Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Handphone Panas


Cara mengatasi handphone panas – ketergantungan manusia terhadap android memaksa penggunanya untuk membuat android bekerja terus menerus. Hasilnya adalah ponsel menjadi lebih cepat panas. Dan ponsel yang panas cenderung memiliki kinerja yang lambat.
Sedangkan beberapa penyebab hp panas dan boros baterai sendiri adalah:
  • Penggunaan ponsel secara berlebihan
  • Aplikasi banyak aktif di belakang layar
  • Jaringan yang tidak stabil
  • Pemakaian di tempat yang panas
  • Kerusakan baterai

Oleh karena itu banyak orang yang mencari cara mengatasi hp panas dan lemot. Untuk Anda yang ponselnya cenderung sering panas dan lemot, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Selalu Cek Kondisi Baterai


cara mengatasi hp panas dengan selalu mengecek kondisi baterai

Biasanya, baterai ponsel yang kurang prima bisa sangat menyebabkan ponsel lebih cepat panas. Salah satu komponen utama yang sangat mempengaruhi suhu ponsel adalah kondisi baterai. Semakin buruk kondisinya, biasanya semakin cepat pula ponselnya panas. Untuk itulah perlu untuk mengecek kondisi baterai ponsel secara teratur.

2. Hapus Aplikasi yang Kurang Berguna


cara mengatasi hp panas dengan menghapus apliaksi yang kurang berguna

RAM adalah tempat penyimpanan aplikasi yang juga mempengaruhi suhu ponsel. Jika RAM bekerja terlalu keras,  maka bisa dipastikan bahwa ponsel akan menjadi semakin panas. Di sisi lain, aplikasi yang terlalu banyak sangat berpotensi membuat RAM penuh dan bekerja dengan ekstra keras.
Untuk itulah salah satu cara mengatasi hp cepat panas dan batre cepat habis adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak dimanfaatkan. Aplikasi-aplikasi ini selain memakan banyak ruang juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis.

3. Gunakan Jaringan yang Stabil


Cara mengatasi hp panas saat data hidup adalah dengan menggunakan jaringan yang stabil. Ketika jaringan data di dalam ponsel stabil, maka suhunya juga tidak naik terlalu signifikan. Sebaliknya, jaringan paket data yang hilang dan muncul membuat suhu ponsel cenderung naik secara tajam. Bahkan bisa menjadi panas secara berlebihan.

cara mengatasi hp panas dengan menggunakan jaringan yang stabil

Solusinya adalah dengan menggunakan provider yang signalnya stabil. Anda bisa memilihnya dengan melakukan survey lapangan, kira-kira, mana kartu paket yang cocok untuk ponsel Anda. Jadi yang diutamakan adalah kekuatan signal, bukan harga paket yang murah lagi.

4. Ketika Cuaca Panas, Usahakan Gunakan Ponsel di Tempat Ber-AC


Indonesia adalah negara tropis, dimana suhunya bisa menjadi sangat tinggi dan terik saat musim kemarau. Nah, untuk itu, janganlah Anda menggunakan ponsel di suhu yang seekstrem itu, karena bisa menyebabkan ponsel menjadi lebih cepat panas.
cara mengatasi hp panas

Nah, cara mengakalinya adalah dengan menggunakan ponsel di tempat yang terdapat kipas angin, AC, atau tempat teduh. Jangan menggunakan di bawah sinar matahari langsung. Karena kondisi geografis suatu wilayah juga bisa mempengaruhi suhu ponsel menjadi lebih cepat panas.

5. Jangan Menggunakan Ponsel ketika Sedang Dicharge


Pada saat proses pengisian daya, listrik dari stop kontak akan dialirkan ke ponsel. Efek dari proses pengaliran itu adalah meningkatnya suhu ponsel sedikit. Karena pada saat di charge ponsel sudah panas, maka jangan lagi ditambah dengan memainkannya ketika melakukan pengisian daya.

cara mengatasi hp panas, jangan digunakan saat sedang dicharge

Selain bisa membuat suhu ponsel menjadi lebih tinggi, tindakan itu juga akan membuat baterai dan kondisi ponsel lebih cepat renta. Baterai akan soak dan kinerja ponsel akan menjadi  lebih lambat sekaligus menurun.

Menggunakan aplikasi pendingin hp sebenarnya tidak dianjurkan. Sebab, aplikasi seperti itu biasanya tidak benar-benar membuat ponsel menjadi lebih dingin. Kebanyakan dari aplikasi tersebut justru hanya mematikan beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar dan tidak benar-benar membantu mendinginkan.

Nah, itulah 5 cara mengatasi handphone panas yang bisa dilakukan dengan mudah. Selamat mencoba.