Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC Ringan Terbaik 2021



Tidak hanya untuk smartphone, kini orang banyak mencari cara merekam layar laptop menggunakan aplikasi perekam layar PC yang worth it untuk berbagai keperluan. Mulai dari membuat video tutorial, video gaming, dan masih banyak lagi.

Namun tidak semua orang memiliki spesifikasi laptop yang mumpuni. Sehingga banyak yang mencari aplikasi perekam layar di laptop ringan agar tidak memakan banyak tempat. Bahkan banyak pula yang menginginkan aplikasi perekam yang gratis dan tanpa watermark.

Jika Anda juga sedang mencari aplikasi perekam layar PC dengan beberapa spesifikasi di atas, jangan khawatir. Pada pembahasan kali Anda akan mengetahu beberapa rekomendasi aplikasi yang pastinya terbaik.

5 Aplikasi Perekam Layar PC Ringan

Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar PC ringan yang bisa Anda pilih untuk gunakan:

1. OBS Studio

OBS Studio menjadi salah satu favorit ketika ingin merekam layar laptop. Aplikasi satu ini sangat ringan namun juga berkualitas dan worth it untuk dimiliki.

Terdapat beberapa pilihan rekaman layar yang bisa Anda gunakan. Mulai dari merekam layar laptop secara keseluruhan, merekam hanya pada bagian aplikasi tertentu, menambahkan musik, menambahkan voice over, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi satu ini juga menyediakan fitur live streaming, jadi sangat berguna terutama bagi para gamers.

Kelebihan lainnya dari OBS Studio yaitu bisa merekam layar tanpa watermark. Bahkan kualitas videonya cukup bagus. Aplikasi ini bisa diinstall baik melalui Windows maupun Linux.

2. Screenpresso

Sebenarnya aplikasi screenpresso lebih berfokus pada capture gambar. Pasalnya, fasilitas untuk capture gambar sangat lengkap. Mulai dari screenshot secara keseluruhan, beberapa bagian, beberapa halaman sekaligus, bahkan sampai mengedit hasil screenshot.

Namun aplikasi ini juga menyediakan video capture yang bisa Anda manfaatkan. Hadir tanpa watermark, Anda juga bisa mengedit video hasil rekaman layar pada aplikasi screenpresso.

Namun sayangnya aplikasi satu ini hanya tersedia pada OS Windows. Jadi jika Anda memiliki sistem operasi lainnya, bisa gunakan berbagai aplikasi lainnya ya!

3. Aplikasi Action!

Apakah Anda mencari aplikasi perekam layar PC yang bisa menghasilkan video HD? Maka action! Adalah jawabannya. Meskipun cukup ringan aplikasinya, Anda bisa memperoleh kualitas video yang menakjubkan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih format MP4 atau AVI pada video akhir yang dihasilkan. Bahkan tidak hanya melakukan perekaman layar, aplikasi satu ini juga bisa digunakan untuk keperluan screenshot gambar.

4. DXTory

Jika Anda menginginkan tampilan yang sederhana dan ringan, maka DXTory merupakan jawabannya. Aplikasi satu ini hadir dengan tampilan lama namun kualitasnya tidak mengecewakan.

Anda bisa merekam layar dengan kualitas gambar yang tinggi. Selain itu, bisa pula mengedit dengan menambahkan 2 suara yang terpisah, misalnya suara Anda sendiri dengan suara musik.

5. Camstudio

Suka yang gratisan tapi tanpa watermark? Maka camstudio meruapakan pilihan aplikasi perekam layar pc yang perlu Anda gunakan. Dengan output AVI atau SWF, kualitas video yang didapatkan juga sangat berkualitas.

Selain itu, aplikasi satu ini juga bisa digunakan untuk menampilkan wajah pada layar yang sedang direkam. Jadi sangat cocok bagi youtuber atau content creator yang ingin tetap eksis meskipun hanya merekam layar PC.

Penutup

Jadi itu adalah beberapa aplikasi perekam layar PC ringan yang bisa Anda manfaatkan. Selain ramah terhadap laptop dengan spesifikasi rendah, berbagai aplikasi di atas juga sangat mudah digunakan. Selamat mencoba dan merekam layar PC sesuai dengan kebutuhan!