Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Kode Rahasia Android untuk Akses Fitur Tersembunyi

KodeRahasia AndroidSebagai salah satu barang canggih, android tentu saja menawarkan banyak kelebihan kepada penggunanya. Dan meskipun tidak pernah masuk ke dalam iklan di TV, ternyata android memiliki banyak fitur tersembunyi yang enggak diketahui semua orang

Biasanya, berbagai fitur tersembunyi yang dimiliki android hanya bisa diakses dengan memasukkan kode rahasia dari menu dial di smartphone android milik kamu. Beberapa fitur tersembunyi yang biasanya ada di dalam android adalah:

  • Fitur untuk mengecek performa layar
  • Fitur mengetes performa kamera
  • Fitur melihat nomor IMEI
  • Untuk melakukan factory reset
  • Dan berbagai fitur lainnya.

Bagi kalian yang ingin tahu apa saja fitur rahasia yang dimiliki android sekaligus ingin belajar mengakses fitur-fitur tersebut, maka kalian bisa melihat rangkuman Sabineblog yang dilangsir dari berbagai sumber hanya untuk kamu.

17 Kode Rahasia Android untuk Semua Merek

Kode ini berlaku untuk semua android, dari mulai merk Samsung, Vivo, Oppo, sampai Xiaomi. Jai, apapun merk Hpmu,kamu bisa menggunakan kode rahasia ini untuk mengecek fitur rahasia yang dimiliki android.

1. *#*#4636#*#* (Informasi dan Statistik Penggunaan)

Seperti yang bisa kamu lihat di gambar. Kode ini berguna untuk kamu mengakses informasi ponsel. Dari mulai informasi umum yang dimikiki android, kondisi baterai, statistik penggunaan, informasi wifi, jaringan, dan berbagai informasi lainnya.

2. *#06# (Nomor IMEI)

Sejak diberlakukannya pemeriksaan anti ponsel selundupan di Indonesia, nomor IMEI menjadi penting untuk diperiksa. Jika kamu ingin tahu nomor IMEI androidmu, maka kamu bisa mencoba untuk memeriksa nomor IMEI ini. Silahkan dicoba,

3. *#*#7594#*#* (Matikan Perangkat)

Bagaimana caramu mematikan daya ponsel? Benar, menekan tombol power.

Biasanya, jika menggunnakan tombol power, kita akan diberikan pilihan antara data mati, mode penerbangan restart, atau untuk langsung mematikan perangkat. Tapi, ada cara singkat untuk mematikan perangkat.

Yakni dengan menggunakan kode ini.

4. *#*#2664#*#* (Respon Layar)

Jika kemampuan touch screen milikmu yang bermasalah, kamu bisa menggunakan kode ini untik melakukan cek layar. Biasanya, setelah menggunakan kode ini, silahkan tekan semua sisi layar untuk mengecek responsibilitas dari si layar itu sendiri.

5. *#*#0*#*#*  (Cek Warna Layar LCD)

Masih seputar pengecekan lauat. Kali ini yang akan kamu tawarkan adalah pengecekan warna LCD. Biasanya untuk menguji warna dan detail pada layar LCD bisa menggunakan kode ini. Sekaligus untuk melihat apakah layarnya masih berjalan normal atau tidak.

6. *#*#34971539#*#* (Cek Kamera)

Jika tadi kita sudah masuk ke cek layar dan warna LCD, maka kali ini kita pindah ke cek kamera. Kamera memang merupakan salsh satu fitur favorit pengguna android. Jika kamu merasa ada yang tidak beres pada fitur kamera, kamu bisa menggunakan kode rahasia android di atas untuk mengecek kualitas dan kondisi kamera ponsel.

7. *#*#232331#*#* (Cek Bluetooth)

Untuk mengecek kondisi bluetooth dalam kondisi baik atau tidak, kita bisa mencoba menggunakan kode di atas. Kode rahasia android di atas bisa digunakan untuk mengecek kondisi bluetooth yang kamu miliki.

8. *#*#0588#*#* (Cek Sensor Proximity)

Jika android kamu memiliki sensor jarak, maka kamu bisa mencoba menggunakan kode ini untuk mengecek sensor proximity (sensor jarak) yang ada di dalam smartphone Android milikmu.

9. *#*#1472365#*#* (Cek Kualitas GPS)

Satu lagi fitur yang bisa dicek dengan menggunakan kode rahasia android, yakni kualitas GPS. Dengan menggunakan kode di atas, kamu bisa mengecek apakah GPS sedang berfungsi atau tidak. Selain itu, ada beberapa informasi lain yang bisa didapatkan dari kode GPS tersebut.

