Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Nyaman saat Menggunakan Wifi Umum? Ini Tips Keamanannya

tips menggunakan wifi umum

Meskipun sudah memiliki kuota masih saja banyak yang mencari wifi gratisan ketika pergi ke mall, nongkrong di cafe atau di kantor sekalipun. Apalagi jika wifi umum yang digunakan memiliki kecepatan yang stabil, tentu ada banyak yang lebih memilihnya.

Hanya saja pengguna harus terus berhati-hati karena menggunakan wifi umum sangat rawan terhadap malware.

Informasi pribadi bisa saja dibobol tanpa disadari. Supaya kamu bisa nyaman menggunakan wifi umum, ikuti beberapa tips keamanan dan baca artikel lainnya di Kubik Tekno.

Tips Aman saat Menggunakan Wifi Gratisan

Kita tidak pernah tahu kapan kejahatan cyber terjadi. Bisa saja kamu menjadi target selanjutnya saat mengakses koneksi wifi umum. Apalagi saat ini kejahatan cyber semakin meningkat dan canggih.

Banyak sekali hacker yang menggunakan cara-cara jitu ketika ingin mendapatkan data penting dari korbannya. Setelah data kamu diambil maka akan sulit untuk melakukan pelacakan apalagi menangkap pelaku.

Supaya kamu bisa tetap nyaman dalam menggunakan wifi umum yang gratisan ada beberapa tips yang bisa diikuti sebagai berikut.

  1. Hindari Mengakses Website Penting

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pastikan kamu tidak mengakses website penting contohnya saja e-banking atau mobile banking. Sebaiknya ketika kamu ingin bertransaksi online banking gunakan jaringan pribadi.

Ketika smartphone atau bahkan laptop kamu dihack maka orang lain dapat tahu kata sandi bahkan nomor rekening. Akan sangat berbahaya jika akhirnya rekening kamu terkuras habis karena kelalaian ini.

  1. Pilih Nama Wifi yang Terhubung dengan Benar

Saat ini sekali kamu mengaktifkan fitur wifi maka ada banyak sekali jaringan yang muncul. Bahkan sebuah mall biasanya menyediakan beberapa jaringan yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Hanya saja sebaiknya kamu memilih jaringan wifi yang benar atau asli. Beberapa ada yang membuat jaringan palsu dengan nama sama tapi kamu akan tersambung dengan hacker. Terutama jika wifi bisa langsung terhubung otomatis.

  1. Mematikan Koneksi Otomatis Wifi pada Ponsel

Sebaiknya ketika berada di tempat umum kamu harus mematikan koneksi otomatis pada ponsel. Cara ini akan membantu supaya ponsel kamu aman dari jaringan lain yang tidak bisa dipercaya asal usulnya.

Ponsel kamu akan jauh lebih aman dari peretasan. Jika ingin mengkoneksikan jaringan wifi maka bisa melakukannya secara manual. Pastikan juga untuk mengetahui username dan password yang benar.

  1. Jangan Setuju dengan Agreement sebelum Dibaca

Beberapa wifi biasanya memberikan agreement yang muncul dan pengguna harus menyetujuinya agar bisa tersambung dengan wifi. Sayangnya masih banyak yang lalai dalam hal ini dan tidak membaca konten dari agreement yang tersedia.

Selalu biasanya membaca agreement yang muncul ketika kamu ingin mengaktifkan sesuatu. Beberapa isinya biasanya memperbolehkan pengguna lain untuk mengakses data yang kamu miliki. Hal ini tentu saja berbahaya dalam hal privasi.

  1. Jangan Lupa Memasang Pengaman pada Ponsel

Apakah kamu sudah memperbarui anti virus pada ponsel? Hadirnya antivirus ini menjadi keamanan terbaik yang untuk mencegah peretasan. Anti virus juga harus diperbaharui secara rutin dan kamu bisa mengaturnya secara otomatis.

Ada banyak anti virus yang bisa kamu gunakan secara gratis dan termasuk baik untuk mencegah malware untuk menginfeksi ponsel. Kamu tinggal memilihnya saja dan cari yang paling bagus kualitasnya.

  1. Memperhatikan HTTPS pada Website

Satu lagi yang tak ketinggalan harus diperhatikan adalah alamat website yang diakses. Setiap website memiliki alamat HTTPS di depannya ditambah dengan kunci gembok. Artinya alamat website tersebut aman untuk diakses.

Berbeda ketika kamu mengakses website dengan HTTP ditambah gambar gembok yang disilang. Artinya website tersebut berasal dari jaringan yang tidak aman dan bisa saja grab data dari visitornya dan sangat berbahaya untuk data sensitif.

Pastikan bahwa kamu tidak menyimpan data yang sifatnya sensitif pada ponsel supaya jika ada yang berhasil mengakses kamu tidak merasakan kerugian yang besar. Mencatat data penting di buku catatan justru lebih aman daripada ponsel.

Inilah tips mudah yang sebenarnya bisa dilakukan siapa saja, kamu hanya perlu lebih teliti lagi ketika menggunakan wifi umum.