS untuk mencari jalan atau sekedar melakukan share lokasi. Kegiatan ini memaksa kita untuk mengaktifkan GPS. Enggak apa, sih. Tapi jangan sampe lupa untuk mematikannya karena GPS yang aktif dapat menghabiskan daya baterai yang lebih besar.

Oleh karena itu, menonaktifkan GPS bisa menjadi salah satu cara menghemat baterai HP Xiaomi yang kamu miliki.

3. Nonaktifkan Bluetooth

cara menghemat baterai xiaomi

Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan Bluetooth.

Zaman sekarang, earphone nirkabel sangat populer untuk setiap merk ponsel sejak Airpods dikeluarkan. Nah, earphone ini bisa disambungkan ketika mengaktifkan bluetooth. Jadi, kamu perlu ingat jika sudah selesai menggunakan earphone nirkabel, matikan layanan bluetoothnya.

Layanan bluetooth yang terus menerus aktif bisa membuat baterai menjadi lebih boros karena memakan daya yang cukup besar. Jadi, jika ingin cara menghemat baterai HP Xiaomi, salah satunya adalah memastikan bahwa bluetooth sudah mati setelah tidak digunakan.

Sangat mudah, bukan?

4. Nonaktifkan Suara

cara menghemat baterai xiaomi

Menonaktifkan suara bisa menjadi cara menghemat baterai HP Xiaomi yang selanjutnya. Hah, suara apa?

Dalam sebuah ponsel pasti memiliki nontifikasi ponsel dan ada 3 mode: getar, diam, dan bersuara. Nah, kamu bisa mulai mematikan suara dari panel notifikasi untuk menghemat daya baterai HP Xiaomi.

Memangnya, suara notifikasi bisa menghabiskan baterai?

Iya, tetapi tidak begitu banyak. Hanya saja, jika baterai yang mau miliki sudah tinggal sedikit, melakukan cara ini bisa membantu untuk lebih menghemat baterai HP.

5. Nonaktifkan Screensaver

Screensaver adalah media (bisa berupa gambar, foto, background atau latar belakang, wallpaper, atau lainnya yang biasa ditampillkan ketika ponsel android jika sedang diisi baterainya. Biasanya, screensaver ada di Windows dan akan muncul ketika komputer sedang tidak digunakan.

Tetapi, fitur ini sudah ada di android dan biasanya muncul ketika sedang pengisian baterai. Sebenarnya, sama seperti penonaktifan screensaver ini enggak terlalu berdampak besar dalam penghematan baterai karena toh jarang muncul.

Tetapi jiia screensaver aktif terus-menerus, penggunaan baterai yang tadinya sedikit menjadi lebih banyak dan akhirnya justru membuat baterai HP Xiaomi menjadi lebih boros.

6. Nonaktifkan Location Service di Akun Google

Location service dan GPS adalah 2 hal yang berbeda, meskipun sama-sama digunakan untuk membagikan lokasi HP. Location Service memang sangat bermanfaat dalam melacak ponsel apabila hilang dan biasanya aplikasi ini bekerja di belakangg layar. Masalahnya adalah Location Server memakan daya baterai yang cukup besar.

Jika baterai tinggal sedikit, kami menyarankan untuk mematikan layanan ini sebagai salah satu cara menghemat baterai HP Xiaomi. Tetapi jika tidak, kami menyarankan untuk tetap mengaktifkannya agar jika terjadi kehilangan, mudah untuk mendapatkannya kembali.

7. Tutup Aplikasi Berjalan yang Tak Dipakai

Cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan di belakang layar. Seringkali, meskipun kita sudah keluar dari aplikasi tersebut, aplikasinya belum tertutup dan masih berjalan di belakang layar sehingga konsumsi baterainya cukup boros.

Untuk cara menghemat baterai HP Xiaomi, kamu cukup menutup aplikasi yang berjalan di belakang layar. Ini bisa menghemat baterai cukup banyak, loh.

8. Aktifkan Power Saving

Cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengaktifkan power saving. Setiap ponsel biasanya meemiliki fitur penghemat baterai bernama Power Saving, termasuk  HP Xiaomi.

