Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nyaris Sempurna, 8 Potret Adu Spek Samsung Galaxy S20 Ultra Dengan Huawei P40 Pro+


Samsung Galaxy S20 Ultra Vs Huawei P40 Pro+

Disebut-sebut memiliki harga belasan juta dengan diiringi spek dewa, smartphone yang bernama Samsung S20 Ultra dan Huawei P40 Pro+ sempat menjadi perbincangan panas di dunia teknologi. Bukan karena harganya yang dibanderol dengan sangat tinggi, akan tetapi karena spesifikasinya yang benar-benar layak dikatakan sebagai "Juara" di antara smartphone lainnya.

Jika dilihat-lihat dan dibandingkan antara harga dengan dukungan spesifikasi serta tampilan dari luar, memang bisa dikatakan cukup worth it. Sebab ada beberapa spesifikasi yang tidak bisa ditemui di smartphone lainnya. Hebatnya, antara Samsung S20 Ultra dan Huawei P40 Pro+ ini memang pro di segala aspek.

Namun, meskipun memiliki harga yang sama yaitu berkisar Rp18 jutaan, apakah keduanya memiliki spesifikasi yang sama? Atau malah salah satu di antaranya memiliki perbedaan yang jauh lebih mumpuni? Tanpa basa-basi, langsung cek aja penjelasannya di bawah ini.

1. Samsung S20 Ultra ditenagai Snapdragon 865, sedangkan Huawei P40 Pro+ dibekali Chipset Kirin 990

perbedaan chipset samsung s20 ultra dengan huawei p40 pro plus

Perihal Snapdragon, Huawei memang jauh lebih tinggi daripada Samsung S20 Ultra. Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih murah sedikit, akan tetapi pihak Huawei membekali produknya ini dengan Snapdragon chipset kirin 990 yang tentunya menjadi nilai plus untuk Huawei P40 Pro+. Jangan sepelekan hal ini, karena spesifikasi perihal Snapdragon pun menjadi sesuatu yang dipertimbangkan oleh banyak orang saat akan membeli sebuah smartphone.

2. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki ukuran layar 6,9 inci, sedangkan Huawei P40 Pro+ dengan ukuran layar 6,58 inci

perbedaan ukuran layar samsung s20 ultra dan huawei p40 pro plus

Jika perihal Snapdragon Huawei P40 Pro+ menang, akan tetapi perihal ukuran layar Samsung Galaxy S20 Ultra lah juaranya. Memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan, namun Samsung Galaxy S20 Ultra tetap memiliki ukuran layar yang jauh lebih lebar daripada Huawei P40 Pro+. Meskipun pihak dari kedua smartphone ini mengklaim bahwa sama-sama mengusung desain layar penuh.

Memiliki ukuran layar yang lebih lebar, pastinya membuat orang-orang semakin tertarik saat melihat langsung Samsung Galaxy S20 Ultra. Pasalnya, ukuran layar yang lebar dan besar memberikan kenyamanan tersendiri bagi mereka saat mengisi atau menghabiskan waktu luangnya dengan bermain gadget. Maka tidak heran jika Samsung Galaxy S20 Ultra ini dibanderol dengan harga Rp18,4 juta.

3. Kemampuan 10x hybrid zoom, sedangkan Huawei P40 Pro+ memiliki kemampuan 20x hybrid zoom

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan kamera

Nah, ini dia yang membuat orang-orang merasa kagum akan kehebatan dari kedua smartphone ini. Di mana spesifikasi ini tidak ditemukan di smartphone lainnya. Ya, Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki kemampuan 10x hybrid zoom, sedangkan Huawei P40 Pro+ memiliki kemampuan zoom kamera yang jauh lebih tinggi, yaitu 20x hybrid zoom.

Banyak orang yang berbondong-bondong ingin membuktikan kebenarannya dengan membeli salah satu di antara kedua smartphone juara ini. Mereka tidak mempedulikan perihal harga, karena kepercayaannya telah mampu dibeli oleh spesifikasi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S20 Ultra ataupun Huawei P40 Pro+.

4. Kemampuan merekam video 8K, sedangkan Huawei P40 Pro+ memiliki kemampuan 4K

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan perekaman video

Tidak hanya juara perihal memperbesar sebuah objek saat memotret, akan tetapi saat merekam video pun kedua smartphone ini tetap memiliki kemampuan yang luar biasa. Dibekali dengan kemampuan 8K saat merekam video, membuat Samsung Galaxy S20 Ultra jauh lebih unggul daripada Huawei P40 Pro+ yang hanya memiliki kemampuan 4K.

