Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Email Client untuk Windows 10

Di zaman digital sekarang ini, memiliki email tampak jadi sebuah keharusan. Bahkan, tidak sedikit yang memiliki lebih dari satu email dari berbagai jenis layanan email. Terlebih untuk kamu yang kerja kantoran, kamu juga pastinya punya email khusus perusahaan. 


Karena saking banyaknya email ini, tentu akan mudah untuk mengaturnya dalam satu layanan email saja. Karena itu, aplikasi email client jadi sebuah aplikasi yang patut diinstal, terutama untuk kamu yang memakai PC Desktop atau laptop dengan Windows 10. 


Nah, pada kesempatan kali ini Sabineblog akan memaparkan daftar aplikasi email client untuk Windows 10 yang bisa kamu coba. Berikut daftarnya!

1. Mail and Calendar 

Aplikasi email client pada windows 10



Link Download Mail and Calendar


Mail and Calendar atau bisa juga disebut sebagai aplikasi Mail Windows 10 merupakan aplikasi email client yang layak digunakan. Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan yang hadir setelah menginstal Windows 10. Jika belum ada, aplikasi ini bisa diinstal melalui Microsoft Store. 


Aplikasi ini bisa jadi andalan untuk kamu yang punya banyak akun email. Baik akun Outlook.com, Gmail, Yahoo! dan akun email populer lainnya. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika ada email masuk di bagian samping alias bagian notifikasi di Windows 10. 


Selain itu, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur menarik. Contohnya adalah Advanced Setup untuk parameter email dan Focused yang berfungsi untuk mengklasifikasi email yang penting saja. Menarik bukan? 


2. Thunderbird 

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download Thunderbird 


Jika kamu membutuhkan email client Windows dengan fitur komplit, kamu bisa lirik Thunderbird. Aplikasi ini merupakan aplikasi email yang bagus dan mendukung banyak sistem operasi Desktop seperti Windows, macOS dan Linux. Menariknya di Ubuntu, Thunderbird jadi aplikasi email bawaan. 


Keunggulan dari Thunderbird adalah karena aplikasi email ini adalah aplikasi gratis dengan berbagai fitur menarik. Contohnya adalah fitur Setup Wizard yang memungkinkan kamu melakukan konfigurasi akun email dengan cepat dan mudah. 


Ada juga fitur Tabbed Email. Fitur ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki banyak akun email penting sehingga memudahkan kamu berpindah-pindah dengan mudah dan cepat. Satu hal lagi, aplikasi ini menghadirkan fitur Addons Manager. Fitur ini memungkinkan email mendapatkan fungsi tambahan. Fitur ini serupa seperti add-on di Firefox atau extension di Google Chrome. 

3. Microsoft Outlook 



Link Download Microsoft Outlook 


Aplikasi email client lainnya adalah Microsoft Outlook. Aplikasi ini adalah aplikasi email berbayar yang biasanya sepaket dengan produk MIcrosoft lainnya. Contohnya adalah Microsoft Office 365.


Sebagai aplikasi berbayar, aplikasi ini menawarkan fitur-fitur menarik. Contohnya adalah dropdown box. Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah mengedit lebih detail. Contohnya adalah untuk mengubah ukuran, tipe font, warna, dan highlight. Kamu juga bisa dengan mudah membuat subscript dan superscript. 


Microsoft Outlook juga menawarkan fitur menarik seperti sinkronisasi kontak dan kalender. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menuliskan agenda dan menjadwalkan pengiriman email. 


Microsoft Outlook juga terhubung dengan layanan penyimpanan OneDrive, sebuah cloud storage yang serupa seperti Dropbox maupun Google Drive. Selain itu, di Outlook, kamu 

dapat membuat kontak dan file kemudian mengaksesnya di perangkat lain. 


4. Mailbird 

Aplikasi email client pada windows 10


Link Download Mailbird 


Mailbird merupakan aplikasi email berbayar yang tergolong bagus. Terbukti dari banyaknya aplikasi ini digunakan oleh banyak orang di dunia, yakni sekitar 2 juta orang. Hal ini jelas membuat Mailbird sebagai salah satu email client yang bagus. 


Mailbird menawarkan banyak keunggulan seperti tampilan yang menarik, fitur pengubahan tata letak (customize lay out), dan kemudahan pengelolaan akun. Dan seperti email client lainnya, aplikasi ini bisa mendukung banyak tipe domain email. Tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk mengintegrasikan aplikasi tertentu. Contohnya mengintegrasikan Mailbird dengan Whatsapp dan Dropbox. 


Mailbird jua menyediakan versi gratisnya yakni Mailbird Lite. Hanya saja layanan ini kurang bermanfaat karena hanya mendukung satu akun email saja. 

5. Sylpheed

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download Sylpheed


Aplikasi lainnya yang bisa Anda pilih adalah Sylpheed. Aplikasi ini merupakan aplikasi email client yang gratis dan tergolong bisa diandalkan. Terlebih karena Sylpheed sudah ada sejak 2001 sebagai sebuah aplikasi email client. 


