Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggunakan Google Search yang Efisien, SudahTahu?

Sabineblog.com - Telah bertahun-tahun Google menjadi situs pencari yang andal yang mampu membantu pengguna menyelsaikan masalahnya. Namun, ada kalanya pengguna merasa kesulitan melakukan pencarian di Google sehingga tidak menemukan apa yang mereka cari.

cara menggunakan google search engine

Kamu tak perlu panik karena sekarang ada sejumlah tips yang lebih cepat untuk menggunakan Google Search. Penasaran apa saja tipsnya? Inilah 4 tips menggunakan Google Search yang efisien!

Gunakan tanda petik (“…”) untuk informasi yang spesifik

Untuk mendapatkan informasi yang spesifik dalam waktu singkat, gunakan tanda petik pada bagian awal dan akhir kalimat pencarian tersebut. Jangan lupa untuk mengetikkan kata dengan urutan yang sama persis.

Dengan menggunakan tanda petik, kamu akan mendapatkan berbagai informasi berupa artikel yang spesifik membahas hal yang kamu cari. Misalnya kamu mencari “tips skincare female daily’, maka Google akan menampilkan artikel tips skincare dari situs Female Daily saja. Cepat dan efisien kan?

Cari tahu kata atau lirik yang tidak diketahui dengan tanda bintang (*)

Tanda bintang pada pencarian Google dapat berarti sebuah spasi yang harus diisi dengan kata yang paling relevan. Mungkin kamu pernah mendengarkan sebuah lagu yang enak tapi kamu tidak dapat Mengingat keseluruhan liriknya? Kamu bisa mencari potongan lirik dengan mengetikkan tanda bintang untuk mengetahui kata atau frasa yang terlupakan.

Ketikkan OR untuk Mencari Beberapa Topik Sekaligus

Tips menggunakan Google Search yang efisien berikutnya adalah dengan menambahkan kata OR untuk mencari beberapa topik sekaligus. Misalnya kamu ingin mencari harga iPhone 13 dan rekomendasi iPhone 2021, kamu cukup tambahkan kata OR di antara kedua kata kunci tersebut. Hal ini tentu dapat menghemat waktu pencarian di Google.

Menyaring Informasi Dengan Tanda Hubung (-)

Tips menggunakan Google Search yang efisien satu ini cocok untuk kamu yang ingin menyaring informasi pencarian. Gunakan tanda hubung untuk menyaring informasi pencarian di depan kata kunci yang ingin dikecualikan. Oh ya, tanda hubungnya jangan dispasi, ya!

Misalnya kamu mengetikkan, “rekomendasi makeup -concealer”, kamu akan mendapatkan informasi segala rekomendasi makeup kecuali concealer.

Demikianlah 4 tips menggunakan Google Search yang efisien. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu menemukan informasi yang dibutuhkan via mesin pencari Google.