Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Windows 11 Resmi Meluncur, Simak Tampilan dan Fitur Terbarunya

Pada hari Jum'at 25 Juni 2021 kemarin Microsoft secara resmi meluncurkan Windows 11, setelah berbulan - bulan lamanya beredar rumor produk OS terbaru dari microsoft ini akhirnya meluncur di Microsoft Event dengan tema yang diusung Create, Connect and Play.

OS terbaru dari microsoft windows 11

Tema tersebut diusung dengan alasan Microsoft ingin memberikan fokus yang lebih besar untuk menghadirkan pengalaman yang lebih sederhana pada saat pengoperasian operating sistem terbaru mereka untuk para penggunanya. Perubahan yang paling terasa di Windows 11 ini adalah tampilan User Interface (UI) nya. Seperti disebutkan oleh Chief Product Officer (CPO) Microsoft Panos Panay, bahwa tim mereka sudah berusaha dengan keras untuk dapat mengahadirkan komposisi User Interface (UI) yang lebih ramah dan bisa mendukung produktivitas penggunanya.

Tim sangat memperhatikan setiap detail piksel, transparansi, warna dan tekstur pada Windows 11 ini, semua tampak nyata dan transisinya sangat indah, ungkap Panos.

tampilan desktop windows 11

Kalau dilihat seara sekilas, tampilan Windows 11 ini mirip dengan OS besutan dari Apple yakni MacOS. Untuk bagian desktop nya ikon Home dan aplikasinya diletakkan pada posisi tengah bagian bawah. Selain itu pada tampilan desktop Windows 11 ini terdapat bilah notifikasi pada bagian kanan bawah, yang akan muncul apabila kita menggeser atau mengusap touchpad kearah bagian kiri.

Ada banyak widget yang menarik ditampilkan pada Desktop Windows 11, seperti feed berita, cuaca dan peta dengan latar yang transparan. Untuk tampilan ikon nya sendiri di Windows 11 ini sangat simpel dengan sudut membulat dan pewarnaannya yang lebih soft. Sehingga Windows 11 ini terlihat lebih simpel atau sederhana dibandingkan dengan pendahulunya.

Selain tampilannya yang lebih sederhana, panos mengatakan perubahan lainnya yang diusung oleh Windows 11 ini adalah sistem internalnya yang lebih ringkas dari pendahulunya, untuk Windows Update nya juga lebih ringan 40% dari yang sebelumnya, hal ini memberikan efisiensi dari pemakaian energi sehingga membuat baterai lebih awet.

Dengan desain Sistem Operasi yang lebih ringan ini Windows 11 dapat memberikan kepada pengguna pengalaman akses kebeberapa fungsi atau aktivitas yang lebih cepat, seperti pada saat booting dan waking up, dan juga pengalaman browsing atau berselancar di internet dengan menggunakan browser edge akan jauh lebih cepat di WIndows 11.

Bukan hanya perubahan di User Interface (UI) saja yang Microsoft lakukan di Windows 11 ini, tetapi juga terdapat fitur baru seperti Microsoft Store, Windows 11 ini juga dibuat oleh Microsoft sudah bisa terintegrasi dengan Xbox Game Pass. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk bisa bermain game di Cloud Xbox secara langsung.