10. *#*#0842#*#* (Cek Getar dan Flashlight)

Jika fitur buzz atau getar dan flashligh kamu bermasalah, kamu mungkin bisa mengeceknya dengan menggunakan kode rahasia android di atas. Kode tersebut berfungsi untuk mengetes fitur getar dan flashlight.

11. *#*#0673#*#* atau ##0289## (Cek Audio / Suara)

Untuk mengecek audio ataupun suara yang dikeluarkan smartphone, kamu bisa menggunakan kode rahasia androif di atas. Biasanya, kode tersebut akan membantu kamu untuk mengetahui apakah audio benar-benar bermasalah atau tidak.

12. *#*#197328640#*#*  (Cek Operator dan Internet)

Jika jaringan atau internet yang kamu miliki bermasalah, kamu bisa mulai untuk mengeceknya melalui kode di atas. Kode tersebut biasa digunakan untuk mengecek operator dan internet yang kamu miliki.

13. *#*#232339#*#* (Cek Wi-Fi)

Jika wifi ponsel yang kamu miliki bermasalah, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan kode rahasia android seperti di atas. Kode ini memang berfungsi untuk mengecek wi-fi

14. *#12580*369# (Cek Software dan Hardware)

Untuk mengecek software dan hardware yang ada di dalam android, kamu bisa menggunakan kode rahasia android di atas.

15. *#*#273283*255*663282*#*#* (Backup Semua Media)

Untuk melakukan backup di semua media, baik dalam foto, video, atau apapun yang ada di gallery milik kita, maka kita bisa menggunakan kode rahasia hp android di atas.

16. *2767*3855# (Wipe Total)

Kamu juga bisa melakukan wipe  total dengan menggunakan kode rahasia. Wipe total ini adalah menghapus semua data perangkat, termasuk di firmware. Jadi, jika ponsel kam terlalu penuh.

17. *#*#7780#*#* (Factory Reset)

Jika kamu menginginkan ponsel kamu kembali ke settingan awal, maka kamu bisa menggunakan kode di atas. Factory reset akan membuat android milikmu kembali ke pengaturan awal dan semua data akan terhapus.

10 Kode Rahasia Android Xiaomi

Selain itu, ternyata juga fitur kode rahasia android yang dimiliki Xiaomi. Jadi, para teknisi Xiaomi biasa menggunakan kode-kode ini dalam melakukan pengecekan HP. Tapi sebenarnya, kode ini juga bukan untuk konsumsi publik.

Sebenarnya kode ini hanya diperuntukan bagi teknisi Xiaomi, karena ditakutkan jika digunakan oleh orang yang tidak begitu paham ponsel, malah nantinya akan merusak ponsel itu sendiri. Beberapa kode Xiaomi adalah:

1. *#*#64663#*#* - Kode pengecekan: Kode ini digunakan untuk mengecek kondisi HP Xiaomi yang ada.

2. *2767*3855# - Hard reset: Hard Reset sama dengan Wipe Total. Jika kode ini digunakan, kamu akan kehilangan data dan berbagai settingan yang ada di ponsel miliku.

3. *#*#273282*255*663282#*#* - Back up data: jika ingin mencadangkan data, maka kamu bisa menggunakan kode ini.

4. *#*#232339#*#* - Mengecek jaringan wifi. Kode rahassia android ini bisa digunakan untuk mengecek jaringan wifi yang tersedia atau yang tidak stabil

5. *#*#34971539#*# - Informasi kamera. Kamu bia menggunakan kode ini untuk mengecek spesifikasi kamera yang dimiliki oleh hp Xiaomi kau

6. *#*#3264#*#* - Informasi RAM. Untuk mengecek kondisi RAM yang ada di ponselmu

7. *#*#0*#*#* - Digunakan untuk mengetes kondisi layar Xiaomi

8. *#*#7780#*#* - Digunakan apabila kamu ingin ponsel kamu kembali ke serringan pabrik. Penggunaan kode ini dapat menyebabkan kehilangan data

9. *#*#2664#*#* - Tes touchscreen

Akhir Kata

Itulah beberapa kode rahasia android. Beberapa kode apabila dijalankan dapat mengakibatkan kehilangan data secara menyeluruh. Bijaklah dalam penggunaan kode-kode tersebut.