Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review dan Harga Kamera Nikon P900 Tahun 2020, Si Prosumer Hebat Untuk Fotografer dan Pecinta Fotografi

Siapa bilang kamera hebat hanya bisa dimiliki oleh fotografer handal? Anda juga bisa memilikinya dengan spesifikasi lengkap, cukup beli Nikon P900 dan kecanduan  fotografi akan tersalurkan maksimal. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur menarik yang bisa dioptimalkan, untuk menghasilkan gambar terbaik.

Sebagai salah satu produsen kamera terbaik di dunia, Nikon memang berani mengambil resiko dengan menghadirkan kamera-kamera berfitur lengkap tapi harga murah. P900 salah satu produk yang menurut sebagian orang cukup “berani”, karena punya fitur zoom hebat tapi harganya jauh di bawah kamera zoom expert yang ada di pasaran. Yuk intip review dan harga kamera Nikon P900 dan sehebat apa kamera yang diluncurkan 2 Maret 2015 ini.

Beda Nikon P900 dengan DSLR dan Fitur Lengkapnya

Nikon P9000

Dari tampilan luar kamera ini memiliki kemiripan dengan tipe DSLR, dengan lensa besar di bagian ujung, dan layar view pada bagian tengah dibekali sederet fitur lengkap untuk menunjang pengambilan foto. Yang membedakannya dari DSLR adalah lensanya permanen, alias tak bisa diganti seperti DSLR yang bisa diganti sesuai kebutuhan.

Sedangkan soal fitur, Anda bisa melakukan pemotretan jarak jauh dengan optical zoom hingga 83 kali. Jadi cocok untuk pemotretan bulan yang selama ini hanya bisa dilakukan dengan kamera tertentu saja. Inilah yang menjadikannya disebut kamera prosumer dengan super zoom maksimal, walau dari segi image sensor masih tergolong kecil yaitu 1/2.3 inchi. Yang masih setara dengan kamera compact atau kamera ponsel kekinian.

Lensa zoom-NIKKOR ED jenis glass lens dengan fitur dynamic fine zoom yang dimiliki kamera ini, menjadi alasan mengapa kualitas foto jauh bisa menjadi tetap stabil dan jernih. Ditambah pula Anda hanya perlu melakukan pengaturan, tanpa harus mengganti lensa. Belum lagi sensor CMOS 16 MP pada lensa, yang memiliki focal length 24 hingga 2000 millimeter dan ekivalen 35 millimeter, cukup untuk mencari objek jauh tanpa perlu susah payah mencari angle yang tepat.

Fitur hebat lainnya dari kamera ini adalah dual detect optimcal VR, yang bisa meminimalisir hasil blur dan goyang pada gambar Anda. Karena tersedia lima kompensasi stop yang bisa dimanfaatkan, untuk mendapatkan gambar sempurna. Wajar kalau penggemar kamera pocket jadi beralih pada Nikon P900, yang tampilannya mentereng tapi harga masih masuk kategori normal.

Flash mode yang dimiliki kamera ini sudah menggunakan TTL auto dengan jarak wide flash antara 0,5 hingga 11,5 meter, dan tele flash antara 5 hingga 7 meter. Cukup luas dan bisa membantu Anda dalam mengambil gambar dengan pencahayaan maksimal, sesuai jarak flash tersebut.

White balance dari kamera ini juga tergolong lengkap, dari pilihan auto,cloudy, hingga pengaturan white 1-4. Dengan jarak fokus normal 50 cm untuk kategori infinity dan 1 cm untuk jarak makro, yang memiliki kecepatan 1/4000 sampai 15 detik. Cukup lumayan untuk kategori kamera zoom, sehingga bisa dipakai untuk berbagai kondisi dan jarak tanpa harus susah menentukan fokus.

Mari kita lanjutkan informasi seputar review dan harga kamera Nikon P900 dengan kelebihan yang bisa dimanfaatkan, terutama oleh fotografer pemula hingga profesional. Pertama adalah bisa dipakai untuk foto detail sebuah bangunan untuk kebutuhan arsitektur, kemudian foto candid yang hasilnya sangat jernih, kemudian potret hewan liar dari jarak jauh. Karena mudah dibawa dengan bobotnya yang ringan jika dibandingkan dengan kamera DSLR, yaitu 31,71 oz atau setara 899 gram

Kedua yaitu baterainya cukup tahan lama dengan menggunakan 1x EN-EL23 yang bisa di isi ulang, jenis baterai Lithium-Ion 3.8 VDC dengan 1850 mAh. Jadi bagi yang aktif  melakukan pemotretan tak perlu khawatir kehabisan baterai, selama penggunaannya masuk akal.

