Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Membeli Smartphone Baru

Sabineblog.com - Yay, akhirnya kamu berhasil membeli smartphone baru. Namun, sebelum dipamerkan ke media sosial atau menginstall aplikasi, lakukan 6 hal yang perlu dilakukan setelah membeli smartphone baru ini yuk agar smartphone kamu semakin nyaman dan optimal digunakan!

tips setelah membeli smartphone baru

1. Cek Fisik, Garansi, dan Aksesoris

Pertama, pastikan smartphone yang kamu beli memiliki garansi distributor atau garansi resmi Garansi ini berfungsi sebagai jaminan jika sesuatu terjadi pada smartphone kamu di kemudian hari.

Kemudian, cek juga fisik smarphone dan kelengkapan aksesoris. Kamu juga bisa membuat video unboxing jika kamu membeli secara online sebagai dokumentasi apabila barang tersebut tidak berfungsi semestinya.

2. Cek IMEI Smartphone

Hal berikutnya yang perlu dilakukan setelah membeli smartphone adalah mengecek nomor IMEI. IMEi berfungsi sebagai nomor identitas setiap produk smartphone. Untuk mengecek nomor IMEI smartphone, kamu bisa menekan *#06#. Nomor IMEi pada kemasan dan HP harus sama persis.

3. Mengisi Daya Baterai

Setelah melakukan pembelian smartphone, rasanya tangan ini tidak sabar ingin menggunakannya. Namun, sebelumnya, isilah daya baterai hingga penuh. Kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 4 hingga 8 jam tergantung pada jenis perangkat.

tips cek smartphone baru

4. Hubungkan Akun Email

Selanjutnya, hubungkan akun email yang kamu miliki, terutama Gmail untuk dapat terhubung pada layanan Google, baik itu Google Maps, Google Drive, serta untuk login ke media sosial dan aplikasi.

Untuk pengguna iOS, mulailah memasukkan akun iCloud untuk backup data, mengunduh aplikasi di App Store, dan sejumlah Layanan lainnya. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa membuat akun iCloud terlebih dulu, prosesnya cukup mudah.

5. Pasang Kata Sandi Agar Smartphone Aman

Meskipun masih baru, baiknya kamu tetap menjaga privasi dengan memasang kata Sandi di smartphone kamu. Kata sandi ini dapat berupa nomor PIN atau pola untuk membuka smartphone kamu.

Kemudian, saat ini rata-rata semua smartphone sudah memiliki sistem keamanan sidik jari atau face unlock. Manfaatkan fitur tersebut untuk mencegah orang-orang sembarangan membuka gadget dan melanggar privasi.

6. Mengunduh Aplikasi yang Dibutuhkan dan Update Aplikasi Bawaan

Beberapa smartphone sudah menyediakan aplikasii bawaan. Sbeleum menginstall aplikasi baru, baiknya diupdate dulu aplikasi bawaannya agar kinerja smarptohne semakin optimal. Setelahnya, barulah kamu menginstall aplikasi lain sesuai kebutuhan.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan setelah membeli smartphone baru dan kini kamu siap menjelajah dan beraktivitas bersama smartphone barumu. Semoga tips ini bermanfaat untuk kamu, ya!