Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! Ini 6 Tips Aman Menggunakan WiFi Publik

Sabineblog.com - WiFi gratis yang disediakan di sejumlah tempat umum ibarat angin segar bagi para pengguna perangkat elektronik, terutama yang sedang bepergian. Dengan adanya WiFi publik, masyarakat dapat mengerjakan tugasnya lebih mudah dan membuka aplikasi media sosial untuk sekadar tahu tren masa kini.

tips menggunakan wifi publik

Namun, di balik segala kemudahannya, ternyata koneksi WiFi publik juga memiliki risiko. Salah satunya adalah serangan siber yang dijalankan para hacker. Untuk mengurangi risiko terkena kejahatan siber saat berinternet, yuk terapkan 6 tips aman menggunakan WiFi publik berikut!

1. Hindari menyambungkan perangkat ke WiFi secara otomatis

Beberapa perangkat smartphone memiliki opsi yang menghubungkan smartphone dengan jaringan WiFi secara otomatis, terlebih jika perangkat tersebut sudah pernah terhubung dengan sebuah jaringan WiFi.

Untuk mengantisipasi koneksi yang berbahaya, sebaiknya hubungkan jaringan WiFi secara manual. Jangan lupa juga untuk selalu menekan opsi ‘forget network’ atau ‘lupa jaringan’ saat kamu sudah selesai menggunakan WiFi publik di suatu tempat.

2. Cermati Nama HotSpot WiFi Publik

Tips aman menggunakan WiFi publik kedua adalah dengan mencermati nama hotspot WiFi. Hal Ini bertujuan agar kamu tidak terjebak ke dalam jaringan WiFi yang dibuat para hacker dengan menggunakan username yang mirip dengan jaringan WiFi sebenarnya.

Maka dari itu, kamu perlu mencermati nama WiFi yang asli dan ketersediaan koneksi yang tersedia. Perhatikan juga karakter huruf, angka, atau simbol yang mungkin ada dalam username WiFi tersebut. Kamu pun bisa memastikan username jaringan WiFi yang asli dengan bertanya pada pemilik jaringan WiFi.

3. Kunjungi laman situs web yang memiliki enkripsi HTTPS

Laman situs web yang memiliki enkripsi HTTPS adalah indikator di mana sebuah situs web sudah tersertifikasi dengan sertifikat digital yang menjangkau hingga titik enkripsi SSL. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan serangan siber berupa Man in the Middle.

Ciri laman situs web yang memiliki enkripsi HTTPS adalah memiliki simbol gembok di bagian awal alamat URL. Itu berarti segala aktivitas yang terjadi di dalam situs tersebut sudah terlindungi dari pihak ketiga.

4. Manfaatkan Aplikasi VPN

Cara berikutnya agar dapat menggunakan WiFi publik dengan aman adalah dengan mengaktifkan aplikasi VPN. VPN alias Virtual Private Network memiliki kemampuan untuk melindungi privasi penggunanya dengan tunnel serta enkripsi yang menjaga aktivitas di internet tetap aman.

Sebelum menggunakan VPN saat berselancar di internet, baiknya kamu mencari tahu dulu kelebihan dan kekurangan setiap aplikasi VPN dan kemudian pilihlah aplikasi VPN sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa juga memilih VPN yang tidak menjualkan data penggunanya.

5. Aktifkan Firewall di Komputer

Selain mengaktifkan VPN, pengguna juga dapat mengaktifkan firewall saat sedang berselancar di komputer. Firewall adalah sebuah sistem keamanan jaringan yang mengawasi masuk dan keluarnya lalu lintas jaringan. Selain itu, Firewall juga berfungsi untuk melindungi komputer dari pihak yang tak diinginkan.

Firewall dapat diaktifkan di menu pengaturan komputer. Khusus Windows, pengguna bisa mengaktifkan Firewall dengan cara membuka menu Control Panel. Kemudian, pilih menu System and Security. Terakhir, klik opsi Firewall untuk mengaktifkan Firewall.

6. Membaharui Sistem Operasi dan Software pada Perangkat

Koneksi WiFi publik memiliki risiko virus dan malware yang tinggi. Selain memasang fitur keamanan dan berhati-hati saat berselancar di internet, kamu pun bisa membaharui sistem operasi dan software di perangkat yang kamu gunakan.

Pihak pengembang umumnya menganjurkan pembaruan software dan sistem operasi secara berkala untuk meningkatkan keamanan perangkat serta meningkatkan performa perangkat.