Cara mengaktifkannya cukup mudah. Silahkan masuk ke menu Security, kemudian pilih opsi Power. Di sana akan ada pilihan Battery Saver dan lanjutkan ke Switch On Baterai Saver. Biasanya fitur ini adal di MIUI 10.

9. Bersihkan File Sampah

Setiap kali kita membuka aplikasi, apapun itu, pasti akan menghasilkan file sampah atau biasa juga disebut dengan cache. Cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan bisa mengonsumsi daya baterai lebih banyak, loh.

Kok, bisa?

Tentu saja bisa. Menumpuknya file sampah atau cache di penyimpanan akan membuat kinerja ponsel lebih lambat dan berat sehingga konsumsi baterai HP Xiaomi menjadi cukup tinggi. Inilah kenapa, untuk cara menghemat baterai HP Xiaomi yang wajib dilakukan adalah membersihkan file sampah dengan rutin sehingga tidak menumpuk dan membuat baterai menjadi boros.

10. Hapus/Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Cara menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan menguninstall aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi sering berjalan di belakang layar, sehingga semakin banyak aplikasi yang terinstall itu artinya baterai akan semakin boros.

Sehingga salah satu cara untuk menghematnya adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan.

11. Selalu Jaga Kesehatan Baterai

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang paling utama adalah menjaga kesehatan baterai. Kesehatan baterai juga memiliki peran yang cukup besar terhadap pengaruh konsumsi baterai. Kamu harus merawat baterai HP Xiaomi untuk memastikannya tetap hemat.

Cara menghemat baterai HP Xiaomi dengan menjaganya tetap awet adalah:

  • Menggunakan charger Xiaomi yang original
  • Tidak terlalu lama dalam mengisi baterai
  • Tidak menggunakan ponsel selama dayanya diiisi
  • Tidak mengisi baterai dalam posisi baterai 0%
  • Gunakan dark mode dan selalu bawa power bank

12. Update MIUI ke Versi Terbaru

cara menghemat baterai xiaomi

Cara menghemat baterai Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengupdate MIUI ke versi terbaru. Versi OS terbaru jelas berdampak pada performa ponsel dan daya tahan baterai. Karena semakin baru Osnya, kerja ponsel akan semakin ringan.

Adapun cara mengupdate MIUI ke versi terbaru adalah:

Buka menu pengaturan > masuk ke Pembaruan > jika ada pembaruan ke versi terbaru, langsung klik dan pastikan koneksi internet ada.>  tunggu sampai update selesai dilakukan

Menghemat Baterai Xiaomi dengan Aplikasi

Selain tanpa aplikasi, kamu juga bisa melakukan cara menghemat baterai HP Xiaomi dengan menggunakan aplikasi.

Adapun aplikasi yang bisa kamu pakai adalah:

1. Greenify

Kegunaan utama Greenify adalah untuk menghemat RAM android. Tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menghemat baterai HP Xiaomi karena sistem kerjanya yang menidurkan kembali aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Hal ini jelas bisa membuat baterai lebih hemat karena tidak ada lagi aplikasi yang berjalan di belakang layar.

2. GO Battery Saver

Cara menghemat baterai HP Xiaomi dengan aplikasi adalah dengan menginstall GO Battery Saver. Aplikasi ini memiliki proses optimaliasi dalam bentik widget sehingga memudahkan pengguna untuk menghemat baterai.

Aplikasi Penghemat Baterai Ponsel Lainnya

Beberapa aplikasi penghemat baterai lain yang bisa digunakan adalah:

  • Doctor Battery
  • Power Battery
  • Battery Saver – Power Saver
  • Avast Battery Saver
  • Avira Optimizer
  • Kaspersky Battery Life
  • AccuBattery

Kesimpulan

Ada banyak cara menghemat baterai HP Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi sama sekali. sebenarnya, polanya sama dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Yakni dengan rajin menutup aplikasi yang berjalan di belakang layar sehingga baterai lebih hemat.

Yuk, lakukan cara menghemat baterai HP Xiaomi untuk keawetan bateraimu!