Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Engsel Layar Laptop Patah? Cek di Sini

Patahnya engsel layar laptop sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pemiliknya. Apakah kamu salah satunya? Engsel yang patah akan menghambat aktivitas bekerja atau mengerjakan tugas.

Belum lagi biaya perbaikan dari engsel ini cukup mahal. Kamu mungkin akan tekor jika laptop sudah lewat masa garansinya. Dilansir dari website Tedas.id ada beberapa penyebab yang harus kamu waspadai. Apa saja itu?

4 Penyebab Engsel Layar Laptop Kamu Bisa Patah

penyebab engsel layar laptop patah

Engsel yang patah dapat merusak kabel yang tersambung dari keyboard ke layar. Layar baik-baik saja, namun kamu tidak bisa mengoperasikannya karena tidak terhubung dengan keyboard.

Selain itu jika dibiarkan maka akan merusak komponen lainnya. Debu dan juga air berpotensi masuk sehingga merusak mesin laptop. Kerusakan ini ternyata bisa disebabkan oleh beberapa hal sepele berikut ini.

  1. Kebiasaan Meletakkan Beban Berat

Penyimpanan laptop setelah digunakan sangat krusial untuk menjaga keawetannya. laptop harus segera ditutup setelah dimatikan. Tujuannya agar tidak ada benda yang diletakkan di atasnya sehingga merusak engsel.

Begitu juga dengan laptop yang sudah ditutup, kamu sebaiknya tidak meletakkan apapun di atas laptop. Beban berat di atasnya akan merusak mekanisme dari engsel layar. Kerusakan pun akan terjadi dalam jangka panjang.

  1. Kebiasaan Kasar Membuka dan Menutup Laptop

Apakah selama ini kamu sudah benar ketika membuka dan menutup laptop kesayangan. Jangan sampai karena emosi kamu membuka atau menutupnya dengan kasar.

Bahkan pada beberapa kasus ada juga yang menutup dengan sedikit membanting. Kebiasaan ini sangat buruk untuk kondisi fisik laptop. Kamu akan mendapati engsel cepat rusak karena hal ini.

Lebih baik untuk mempelajari bagaimana cara membuka dan menutup dengan benar. Selalu perhatikan bahwa sistem sudah benar-benar mati baru menutupnya. Dengan begitu kondisi hardware dan software dapat bertahan lama.

  1. Tidak Sengaja Mengalami Benturan

Benturan adalah hal berbahaya yang dapat merusak kondisi laptop dari sisi manapun. Misalnya ketika kamu membawa laptop dengan tas ketika berada di kendaraan umum. Kemudian berbenturan dengan kursi atau orang lain.

Benda keras yang membentur laptop khususnya pada bagian engsel akan langsung merusaknya. Jangan sampai juga laptop kamu jatuh dan merusak bagian layar. Bukan hanya engsel kamu pun harus membeli LED baru.

  1. Membeli Laptop dengan Kualitas Material Buruk

Hal ini yang menyebabkan kamu harus teliti sebelum membeli laptop. Cari tahu apa bahan pembuatnya sehingga laptop bisa lebih kuat. Material yang buruk selalu jadi penyebab utama kerusakan yang lebih cepat.

Terutama bagian engsel yang sering bergerak setiap kali laptop digunakan. Mengetahui desain laptop pun sangat penting sehingga kamu tahu mana laptop berkualitas dan tidak.

Tips Mencegah Kerusakan pada Engsel Layar Laptop

tips mencegah kerusakan engsel laptop

Mengenali apa saja penyebab dari kerusakan engsel layar laptop tersebut, kamu jadi lebih tahu bagaimana cara untuk mencegahnya. Kerusakan engsel ini ternyata bisa dicegah dengan mengurangi kebiasaan buruk di atas.

Selain itu ada beberapa cara mencegah lainnya yang bisa diikuti sebagai berikut:

  1. Selalu Simpan Laptop dalam Tas

Laptop harus selalu dibawa di dalam tas laptop khusus yang dirancang memiliki cover lebih kuat. Walaupun kamu hanya akan berpindah lokasi sebentar, penting sekali untuk membawanya di dalam tas.

Tas yang bagus adalah tas ransel atau tas dengan sleeve yang kuat. Jangan memilih tas jinjing yang lebih mudah terbentur.

  1. Hindari Membawa Laptop di Bagian Layar

Pastikan juga jika kamu ingin memindahkan laptop, jangan hanya memegang bagian layarnya saja. Potensi kerusakan engsel akan sangat tinggi. Pegang laptop secara menyeluruh di bagian keyboard.

  1. Rutin Membersihkan Engsel Laptop

Pastikan bahwa kamu membersihkan engsel laptop setiap beberapa minggu sekali. Debu atau kotoran bisa saja merusak bagian engsel. Kamu bisa membersihkannya dengan kain halus dan kering.

Bisa juga menggunakan kuas kering yang halus untuk menghilangkan debu kering. Cek pada bagian engsel apakah terdapat kotoran mengering atau keras yang mengganggu kinerjanya.

Pada dasarnya engsel laptop dirancang agar bisa bertahan lebih lama. Jadi setiap kali ingin membeli pastikan bodi laptop kuat.