Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Bluetooth Yang Menyala Sendiri Secara Terus Menerus Pada HP

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengguna perangkat selular adalah koneksi Bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus. Walaupun sebenarnya masalah ini mempunyai resiko yang minimal, akan tetapi akan menjadi hal yang membuat Kita penasaran kenapa hal ini bisa terjadi dan juga akan enyebabkan baterai menjadi cepat terkuras habis.

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus

Masalah bluetooth yang menyalan sendiri pada selular tentunya mempunyai penyebab yang berbeda beda pada setiap pengguna yang satu dengan yang lainnya. Kali penulis sudah merangkum beebrapa penyebab bluetooth menyala sendiri dan solusi praktisnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Bluetooth Menyala Sendiri Secara Terus Menerus

Dipakai Untuk Meningkatkan Akurasi dari GPS

1. Masuk kehalaman Settings

2. Buka pada menu bagian Connections

mengatasi masalah bluetooth yang menyala sendiri secra terus menerus

3. Pilih Menu Location

mengatasi masalah bluetooth yang menyala secara terus menerus

4. Masuk kebagian Improve accuracy

mengatasi masalah pada bluetooth yang menyala secara terus menerus

5. Matikan opsi Bluetooth Scanning

mengatasi masalah pada bluetooth yang menyala secara terus menerus

Pada saat suatu perangkat ingin mendapatkan informasi mengenai suatu lokasi dengan lebih baik, maka pada beberapa perangkat menerapkan opsi tambahan yaitu berupa pemindaian terhadap Access Point maupun titik Bluetooth terdekat.

Hal inilah yang tanpa disadari oleh pegguna yang menyebabkan Bluetooth menyala sendiri ketika menghidupkan Handphone atau pada saat menggunakan aplikasi yang menggunakan layanan lokasi.

Cara mudah untuk menyelesaikan masalah ini adalah pengguna bisa mematikan layanan lokasi (GPS) dengan cara masuk kehalaman Settings  >  Connections kemudai geser tombol Location menjadi posisi Off atau bisa juga menonaktifkan ikonnya melalui quick panel.

Namun apabila Kamu memerlukan layanan GPS tanpa mau mengganggu koneksi Bluetooth bisa melakukan mematikan opsi Bluetooth Scanning pada halaman Settings seperti sudah dijelaskan sebelumnya, yang mana untuk lokasi menu dan penempatannya bisa saja berbeda pada setiap perangkat.

Ada Aplikasi Yang Berjalan Dibelakang Layar

Selain permasalah geolokasi yang menyebabkan Bluetooth bisa menyala sendiri, masalah lain yang mungkin terjadi adalah dikarenakan ada sejumlah aplikasi berbagi file atau berkas seperti SHAREit atau files by Google yang membutuhkan koneksi Bluetooh pada saat sedang berjalan.

Bisa jadi Bluetooh yang menyala sendiri pada HP Kamu disebabkan karena aplikas - aplikasi tersebut sedang berjalan atau digunakan dibelakang layar.

Kamu bisa menyetop secara paksa aplikasi - aplikasi tersebut dengan cara masuk kehalaman Settings > Apps (App Management) > APlikasi yang diinginkan kemudian pilih Force Stop, ini bisa menjadi salah satu solusinya.

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus

Kadang kala juga hal ini terjadi karena bug dari aplikasi tersebut, oleh karena itu perlu dilakukan update apliaksi tersebut ke versi yang terbaru atau malah terkadang harus di downgrade ke aplikasi versi yang lebih lama.

Kesalahan Pengaturan Konektivitas

1. Masuk ke Halaman Settings pada Selular

2. Masuk kedalam menu General Management atau System sesuai dengan perangkat yang digunakan

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri


3. Cari dan buka menu Reset atau Reset Options

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri

4. Pilih atau klik opsi Reset Netwok Settings

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri

5. Kemudian ketuk tombol Reset Settings

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus

6. Silahkan klik tombol konfirmasi apabila diperlukan

Mengembalikan pengaturan konektivias kepada kondisi awal merupakan langkah - langkah untuk memastikan bahwa perangkat sudah berjalan dengan pengaturan yang sesuai.

Dengan melakukan langkah reset pengaturan konektivitas bisa menjadi salah satu solusi kenapa koneksi Bluetooh suka menyala sendiri yang disebabkan karena salah pengaturan konektivitas pada perangkat.

Lokasi menu untuk reset pengaturan konektivitas pada setiap perangkat bisa berbeda, untuk memudahkannya pengguna selular bisa memanfaatkan fitur cari pada halaman Settings dengan memasukkan kata kunci Reset atau Atur Ulang disesuaikan dengan bahas yang digunakan pada perngkat selular Kamu.

Penumpukan Data di Bluetooth

1. Buka Halaman Settings

2. Masuk ke menu Apps (App Management)

mengatasi bluetooth yang menyala sendiri


3. Klik More Options (ikon tiga titik)

4. Pilih opsi Show System apps

cara mengatasi bluetooth menyala sendiri secara terus menerus

5. Silahkan search atau cari Bluetooth

mengatasi bluetooth yang menyala secara terus menerus

6. Buka pada bagian Storage

cara mengatasi bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus

7. Ketuk tombol Clear Data

cara mengatasi bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus


Langkah diatas adalah untuk mengatasi konektivitas Bluetooth yang sering menyala sendiri secara terus menerus yang disebabkan oleh menumpuknya data didalam layanan Bluetooth. Cara diatas pada perangkat selular yang lain bisa berbeda tergantung dari interface yang digunakan oleh selular tersebut.

Bug Pada Sistem Operasi

Semua aktivitas yang terjadi pada selular atau handphone yang mengatur adalah sebuah sistem operasi yang berjalan didalamnya. Kadang kala dalam pemgembangan sistem operasi tersebut terdapat bug yang menyebabkan masalah terjadi. 

Konektivitas Bluetooth yang menyala sendiri secara terus menerus juga bisa disebabkan oleh bug pada sistem operasi selular tersebut. Hal ini bisa ditandai dengan banyaknya komplain dari sesama pengguna selular tersebut.

Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh bug pada sistem operasi Kamu bisa melakukan update sistem operasi ke versi yang lebih baru. Demikian ulasan dari penulis tentang berbagai masalah dan solusinya untuk konektivitas bluetooth yang sering menyala sendiri secara terus menerus.