Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resmi Rilis! Inilah Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Upgrade Windows 11

Sabineblog.com - Setelah menunggu selama kurang lebih 6 tahun Windows 11 akhirnya resmi dirilis ke publik pada 5 Oktober 2021. menggantikan sistem Windows 10, tampilan dan fitur yang ada didalamnya dinilai jauh lebih apik dan profesional.

upgrade windows 11

Selain itu, proses upgrade Windows 11 juga dinilai lebih mudah dan tentunya tidak berbayar. Meski demikian, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum upgrade PC ke Windows 11. Apa saja? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Upgrade ke Windows 11

Mengutip dari berbagai sumber resmi, berikut beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk upgrade PC ke Windows 11:

PC Kompatibel Untuk Upgrade Ke Windows 11

Ada sebagian PC yang tidak kompatibel dengan Windows 11. Oleh sebab itu, sebelum install cek terlebih dahulu apakah PC Anda saat ini sudah bisa menerima upgrade Windows 11.

Cara cek spesifikasi PC, Anda bisa masuk ke menu Setting lalu pilih System kemudian klik About. Jika tidak Anda dapat menginstall official aplikasi dari Microsoft yaitu PC Health Check guna mengetahui kompatibel atau tidaknya PC Anda.

Untuk Windows 11 sendiri, Microsoft menetapkan spesifikasi dengan rincian sebagai berikut:

  • CPU: 1 Ghz or faster on a compatible 64-bit processor or System on a Chip.

  • GPU: DirecrX 12-compatible with WDDM 2.0 driver

  • Storage: 64GB or higher

  • RAM: 4GB or higher

  • TPM: Version 1.2 or 2.0

  • Firmware: UEFI. Secure Boot capable

  • Internet: Stable connection untuk Windows 11 Home edition

  • Display HD: 720p display greater than 9" diagonally, 8 bits per color channel

Pembaruan Windows 11 Dilakukan Secara Bertahap

Tak jauh beda dengan pembaruan pada WIndows 10, update Windows 11 juga dilakukan secara bertahap. Diambil dari sumber resmi Microsoft. pembaharuan akan berjalan bertahap sampai tahun 2022. Sehingga jika Anda ingin melakukan upgrade harus lebih bersabar.

Jangan Lupa Backup Data Pada PC Anda

Untuk menghindari hal tidak diinginkan, jangan lupa back up data sebelum upgrade Windows 11. File-file penting dalam komputer Anda bisa disimpan terlebih dahulu ke cloud ataupun HDD eksternal.

Selain itu, juga jangan lupa untuk mengaktifkan Secure Boot sebagai sistem keamanan. Pengaktifan ini tentu bisa dilakukan setelah Anda mengaktifkan TPM atau Trusted Platform Module.

Pastikan Storage Pada PC Anda Mencukupi

Percuma PC Anda kompatibel namun storage yang dipilih tidak cukup untuk upgrade Windows 11. Untuk itu, pastikan bahwa ruang simpan pada komputer Anda mencukupi.

Setidaknya sediakan lebih dari 64GB free space ketika ingin upgrade ke Windows 11. Anda bisa menggunakan memori eksternal untuk storage tambahan ketika ingin upgrade Windows 11.

Setelah melewati beberapa tahapan diatas dan Anda sudah berhasil install Windows 11, maka langkah selanjutnya adalah login ke akun Microsoft. Oleh sebab itu, periksa akun Anda agar dapat mengakses aplikasi bawaan dari Microsoft Office.

Selain itu, pastikan koneksi internet Anda baik selama menginstall Windows 11. Jika koneksi Anda baik, mengunduh Windows 11 hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Demikianlah ulasan terkait upgrade Windows 11 yang baru diluncurkan pada 5 Oktober 2021 lalu. Jika saat ini PC Anda belum bisa upgrade, maka Anda bisa menunggu pembaruan yang mendukung setidaknya hingga tahun 2025 yang akan datang. Semoga bermanfaat.