Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Windows Untuk Komputer Spek Rendah

Sabineblog.com - Kemajuan teknologi yang terjadi membuat semua perangkat elektronik juga mengalami pengembangan. Selalu ada masa atau fase pada setiap perangkat elektronik, termasuk komputer. Dulu komputer milikmu mungkin masih sangat nyaman digunakan untuk melakukan eksplorasi maupun menyelesaikan pekerjaan. Namun kini komputer tersebut pasti akan kalah tangguh dibandingkan komputer berspesifikasi tinggi seperti komputer-komputer saat ini.

Tenang saja, meskipun komputer milikmu berspesifikasi rendah, bukan berarti komputer tersebut tidak bisa digunakan sama sekali. Masih banyak sekali aplikasi berbasis Windows yang masih nyaman dimainkan pada komputer berspesifikasi rendah. Dari banyaknya aplikasi yang ada, berikut ini 5 aplikasi yang akan paling membantumu:

Microsoft Office 2007

Komputer merupakan perangkat elektronik yang seharusnya digunakan untuk produktivitas dan bekerja. Entah itu pekerja kantoran, siswa, ataupun mahasiswa pasti akan berhubungan dengan dokumen-dokumen. Oleh sebab itu, Microsoft Office 2007 menjadi aplikasi Windows pertama yang perlu Kamu install di komputer berspesifikasi rendah.

Aplikasi ini direkomendasikan karena memiliki kompatibilitas yang baik terhadap aplikasi Office lainnya. Artinya file dari Microsoft Office 2007 dapat dibuka pada versi yang lebih tinggi seperti Microsoft Office 365. Bukan hanya itu, file dari aplikasi ini juga support pada OpenOffice, Libre, dan WPS Office.

Media Player Classic – Home Cinema

Komputer tidak hanya berfungsi untuk produktivitas saja, namun Kamu juga bisa menggunakannya untuk hiburan. Biasanya orang-orang menggunakan komputer untuk mendengarkan musik atau menonton film. Bagi Kamu yang hobi menggunakan komputer untuk multimedia, aplikasi Media Player Classic – Home Cinema tidak boleh dilewatkan.

Kelebihan aplikasi ini di antaranya ringan pada komputer berspesifikasi rendah, bebas virus, dan tanpa iklan. Apabila ingin menggunakan aplikasi ini sebaiknya copot pemutar media bawaan terlebih dahulu dan ganti dengan Media Player Classic – Home Cinema.

Sumatra PDF

File PDF adalah salah satu jenis file yang paling sering digunakan oleh pengguna komputer, di samping file doc, mp3, mp4, dan lain sebagainya. Andalan banyak orang untuk membaca PDF biasanya adalah Adobe Reader.

Akan tetapi aplikasi Adobe Reader cukup berat untuk komputer spesifikasi rendah milikmu. Sebagai gantinya, Kamu bisa menggunakan Sumatra PDF yang jauh lebih ringan. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini memiliki UI atau user interface yang mudah dipahami pengguna baru.

Opera

Aplikasi browser memiliki peran yang sangat penting, sama seperti Microsoft Office. Oleh sebab itu, aplikasi browser wajib ada di semua komputer walaupun spesifikasinya rendah. Rekomendasi aplikasi browser terbaik untuk komputermu adalah Opera.

Opera sangat ringan sehingga nyaman untuk digunakan. Selain itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang cukup memudahkan seperti sinkronisasi lintas platform, Ad-Free, Virtual Private Network, dan lain sebagainya. Aplikasi yang ringan membuatmu berselancar di dunia maya dengan nyaman.

Malwarebytes

Virus menjadi ketakutan tersendiri bagi pengguna komputer. Jadi sebagian besar dari mereka akan menggunakan aplikasi anti virus dan anti malware untuk meminimalisir risiko serangan virus dan malware komputer. Aplikasi Malwarebytes merupakan aplikasi yang cocok untuk komputer spesifikasi rendah milikmu. Meskipun ringan, namun aplikasi ini juga memiliki keunggulan seperti bisa memindai dan menghapus file yang diduga malware.

Itulah 5 aplikasi berbasis Windows yang masih nyaman digunakan pada komputer berspesifikasi rendah. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa membantumu lebih produktif meskipun spesifikasi komputer tidak secanggih komputer lainnya. Dengan aplikasi tersebut, Kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membeli komputer baru. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk Kamu yang sedang membutuhkannya.