Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Potret Adu Spek Smartphone Gaming Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro

 

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro


5 potret adu spek smartphone gaming Asus ROG Phone 3 vs Black Shark 3 Pro - Maraknya para gamers saat ini tentu saja mempengaruhi segala sektor. Salah satunya sangat berpengaruh besar pada vendor-vendor smartphone ternama untuk berlomba-lomba menciptakan smartphone gaming yang mampu memenuhi kebutuhan para gamers.

Apalagi berada di masa kini, di mana segala hal membutuhkan ruang atau wadah untuk menyalurkan sebuah keinginan. Maka dari itu, beberapa vendor smartphone ternama seperti Xiaomi yang telah dengan percaya diri menghadirkan Black Shark 3 Pro di tengah-tengah kebutuhan para gamers yang semakin membabi buta. Tidak ingin kalah, brand ternama Asus pun menciptakan salah satu smartphone gaming yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi dan diberi nama Asus ROG Phone 3.

Meskipun datang dari dunia berbeda, akan tetapi Black Shark 3 Pro dengan Asus ROG Phone 3 ini sempat berhasil mencuri hati banyak orang, apalagi untuk para gamers. Spesifikasi yang dimiliki oleh kedua smartphone gaming ini tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang telah membuktikan secara nyata bahwa spek dewa yang dimiliki oleh kedua smartphone gaming ini sangat cocok dan tepat untuk memenuhi kebutuhan para gamers.

Bahkan, sebagian orang mengklaim bahwa beberapa bulan ke depan kedua smartphone ini masih sangat kekinian untuk dijadikan sebagai perangkat ponsel bermain game. Penasaran seperti apa saja spesifikasi yang dimiliki oleh Black Shark 3 Pro dan Asus ROG Phone 3? Berikut penjelasannya di bawah ini!

1. Asus ROG Phone 3 dibekali layar materi AMOLED seluas 6,59 inci (1080 x 2340 piksel), sementara Black Shark 3 Pro dilengkapi AMOLED 2K 7,1 inci (3120 x 1440 piksel) 

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro

Untuk menjadikan ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming incaran saat ini, Asus membekalinya dengan layar materi AMOLED seluas 6,59 inci dengan resolusi 1080 x 2340. Ukuran layar yang cukup luas menjadi salah satu alasan mengapa para gamers memilih smartphone gaming ini. Tidak hanya sampai di situ, ROG Phone 3 pun sudah dilengkapi dengan perlindungan Gorilla Glass 6, di mana kelebihan ini mampu melindungi ponsel saat mengalami kecelakaan minor, seperti terjatuh dari meja.

Berbeda dengan ROG Phone 3, Xiaomi melengkapi Black Shark 3 Pro dengan ukuran layar yang lebih luas, yakni 7,1 inci dengan tipe layar AMOLED 2K serta resolusi 3120 x 1440. Ukuran layar yang lebih luas ini tentu saja mampu memberikan pengalaman terbaik bagi para gamers saat menghabiskan waktunya untuk bermain game. Tidak hanya itu, Black Shark 3 Pro pun sudah dilengkapi dengan corning Gorilla Glass 6.

Jika dibandingkan antara keduanya, perihal ukuran layar sudah dipastikan bahwa Black Shark 3 Pro lebih unggul dari ROG Phone 3. Meskipun hanya berbeda sedikit, akan tetapi hal ini tentu saja menjadi pertimbangan kuat para gamers saat meminang sebuah smartphone gaming. Apalagi harus merogoh kocek yang lumayan dalam, maka tidak diragukan lagi bahwa yang lebih unggul dari segala sisi itulah yang biasanya menjadi pilihan yang tepat.

2. Asus ROG Phone 3 ditenagai System-on-chip (SoC) Qualcomm terbaru, Snapdragon 865 Plus, sedangkan Black Shark 3 Pro ditenagai Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+) 

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro

Untuk menunjang agar segala dapur pacu seimbang, Asus melengkapi ROG Phone 3 dengan System-on-chip (SoC) Qualcomm terbaru, yakni Snapdragon 865 Plus. Di mana Chipset ini telah dipadukan dengan kartu grafis (GPU) Adreno 650. Seperti yang diketahui bahwa Chipset ini menawarkan performa dengan kecepatan clock hingga 3.09 GHz, yang telah diklaim mampu menjalankan game dengan setting tinggi.

Sedangkan untuk Black Shark 3 Pro ditenagai dengan Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+) yang sama-sama telah dipadukan dengan Adreno 650. Sebagai smartphone gaming, chipset seperti ini tentunya bisa dibilang sangat cocok untuk menunjang agar performa HP bisa lebih kuat.

