Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Kompress Video Android, Cara Mudah Memperkecil Ukuran Video Lewat Ponsel

File video yang terlalu besar memang sering kali membuat ruang penyimpanan ponsel menjadi penuh, apalagi jika file video tersebut memang memiliki kualitas yang tinggi. video dengan kualitas yang tinggi memang lebih unggul soal gambar yang tajam dan lebih jelas. Namun, dengan keunggulan tersebut Anda harus rela menghabiskan ruang penyimpanan karena ukuran filenya yang besar.

Misalnya jika Anda ingin mengunggah file video tersebut ke salah satu media sosial Anda, selain menghabiskan waktu yang tidak sebentar, kuota internet Anda pun menjadi terkuras. Untungnya kini sudah banyak aplikasi kompress video android yang bisa Anda gunakan dengan mudah dan dapat diunduh secara gratis.

Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda tidak memerlukan laptop atau perangkat komputer, hal ini dikarenakan  Anda sudah bisa mengecilkan ukuran file video dengan mudah melalui ponsel android Anda.

Anda juga tidak usah khawatir mengenai kualitas hasil video yang menurun setelah dikompres. Hal ini dikarenakan kebanyakan aplikasi kompres video tidak akan membuat atau mengurangi kualitas file video Anda tersebut. namun setiap aplikasi tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Fitur yang diterapkan pun bisa jadi berbeda. supaya Anda tidak pusing untuk memilih aplikasi terbaik untuk kompres video, berikut beberapa daftar aplikasi kompress video android yang akan menjadikan file video Anda bukan hanya menjadi lebih kecil namun tetap memiliki kualitas yang baik.

8 Aplikasi Kompres Video Terbaik di Android

Berikut 8 aplikasi kompress video yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran file video Anda.

1. VidCompact

aplikasi kompress video android

Aplikasi kompres video pertama adalah vidcompact. Aplikasi yang satu ini memang terkenal akan kemudahannya untuk memperkecil ukuran file video. Bukan hanya bisa mengubah format file ke dalam bentuk MP3, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur memperkecil ukuran file video.

Berbagai fitur berguna lainnya juga tersedia di dalam aplikasi ini. fitur tersebut diantaranya adalah, memutar rotasi serta memotong video dan berbagai fitur menarik lainnya.

Jika Anda memang mencari aplikasi kompres video yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur, maka aplikasi yang satu ini tepat untuk digunakan.

2. Video Compress

Aplikasi Kompress Video Android

Jika pada aplikasi sebelumnya memiliki berbagai fitur lain yang sangat beraga,, aplikasi yang satu ini justru tidak memilikinya. Video compress memang dibuat hanya untuk menjalankan fungsi untuk memperkecil ukuran file video atau kompres saja.

Namun kelebihan aplikasi yang satu ini adalah Anda dapat menentukan tingkat kompresi sesuai dengan kebutuhan, dari mulai tingkat rendah, normal, high bahkan Anda juga bisa menggunakan ukuran custom yang disesuaikan dengan keinginan.

Bukan hanya itu, aplikasi ini bahkan sudah diunduh sebanyak 5 juta kali. Kelebihan aplikasi selanjutnya adalah video compress mendukung berbagai macam format video. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai file asli dari video Anda tersebut, pasalnya aplikasi ini tidak akan menghapus file video asli.

3. Video Dieter 2

Aplikasi Kompress Video Android

Jika Anda memang ingin menyimpan berbagai momen penting, maka video adalah jawabannya. Namun yang menjadi permasalahan adalah ruang penyimpanan yang terbatas. Untuk itu, solusinya adalah menggunakan aplikasi kompress video android  yakni video diater 2.

Dengan menggunakan aplikasi yang satu ini, Anda kini dapat menyimpan berbagai file video dengan ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran file aslinya. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memungkinkan Anda untuk menentukan resolusi serta kualitas dari hasil kompres yang telah Anda lakukan.

Yang lebih menarik dalam aplikasi ini adalah proses kompres tersebut terbilang sangat cepat, Anda hanya perlu menunggu selama beberapa menit saja. Anda juga tak perlu khawatir mengenai ukuran aplikasi ini, pasalnya video dieter 2 memiliki ukuran kecil yakni hanya 3 MB saja.

4. PAnda Video Compressor

Aplikasi Kompress Video Android

PAnda Video Compressor adalah sebuah aplikasi kompress video yang menyediakan fitur antarmuka yang komprehensif serta sederhana

Aplikasi yang dibuat oleh Farluner Apps & Games ini bahkan dapat memperkecil ukuran file video tanpa perlu mengurangi kualitas dari video itu sendiri. Bahkan aplikasi yang satu ini disebut-sebut mampu memperkecil ukuran video yang semula 4gb menjadi ukuran video 300MB dengan kualitas yang begitu baik.

Selain itu, keunggulan aplikasi ini adalah dapat mengompres hampir seluruh jenis format video, dari avi, 3gp, mpv, mkv serta berbagai format lainnya.

Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah Anda juga dapat membagikan file video secara langsung ke berbagai media sosial seperti instagram, youtube, twitter, facebook maupun media sosial lain.

5. YouCut

Aplikasi Kompress Video Android

YouCut atau yang juga dikenal dengan aplikasi untuk mengedit video ini telah unduh oleh 5 juta pengguna. Aplikasi yang satu ini memang merupakan aplikasi untuk edit video, namun terdapat fitur lain yang ada di aplikasi tersebut yakni kompres file video.

Bahkan fitur yang satu ini disebut-sebut mampu memperkecil ukuran file video hingga mencapai 90%, meskipun berkurang sangat jauh namun kualitas dari video tersebut tidak akan berkurang. Jika Anda sedang mencari aplikasi kompress video android yang memang memiliki banyak fitur, maka aplikasi ini adalah pilihan yang tepat. Bukan hanya bisa kompres video, aplikasi ini juga memiliki fitur lain seperti penambahan efek, pemotongan serta menggabung video.

6. Smart Video Compressor and Resizer

Aplikasi Kompress Video Android

Jika Anda melihat jumlah pengguna aplikasi yang satu ini, memang bisa dikatakan bahwa penggunanya masih sedikit jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang lain. namun, jika Anda memang sedang mencari aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah dengan hasil yang baik maka aplikasi smart video compressor and resizer adalah jawabannya.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bahkan dapat memilih seberapa cepat dari proses kompresi tersebut. bukan hanya itu, Anda juga bisa mengatur kualitas serta mengatur dimensi dari video Anda.

7. Video Compressor (Android Pixels)

Video yang satu ini hadir dengan menggunakan tampilan antar muka yang dapat digunakan dengan cara modern serta sederhana. Aplikasi yang satu ini bahkan telah diunduh lebih dari 1 juta kali. Aplikasi yang satu ini memang dapat dikatakan tidak memiliki fitur yang banyak.

Namun, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda sudah dapat memilih kecepatan dari proses kompres file video. Dari mulai kecepatan 3 menit hingga kecepatan 15 detik saja.

8. Video Compressor (Mobile Idea Studio)

Aplikasi Kompress Video ANdroid

aplikasi kompress video android yang satu ini bisa dikatakan belum memiliki banyak pelanggan jika dibandingkan dengan aplikasi serupa. Namun aplikasi ini tetap layak untuk Anda gunakan sebagai aplikasi memperkecil file video.

Tak hanya sekedar memiliki fitur untuk memperkecil ukuran file video, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti mengekstrak file maupun memotong video.

Yang lebih menarik, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk memperkecil ukuran file foto.