Terlepas dari perbedaan yang sangat signifikan saat merekam video, kedua smartphone ini mampu memberikan hasil video rekaman yang sangat jernih dan memuaskan. Terutama untuk Anda yang gemar atau berprofesi sebagai seorang fotografer, sepertinya kedua smartphone ini sangat cocok dan wajib dipertimbangkan untuk lebih menghasilkan karya video terbaik.

5. Kekuatan baterai 5000 mAh, sedangkan Huawei P40 Pro+ berkapasitas 4.200 mAh

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan daya baterai


Beralih pada kekuatan baterai, lagi-lagi Samsung Galaxy S20 Ultra jauh lebih unggul daripada Huawei P40 Pro+. Didukung dengan kapasitas baterai 5000 mAh, mungkin itulah salah satu penyebab Samsung Galaxy S20 Ultra menjadi smartphone idaman yang memiliki spek dewa serta ketahanan daya baterai yang cukup lama.

Namun, meskipun begitu, Huawei P40 Pro+ pun memiliki ketahanan daya yang cukup kuat yaitu berkapasitas 4.200 mAh. Huawei mengklaim bahwa produknya ini mampu bertahan 8 - 9 jam jika digunakan dalam ritme yang terus-menerus. Bagaimana? Apakah cukup memuaskan untuk Anda yang memiliki hobi bermain game seharian full?

6. Memiliki bobot sebesar 222 gram, sedangkan Huawei P40 Pro+ berbobot 226 gram

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan berat


Sesuai riset di lapangan menyebutkan bahwa kedua smartphone ini sama-sama kurang memberikan rasa nyaman jika digenggam terlalu lama di tangan. Bedanya, Huawei P40 Pro+ lebih terasa pas saat digenggam dengan ukuran layarnya. Namun, jika perihal keringanan tentunya lebih ringan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Memiliki perbedaan yang sangat tipis perihal bobot handphone, hal ini tidak terlalu menjadi sorotan oleh banyak orang. Mengingat bahwa setiap orang memiliki standarisasi kenyamanan masing-masing, maka bisa saja Samsung Galaxy S20 Ultra terasa lebih nyaman saat digenggam, ataupun malah sebaliknya.

7. Dibekali resolusi layar 1.440 x 3.200 piksel, sedangkan Huawei P40 Pro Plus beresolusi 1.200 x 2.640 piksel

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan resolusi layar


Kedua smartphone ini dibekali dengan perlindungan layar Gorilla Glass 6. Akan tetapi tidak sama hal nya degan resolusi layar yang dimiliki oleh masing-masing smartphone ini. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi layar 1.440 x 3.200 piksel, sementara Huawei P40 Pro Plus memiliki resolusi layar sebesar 1.200 x 2.640 piksel.

Banyak orang menyebutkan bahwa keduanya memang dibekali layar yang sama-sama enak saat dilihat, serta ditambah dengan hasil yang jernih dan cerah, pastinya memberikan kenyamanan tersendiri bagi siapa pun yang menggunakannya.

8. Menggunakan One UI versi 2.1 berbasis Android 10, sedangkan Huawei P40 Pro+ menjalankan Android 10 versi terbaru dari sistem operasi Google

samsung s20 ultra Vs huawei p40 pro plus : perbandingan android version

Salah satu kekurangan dari Huawei P40 Pro+ adalah tidak dibekali dengan layanan Google Mobile Service. Di mana yang artinya, tidak adanya aplikasi ekslusif seperti Drive, Google Maps, YouTube, Photos, Google Play Store, dan lain-lain. Hal ini tentunya memberikan keterbasan serta kekurangan paling mencolok dari Huawei P40 Pro+. Sementara untuk antarmuka, Huawei P40 Pro+ menjalankan EMUI versi 10.1 yang berbasis Android 10.

Berbeda hal nya dengan Samsung Galaxy S20 Ultra yang menggunkan One UI versi 2.1 yang berbasis Android 10. Di mna artinya Anda bisa menggunakan antarmuka One UI yang cukup intuitif dengan pilihan hand gestur maupun tombol navigasi yang digunakan untuk kembali.

Nah, bagaimana nih? Apakah Anda lebih tertarik pada Samsung Galaxy S20 Ultra atau Huawei P40 Pro+? Terlepas dari smartphone mana yang lebih unggul, akan tetapi keduanya pasti memiliki kekurangan masing-masing. Maka dari itu, pilihlah smartphone menurut Anda cocok dan sesuai dengan keuangan Anda.