Ketiga yaitu konektivitasnya yang cukup lengkap yaitu bisa memanfaatkan Wifi dan NFC, jadi Anda bisa langsung mengirim hasil foto melalui email hanya lewat kamera ini. Tak harus memindahkan terlebih dahulu pada media penyimpanannya, yang sebenarnya juga super lengkap dari SD/SDXC memory card dan SDHC.

Selanjutnya review dan harga kamera Nikon P900 tentang kelebihannya, Anda tetap bisa menyimpan video dengan format MOV yang sudah cukup bagus, serta audio menggunakan kualitas stereo Linear PCM. Jadi cukuplah untuk penggunaan fotografi pemula, atau fotografer profesional yang membutuhkan kamera cadangan saat kamera utama sedang tidak bisa digunakan.

Tapi Anda juga harus tahu bahwa kamera ini punya beberapa kelemahan, diantaranya adalah kualitas foto yang masih terbatas yaitu bagus pada 1500-2000 millimeter. Selain itu Anda sebaiknya jangan mengambil gambar saat malam hari atau di ruangan gelap, karena hasilnya tidak akan maksimal jika dibandingkan pengambilan di ruangan terbuka yang ditunjang pencahayaan yang cukup.

Hati-hati saat mengambil dengan fitur zoom, kecepatan kamera juga akan melambat saat Anda menggunakan zoom. Jadi bisa saja momen penting sebuah kejadian tak terabadikan, karena menunggu proses capture pada kamera ini. Dan kelemahan yang juga harus jadi perhitungan adalah Anda tidak bisa menyimpan dalam format RAW atau gambar mentah, jadi hasilnya sudah berupa format JPEG dan sejenisnya. Ini merupakan kekurangan, yang akan menyulitkan fotografer profesional saat melakukan pengeditan.

Beda dengan kamera zoom lainnya, Nikon P900 hanya mengakomodir potret cepat dengan hasil tujuh gambar tiap detik. Tapi untungnya cakupan besaran gambar bisa mencapai 100 persen, dengan resolusi 4608x3456 pixels.

Berapa Harga Kamera Nikon P900?

Nikon P9000

Anda pasti jadi penasaran soal harga yang dibanderol, untuk mendapatkan satu unit kamera prosumer ini. Jangan khawatir karena dari review dan harga kamera Nikon P900  terbaru, harganya hanya berkisar antara Rp. 6 jutaan ke atas saja. Coba bayangkan dengan harga tersebut Anda sudah bisa menggunakan kamera Nikon, yang dikenal punya kualitas mumpuni soal membidik objek apapun.

Dimana beli produk ini? Anda tinggal membeli di toko distributor Nikon terdekat untuk menjamin pembelian produk asli. Atau bisa juga di berbagai marketplace yang juga menyediakan produk ini, dengan spesifikasi lengkapnya. Tapi pastikan untuk mendapatkan produk bergaransi, agar tidak rugi jika ternyata terjadi kerusakan pada produk yang dibeli.

Percaya atau tidak saat ini produk Nikon P900 sudah jadi favorit banyak pencinta fotografi, makanya banyak yang beralih menggunakannya ketimbang kamera mahal sekelas DSLR. Tapi memang belum bisa dikatakan produk kamera sempurna, sebab masih banyak kekurangan yang dimiliki kamera ini. Paling tidak Anda tak perlu lagi menggunakan kamera pocket yang jelas-jelas hasil bidikannya masih terbatas, apalagi untuk yang suka petualangan dan mengabadikan momen jarak jauh.

Pastinya informasi seputar review dan harga kamera Nikon P900 di atas bisa dijadikan referensi, terutama bagi Anda yang memang sedang mencari kamera zoom hebat dengan harga terjangkau. Paling tidak untuk saat ini hasrat fotografi bisa tersalurkan dengan pakai produk primadona dari Nikon ini, sebelum mampu membeli kamera yang lebih profesional. Happy shopping guys!