Sayangnya, tampilan Sylpheed cenderung jadul dan tidak kekinian. Bahkan layout email ini terasa kuno. Tetapi tampilan inilah yang membuat Sylpheed cenderung lebih ringan untuk dijalankan di Windows 10. Faktor tidak adanya fitur yang memberatkan juga jadi salah satu alasan kenapa Sylpheed tergolong ringan dibandingkan aplikasi email client lainnya.


Meskipun tampilan desainnya sederhana, Sylpheed memiliki fitur-fitur menarik. Contohnya adalah fitur pencarian dan filter, fitur kontrol untuk email sampah, enkripsi dan lain sebagainya. 

6. eM Client  

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download em Client

 

Aplikasi email lain yang bisa kamu coba adalah eM Client. Aplikasi ini merupakan aplikasi email yang sudah dilengkapi dengan fitur kalender dan kontak. Aplikasi yang bisa dijalankan di Windows dan Mac ini punya beberapa fitur menarik. Contohnya adalah Backup Tool.


Dengan fitur tersebut, kamu dapat melakukan proses backup yang berjalan dengan lancar. Fitur ini pun bahkan dapat berjalan ketika kamu sedang menjalankan aplikasi eM Client. Selain itu, em Client merupakan aplikasi dengan langkah setup atau penambahan email yang mudah dan cepat. Terlebih aplikasi ini sudah mendukung banyak layanan email seperti Gmail, Outlook, dan lainnya. 


Hal menarik lainnya adalah kemudahan aplikasi ini untuk import data dari Windows Mail maupun Thunderbird tanpa kendala. Selain itu, aplikasi ini tidak hanya berjalan di Windows tetapi juga di Mac. Kamu bisa coba aplikasi ini secara gratis selama 30 hari kemudian jika tertarik dengan fitur kamu bisa membeli versi berbayarnya. 


7. Postbox 

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download Postbox 


Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba adalah Postbox. Nama aplikasi ini tergolong unik karena berarti “kotak pos” yang berarti aplikasi ini adalah sebuah kotak tempat semua surat yang kamu kirim dan kamu terima. 


Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur untuk melakukan tindakan dan akses cepat. Contohnya adalah Quick Bar, Quick Move, dan Quick Copy. Aplikasi ini juga memiliki fitur “Mailing List Unsubscribe” yang memungkinkan kamu untuk melakukan unsubscribe dengan cepat terhadap kiriman email layanan tertentu. 


Ada juga fitur filter secara  real-time yang memungkinkan kamu memudahkan pesan yang penting dan yang tidak penting. Menarik bukan? Terlebih aplikasi ini hadir dengan tampilan desain yang menarik. Hanya saja, aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar. 

8. Mailspring

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download Mailspring


Mailspring merupakan aplikasi email client lainnya yang bagus. Selain mendukung Windows, aplikasi ini juga dapat dijalankan di MacOS dan Linux. Selain itu, aplikasi ini hadir dengan dua tipe, versi berbayar dan versi gratis. Versi gratisnya juga tergolong menarik meskipun ada batasan hanya sampai 4 email yang berbeda. 


Yang menarik dari Mailspring adalah semua email yang masuk akan ditampilkan dalam satu halaman saja. Fitur ini disebut Unified Inbox. Sebuah fitur yang tergolong menarik tentunya. Apalagi aplikasi ini memiliki fitur terjemahan dan spelling check. 

9. Hiri  

Aplikasi email client pada windows 10

Link Download Hiri  


Hiri hadir sebagai alternatif aplikasi email di Windows yang bisa kamu coba. Aplikasi ini menawarkan kemampuan sebagai aplikasi email untuk kebutuhan bisnis. Terlebih karena fitur yang ditawarkan memang menunjang hal tersebut. Contohnya adalah fitur mengatur kalender, kontak, dan tugas. 


Hiri ini hadir sebagai aplikasi yang mendukung ekosistem Microsoft. Sangat cocok sebagai pengganti Outook. Terlebih karena tampilan desain email ini tergolong bagus. Menariknya, Hiri menyediakan lisensi sekali bayar atau berlangganan. Tentu fitur lisensi sekali bayar lebih menarik. 

10. Spike 

Aplikasi email client pada windows 10


Link Download Spike


Jika kamu membutuhkan aplikasi client email yang lebih dari sekadar email, maka kamu harus memilih Spike. Spike ini cocok digunakan sebagai layanan untuk kolaborasi di dalam perusahaan.

Kenapa? Karena selain digunakan untuk email, aplikasi ini menghadirkan fitur seperti chats, notes, kalender, dan juga lampiran tugas. Bahkan, aplikasi ini menyediakan fitur video call. Jadi, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk fokus pada satu layanan saja untuk kebutuhan produktivitas. 



Nah, itulah 10 aplikasi email client untuk Windows 10 yang bisa kamu coba. Tertarik mencoba salah satunya?