Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Horizon Worlds, Dunia Virtual Rancangan Meta yang Futuristik

Sabineblog.com Meta resmi mengenalkan platform sosial VR “Horizon Worlds” di wilayah Amerika dan Kanada sejak akhir pekan lalu. Horizon Worlds sendiri merupakan platform sosial VR milik Meta yang dulu dikenal dengan nama Facebook. Horizon Worlds terbuka untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Seperti apa VR rancangan Meta yang kabarnya futuristic ini? Yuk simak penjelasan lengkapnya!

Horozon Worlds Dunia Virtual Rancangan Meta

Apa itu Horizon Worlds?

Horizon Worlds adalah sebuah metaverse yang memudahkan pengguna untuk memanfaatkan platform sosial VR. Dengan teknologi ini penggunaan internet akan jauh lebih maksimal khususnya sebagai media hubung antar teman.

Bahkan teknologi ini memungkinkan penggunannya untuk membuat semacam avatar digital agar dapat berinteraksi dengan teman mereka. Tak hanya itu, mereka juga dapat memainkan semua game yang ada di Horizon Worlds.                                        

Cara kerja Horizon Worlds

Perlu diketahui, semua fitur Horizon Worlds milik Metaverse hanya tersedia untuk pengguna Oculus VR headset. Pengguna bisa login ke Oculus atau akun Facebook untuk mengunduh aplikasi itu ke dalam device dan merasakan pengalamannya.

Peluncuran dari Horizon Worlds adalah sebuah Langkah yang penting untuk Facebook yang baru saja berganti nama menjadi Meta pada bulan Oktober lalu. Perusahaan ini mengadopsi sebuah cara kerja baru untuk mendeskripsikan visinya untuk bermain dan bekerja di dunia virtual.

Di Horizon Worlds, pengguna Facebook yang memiliki headset Oculus dapat membuat sebuah avatar untuk menjelajah dunia virtual. Selain berinteraksi dengan teman, pengguna juga dapat bermain game. Saat ini, berlaku sistem undangan untuk menjalankan Horizon Worlds. Nantinya, Seiring dengan perkembangan Horizon Worlds, semua orang dapat mengakses menu tersebut.

Facebook mengakuisisi Oculus sebanyak 2 miliar dolar pada tahun 2014 dan telah berusaha untuk memasuki ceruk pasar. Namun, kini Meta telah membuat sejumlah teknologi, produk, jasa di mana dunia metaverse adalah pusat fokusnya. Di bulan Oktober 2021 ini pihak Facebook mengungkapkan bahwa Facebook akan mengeluarkan 10 miliar dolar pada atahun depan untuk mengembangkan teknologi dan metaverse.

Ada Apa di Horizon Worlds?

Metaverse Horizon Worlds menurut penggunanya memiliki isi seperti gabungan Roblox dan Oasis VR dari Ready Player One. Kamu memerlukan sebuah akun Facebook dan Metaverse juga mengizinkan pengguna untuk bermain dengan maksimal 20 orang di virtual space.

Pertama kali diluncurkan pada September 2019 sebagai privat beta, Horizon Worlds telah berkembang dari dunia ala Minecraft untuk bermain game di platform sosial. Kini para pengguna beta telah merasakan pertunjukan komedi, maraton film hingga sesi meditasi. Sebelum memasuki virtual space, pihak Facebook akan mengingatkan pengguna bahwa orang-orang yang berinteraksi dengan pengguna di dunia virtual adalah orang aslinya.

Bagaimana Caranya Mengoperasikan Horizon Worlds?

Untuk menjalankan Horizon Worlds, pengguna harus mengunduh aplikasi gratisnya melalui perangkat Quest 2. Per 13 Januari 2022, Quest 1 tidak akan mendukung aplikasi Horizon Worlds. Kemudian, bulan Oktober lalu, Zuckerberg mengungkapkan bahwa ia ingin mengembangkan lagi metaverse sehingga semua orang dapat menggunakannya. Selain sisi penggunaan, Zuckerberg juga berharap Metaverse dapat meningkatkan jumlah transaksi di situs e-commerce serta membuka lapangan pekerjaan untuk para kreator dan pengembang.