Dalam hal ini, antara Asus ROG Phone 3 dengan Black Shark 3 Pro memiliki keunggulan yang setara. Di mana dilengkapi dengan chipset dan Adreno yang sama, sehingga nantinya para penggunanya dipastikan merasa nyaman dan kebutuhan mereka untuk bermain game tentunya akan semakin tersalurkan dengan baik.

3. Antara ROG Phone 3 dan Black Shark 3 Pro memiliki varian RAM dan penyimpanan internal yang bervariasi

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro

Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi vendor HP ternama untuk melengkapi smartphone gamingnya dengan RAM dan penyimpanan internal yang luas. Begitu pun dengan Asus yang telah membekali smartphone gamingnya dengan RAM dan penyimpanan yang bervariasi. Mulai dari RAM 12 GB dengan memori internal 128 GB, dan RAM 16 GB dengan memori internal 512 GB. Sangat luas sekali, bukan?

Tidak jauh berbeda, Black Shark 3 Pro dibekali dengan RAM dan penyimpanan internal yang bervariasi. Mulai dari RAM 8GB dengan memori internal 256GB, RAM 12GB dengan memori internal 256GB, dan RAM 12GB dengan memori internal 512GB. Hal inilah yang seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk meminang Black Shark 3 Pro.

Dalam hal ini, Asus ROG Phone 3 dan Black Shark 3 Pro sama-sama memiliki keunggulan lebih. Meskipun varian Asus ROG Phone 3 ada yang mencapai hingga RAM 16GB, akan tetapi Black Shark 3 Pro hanya sampai RAM 12GB. Namun, penyimpanan internal yang mereka miliki benar-benar setara. So, tidak heran lagi jika dalam pasar smartphone gaming, kedua ponsel Android ini merupakan saingan berat satu sama lain.

4. Fitur kamera belakang yang memiliki resolusi setara

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro


Meskipun kedua smartphone gaming ini menitik beratkan pada dapur pacu gaming, akan tetapi dari sisi kamera pun keduanya berani beradu saing dengan smartphone lainnya. Sama-sama dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultra wide 13 MP (f/2.4), dan kamera macro 5 MP (f/2.0).

Jika dilihat-lihat, sensor kamera belakang yang dimiliki kedua smartphone gaming ini tentu saja mampu menghasilkan gambar yang tajam, jernih, serta mulus. Bahkan, saat berada dalam keadaan kurang pencahayaan. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang didapatkan para gamers saat memburu smartphone gaming yang dilengkapi dengan fitur kamera belakang yang canggih. Wah, mumpuni sekali ya.

5. Asus ROG Phone 3 memiliki fitur perekaman video hingga 8K kecepatan 30 fps, sementara Black Shark 3 memiliki fitur perekaman video 4K kecepatan 30/60 fps

Asus ROG Phone 3 Vs Black Shark 3 Pro

Beralih ke fitur perekaman video yang bisa dibilang sangat canggih dan tidak kalah saing dengan smartphone tangguh lainnya. Asus ROG Phone 3 memiliki keunggulan yang patut diacungi jempol perihal fitur perekaman video, yakni sudah bisa melakukan perekaman video hingga 8K dengan kecepatan 30 fps. Perlu diketahui bahwa smartphone yang mampu melakukan perekaman video hingga 8K ini merupakan smartphone dengan kategori kelas atas yang memiliki spesifikasi tinggi.

Sementara Black Shark 3 Pro hanya mampu melakukan perekaman video hingga 4K dengan kecepatan 30/60 fps. Meskipun tidak sampai 8K, akan tetapi smartphone yang memiliki kelebihan fitur perekaman video 4K pun sudah bisa dibilang sebagai smartphone tangguh yang dilengkapi spesifikasi tinggi.

Secara keseluruhan, Asus ROG Phone 3 memiliki keunggulan yang lebih banyak dari Black Shark 3 Pro. Bahkan, dari sisi kekuatan baterai pun Asus ROG Phone memiliki kekuatan baterai lebih awet, yakni 6000 mAh dengan fitur fast charging 30 Watt yang disalurkan melalui kabel Type-C. Sedangkan Black Shark 3 Pro hanya memiliki kekuatan baterai 5000 mAh dengan fitur fast charging 65W.

Terlepas dari smartphone gaming mana yang lebih unggul, keduanya ternyata memiliki harga yang jauh berbeda. Asus ROG Phone 3 dibanderol dengan harga Rp18,6 juta, sedangkan Black Shark 3 Pro dibanderol dengan harga Rp14,5 juta. So, tidak heran jika Asus ROG Phone 3 memiliki keunggulan lebih banyak, sebab harganya pun lebih tinggi dari Black Shark 3 Pro.